Cara Ganti Header YouTube, Dijamin Mudah – Tutorial Youtube

Cara Ganti Header YouTube – Saat membuka suatu channel YouTube, salah satu hal yang paling menonjol terlihat adalah header pada channel YouTube tersebut. Header memegang peranan penting dalam channel YouTube karena mampu membentuk suatu ciri khas bago viewers-nya. Jadi, bagi yang memiliki channel YouTube, wajib untuk tahu bagaimana cara ganti header YouTube.

Pasalnya, dalam setting default, YouTube tidak menyediakan gambar header. Jadi, pengguna channel YouTube bisa berkreasi sendiri membuat header yang khas dan menarik viewers-nya. Sebelum mengetahui bagaimana cara ganti header YouTube, sebaiknya ketahui dulu mengapa mengganti header begitu penting dilakukan dan penjelasannya ada di bawah ini:

 

Cara Ganti Header YouTube

Pentingnya Ganti Header YouTube

Header YouTube ukurannya cukup besar serta terletak pada bagian tengah dan paling atas pada sebuah channel YouTube. Oleh karena itu, header YouTube sangat menonjol dan terlihat. Secara default, header YouTube tidak menampilkan apapun. Jadi, jika suatu channel YouTube belum mengganti headernya, akan terlihat foto profile YouTube saja tanpa adanya tampilan header.

Hal tersebut tentunya kurang menarik perhatian viewers karena channel YouTube akan terlihat lebih sepi serta tidak memiliki ciri khas tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya ganti header YouTube untuk menarik lebih banyak viewers. Selain itu, header penting untuk diganti agar membantu membangun branding dari sebuah channel YouTube.

Pasalnya, karena ukuran header cukup besar, pengguna suatu channel YouTube bisa menampilkan banyak informasi dalam sebuah header YouTube. Misalnya, mulai dari memperlihatkan foto creator, intisari konten channel YouTube tersebut, hingga menampilkan jadwal upload.

Dengan begitu, viewers lebih mudah paham seperti apa isi dari channel YouTube tersebut. Jika membuat header YouTube yang menarik dengan informasi yang lengkap tentunya branding sebuah channel YouTube tersebut juga akan baik. Maka, bisa saja lebih besar peluangnya untuk mendapatkan lebih banyak viewers atau subscriber. Namun, untuk mengganti header terdapat pedoman tersendiri yang wajib diikuti oleh pengguna channel YouTube.

Ukuran Ideal Header YouTube

Setelah mengetahui betapa pentingnya header pada YouTube, saatnya mengetahui ukuran ideal header YouTube. Pasanya, YouTube memiliki pengaturannya sendiri seputar header, mulai dari ukuran file hingga ukuran piksel. Selain itu, ukuran header di YouTube akan berbeda-beda, tergantung dari mana pengguna tersebut akan mengakses YouTube.

Jadi, ketika pengguna bisa melihat header full pada suatu channel YouTube melalui desktop, bisa jadi ketika melihatnya di smartphone, header tersebut akan terpotong. Oleh karena itu, jika ingin ganti header YouTube, ukurannya harus sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh Google Support. Berikut ini adalah pedoman ukuran header YouTube yang bisa dijadikan referensi:

  • Pengguna disarankan oleh YouTube untuk mengunggah satu gambar yang ukurannya 2560 X 1440 piksel. Kemudian, dimensi minimum untuk mengunggah satu gambarnya adalah 2048 X 1152 piksel.
  • Jika ingin menampilkan teks atau logo pada header, area minimum yang aman adalah 1546 X 423 piksel. Jadi, jika mengikuti ukuran teks dan logo yang disarankan tersebut, maka header tidak akan terpotong meskipun pengguna mengaksesnya menggunakan berbagai perangkat, baik smartphone atau desktop.
  • Lebar header yang disarankan, maksimalnya adalah 2560 X 423 piksel. Jika menggunakan ukuran lebar tersebut, maka header akan selalu terlihat meskipun berapapun ukuran layar perangkatnya.
  • Ukuran file yang disarankan untuk mengunggah header adalah maksimal 6 MB. Jika ukuran file lebih besar dari itu, maka header akan gagal diunggah.

 

Baca Juga:

 

Cara Edit Foto Header YouTube

Di atas telah mengetahui ukuran header YouTube yang ideal dan direkomendasikan oleh Google Support. Pengguna sebaiknya mengikuti ukuran tersebut agar tampilan header jelas ketika diakses oleh berbagai perangkat. Langkah berikutnya untuk ganti header YouTube jika belum memenuhi ukuran tersebut tentu saja harus diedit. Ada 2 cara mengedit foto header YouTube, yang akan diulas berikut ini:

1. Adobe Photoshop

Cara pertama untuk mengedit foto header YouTube yaitu dengan menggunakan Adobe Photoshop. Ini adalah cara yang paling umum digunakan agar header YouTube sesuai dengan keinginan. Namun, perlu untuk membuat Project atau Canvas terlebih dahulu untuk memulai dengan ukuran yang telah ditentukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Bukalah aplikasi Adobe Photoshop
  • Pilih File lalu untuk membuat dokumen baru klik New atau CTRL + N
  • Aturlah ukuran pada kolom Resolution: 100, Width: 1546, dan Height: 423
  • Terakhir, klik Ok atau Enter

Setelah berhasil membuat Canvas atau Project tersebut, pengguna bisa mulai untuk membuat desain dari Header YouTube yang diinginkan. Pengguna bebas mau menampilkan foto diri, logo channel YouTube, atau kolase foto isi dari konten YouTube yang dimiliki. Buatlah header yang menarik untuk memikat lebih banyak viewers.

2. Canva

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengedit header jika ingin ganti header YouTube yaitu menggunakan Canva. Aplikasi ini kini sangat digandrungi karena lebih mudah dan ukurannya lebih kecil sehingga bisa digunakan menggunakan smartphone, baik iOS atau Android. Bahkan, jika tidak ingin mengunduh aplikasinya, pengguna bisa mengedit menggunakan website Canva.

Aplikasi ini menyediakan banyak desain yang bisa digunakan, termasuk header YouTube. Jadi, pengguna bisa memilih header yang sudah tersedia ataupun membuatnya dari awal dengan ukuran yang direkomendasikan. Jika ingin tahu bagaimana cara mengedit foto header menggunakan YouTube, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Bukalah aplikasi Canva atau website Canva
  • Pilih menu Jelajahi, lalu klik Lihat Semua
  • Temukan kategori Header YouTube atau Sampul Saluran YouTube
  • Jika ada desain yang disukai, klik desain tersebut dan pengguna bisa membuat desain atau mengedit header YouTube tersebut sesuai keinginan

Cara Ganti Header YouTube

Jika sudah mengetahui ukuran ideal dan cara mengedit header YouTube, kini saatