Cara Mendapat Uang dari YouTube Tanpa Upload Video dengan Mudah

Cara Mendapat Uang dari YouTube Tanpa Upload Video – Kini sudah banyak pegiat konten di YouTube yang sudah memiliki penghasilan sendiri berkat kerja kerasnya. Bisa dikatakan penghasilan yang didapatkan dari dunia YouTube ini bisa menghidupi kebutuhan kreator bahkan lebih hanya dengan mengupload konten. Lalu seperti apa cara mendapat uang dari YouTube tanpa upload video? Apa saja caranya? Simaklah pembahasan berikut ini:

Peluang Di Dunia YouTube

Sebelum ke cara mendapat uang dari YouTube tanpa upload video. Banyak alasan yang bisa menjadi faktor mengapa banyak orang yang sukses di dunia youtube, khususnya di wilayah Indonesia. Menjadi konten kreator memiliki potensi tinggi untuk bisa sukses mengumpulkan pundi-pundi kekayaan pribadi. Beberapa alasan yang kemungkinan besar menjadi faktor penentu kesuksesan Youtuber di Indonesia yakni sebagai berikut:

 

Cara Mendapat Uang dari YouTube Tanpa Upload Video

1. Jumlah Penonton Indonesia Sangat Tinggi

Indonesia menjadi salah satu dari beberapa negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Ada ratusan juta orang Indonesia baik itu dalam maupun luar negara. Masyarakat Indonesia juga diketahui senang menonton baik itu serial televisi ataupun film-film di bioskop. Sejak adanya sistem streaming di Internet orang-orang pun mulai beralih ke YouTube untuk mencari tontonan.

Adanya teknologi yang memungkinkan orang menonton video dari smartphone adalah salah satu peluang yang besar bagi konten kreator. Konten-konten yang mereka buat bisa langsung ditonton oleh masyarakat tanpa memerlukan stasiun TV lagi. Sehingga para kreator bisa mendapatkan uang dengan cepat berkat adsense yang diberikan oleh Google selaku pemilik YouTube.

2. Belum ada Platform Video yang Menandingi

YouTube sudah diluncurkan lebih dari sepuluh tahun yang lalu dan kemudian diakuisisi oleh Google. Sehingga YouTube pun semakin mengalami perkembangan yang signifikan setiap tahunnya hingga sekarang. Tak heran jika kini YouTube menjadi satu-satunya penguasa sosial media berbagi video dengan durasi yang panjang.

Namun, kekuasaan YouTube kini sedang digoyahkan oleh aplikasi berbagi video lain seperti TikTok dan Instagram dengan Reels nya. Untungnya kedua platform tersebut masih sulit menggantikan posisi YouTube lantaran terbatas pada durasi video. Sedangkan pada YouTube pengguna bisa mengupload konten video mereka sampai berjam-jam lamanya.

Peluang ini sebaiknya harus dimanfaatkan untuk menghasilkan kekayaan. Selagi belum ada pesaing yang berarti bagi YouTube, penonton akan terus berdatangan. Ini menjadikan suatu keuntungan tersendiri baik bagi YouTube dan juga konten kreator.

 

Baca Juga:

 

3. Tidak Perlu banyak subscribers

Sudah bukan rahasia lagi jika subscribers yang banyak pada sebuah channel bukan menjadi jaminan memiliki banyak penonton. hal ini tersebut dengan banyaknya channels yang masih memiliki subscriber yang sedikit namun sudah memiliki penonton jutaan. Besarnya adsense juga tidak dihitung dari takaran seberapa banyaknya mempunyai subscriber.

Oleh karena itu tidak perlu minder jika memulai hal yang baru di dunia YpuTube ini. Intinya, asalkan memiliki konten yang bagus dan berkualitas maka tidak mustahil untuk mendapatkan jutaan viewers sekaligus. Jadi sebaiknya fokuskan diri untuk membuat konten yang lebih baik kedepannya.

4. Peluang terbuka Lebar

Berbeda dengan tampil di Televisi, seseorang tidak perlu melalui banyak seleksi bakat terlebih dahulu. Semua orang berkesempatan yang sama untuk bisa tampil di layar youTube dengan konten buatannya masing-masing. Maka untuk bisa menjadi yang terbaik, haruslah memiliki sesuatu yang menjadi pembeda daripada yang lain.

Namun, semua itu haruslah dilakukan secara mandiri tanpa bantuan kru seperti di Televisi. Tidak usah khawatir, jika channel terus berkembang, bukan tidak mungkin untuk merekrut kru dalam tim untuk membantu membuat konten. Ini bukan cuma menjadi manfaat pribadi, tetapi juga menjadi sebuah peluang untuk orang sekitar.

5. YouTube Menjadi Saingan TV

Suatu ketika ada sekumpulan YouTuber yang membuat lagu dengan ada satu lirik dalam video tersebut yang berbunyi “YouTube-YouTube lebih dari TV” pada 2016 lalu. Bisa disebut jika perkataan tersebut bukanlah omong kosong. Jika dilihat pada saat ini orang lebih sering menonton YouTube ketimbang siaran televisi yang kontennya kurang menarik.

Bahkan ada suatu data yang menyebutkan pada tahun 2018 orang yang menonton YouTube setiap hari sudah mencapai 53%. Itu data sekitar 3 tahun lalu, pastinya data sekarang memiliki nilai yang melebihi data sebelumnya. Mengingat kini konten-konten di YouTube sudah sangat banyak. Bahkan banyak stasiun televisi yang membuat channel YouTube mereka sendiri.

Cara Dapat Uang Dari YouTube

Sesudah mengerti apa saja peluang yang terbuka lebar dari YouTube, maka sekarang saatnya untuk mengetahui cara mendapat uang dari YouTube. Untuk mendapatkan uang yang banyak haruslah memiliki konten yang berkualitas. Pendapatan ini tidak ada hubungannya dengan jumlah subscriber, namun lebih ke jumlah penonton video. Inilah cara mendapat uang dari YouTube yang bisa ditiru:

1. Melakukan Riset

Hal yang bisa dilakukan pertama kali sebelum membuat konten adalah melakukan riset terlebih dahulu. Alasannya mudah sekali, yaitu mencari tahu jenis video apa yang sekiranya bisa menyita perhatian netizen. Tapi yang perlu jadi perhatian jangan sampai hanya demi mencari perhatian, mengabaikan nilai-nilai sosial yang berada di masyarakat sekitar. Jika hal itu terjadi, bersiaplah dengan sanksi sosial yang akan dihadapi.

Untuk mencari apa yang sedang trend saat itu cari saja keyword di youtube seperti pada Google Trends. Mencari keyword trending ini kurang lebih sama caranya untuk mencari keyword untuk artikel dan blog.

2. Manfaatkan Sistem tag

Jika sering menggunakan wordpress pasti familiar dengan sistem tag yang dilakukan saat mengunduh konten. Hal tersebut juga sama dilakukan untuk upload konten di YouTube. Biasanya tag akan disimpan di bagian deskripsi video, namun kini tag juga bisa ditambahkan di bagian judul. Ini akan sangat membantu mendapatkan lebih banyak penonton.

Meskipun terlihat hanya hashtag biasa, namun terkadang ini disepelekan oleh banyak kreator. Mereka lebih memfokuskan diri pada keyword atau kata kunci untuk mendapatkan views yang banyak, padahal fitur itu tidak kalah pentingnya.

3. Promosikan Konten

Setelah upload di YouTube jangan lupa juga untuk menyebarkannya ke sosial media lain seperti Instagram dan Twitter. Ini bisa menjaring lebih banyak penonton untuk bisa berinteraksi dengan konten yang telah dibuat, Jika konten yang dibuat sangat menarik, bukan tidak mungkin juga akan didapatkan penonton baru.

Pembicaraan dari mulut ke mulut juga sangat ampuh untuk bisa menghadirkan penonton baru karena membuat penasaran. Dengan adanya cara itu penonton bisa datang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Tinggal menunggu saja apa reaksi yang dihasilkan dari promosi yang dilakukan.

4. Monetisasi

Setelah beberapa cara sebelumnya sudah dilakukan, kini tinggal menunggu hasil yang didapatkan. Hasil dari sebuah video youTube harus dimonetisasi terlebih dahulu agar bisa menghasilkan uang. Ini didapatkan jika penonton melihat iklan yang ditampilkan dan tidak melewatkannya. Setiap iklan yang ditonton akan menjadi sebuah keuntungan bagi pembuat video tersebut.

Untuk mendapatkan uangnya pengguna juga tidak boleh melakukan apa yang berada diluar ketentuan YouTube. Seperti yang sudah dibilang sebelumnya jangan sampai menyalahi aturan-aturan yang berlaku di Masyarakat. Jika tidak dipatuhi, maka salah satu konsekuensinya adalah monetisasi yang tidak bisa dijalankan oleh pembuat konten.

5. Call to Action

Jika masih belum puas dengan hasil yang didapatkan dari monetisasi video, ada juga cara lain yang bisa dilakukan. Caranya adalah dengan membuat suatu gerakan Call to Action yang bisa membuat penonton penasaran. hal ini dilakukan dengan menaruh link di deskripsi agar bisa diakses oleh penonton.

Misalnya adalah link pembelian barang jika sedang mereview suatu produk. Saat barang dibeli dengan melalui link yang disediakan tadi, seseorang bisa mendapatkan sedikit komisi atas terjualnya barang tersebut. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi kreator karena berhasil membujuk penontonnya.

 

Baca Juga:

Cara Mendapat Uang Tanpa Upload Video

Seperti yang sudah diketahui jika YouTube merupakan sebuah aplikasi berbagi video. Otomatis, sumber penghasilan dari para karakternya adalah monetisasi dari video yang mereka posting. Lalu apakah ada cara mendapat dari YouTube tanpa upload video?Tentu saja ada, dan caranya cukup mudah untuk dimengerti.

1. Creative Commons

Cara mendapat uang dari YouTube tanpa upload video pertama adalah Creative Commons..Jika belum mengenal Creative Commons, ini merupakan suatu licensee yang digunakan untuk memberi izin atas penggunaan karya seseorang. Jadi karya yang telah dipublish sebelumnya bisa di upload dan edit oleh pihak manapun dengan lisensi ini atas izin kreator aslinya.

Berkat ini, tanpa perlu mengupload video seorang kreator bisa menghasilkan pundi-pundi uang secara instan. Jadi intinya dengan fitur ini, seseorang bisa mendapatkan video dan menguploadnya tanpa perlu membuat dan upload seperti biasa. Pengguna hanya perlu mencari video yang diinginkan dan cukup membagikan ulang video tersebut.

2. Menjadi Kru YouTuber

Cara ini akan efektif jika memang diawali dengan niat mencari pengalaman terlebih dahulu. Sebelum membuat channel sendiri dan mendapatkan penghasilan sendiri, menjadi salah satu kru pada sebuah tim YouTuber bukanlah sesuatu yang buruk. Jangan salah, menjadi kru dari Youtuber juga bisa memiliki penghasilan yang lumayan bahkan bisa dihargai lebih jika berbakat.

3. Kerjasama dengan Brand

Bekerja sama dengan brand tidak hanya dilakukan melalui upload video di YouTube saja. Bisa juga hanya dengan memposting sesuatu di laman komunitas channel YouTube. Dengan memberikan sedikit promosi tentang suatu brand, maka YouTuber bisa mendapatkan uang dari hasil kerja sama tersebut. Cara mendapat uang dari YouTube tanpa upload video ini cukup menjanjikan.

Bentuk kerjasamanya bisa berbagai macam, bisa berbentuk kuis atau giveaway, ada juga dengan berbentuk sharing kupon diskon atau kode referal dari brand tersebut. Intinya kini bentuk kerja sama bisa dilakukan melalui banyak hal yang semakin memudahkan orang untuk meraup keuntungan. Terlebih jika sudah memiliki jumlah subscribers yang tinggi, tarif yang dipasang sekali posting bisa berharga cukup tinggi.

4. Jadi Affiliate Marketer

Cara mendapat uang dari youTube tanpa upload video lainnya adalah menjadi affiliate marketer. Berbeda dengan endorsement, affiliate marketer ini lebih condong kepada skema komisi. Agar bisa menjadi affiliate marketer, harus melakukan pendaftaran dulu pada perusahaan tujuan. Cara kerjanya adalah setiap komisi akan didapatkan dari hasil orang yang menggunakan kode link yang dibagikan kepada orang lain.

Nah itulah bagaimana cara mendapat uang dari YouTube tanpa upload video dengan mudah. Adanya profesi sebagai YouTuber ini membuka peluang usaha bagi masyarakat Indonesia untuk menaikkan sendiri kesejahteraan mereka. Tidak lupa untuk sukses itu harus disertai kerja keras dan usaha yang lebih agar bisa bersaing dengan konten kreator lainnya.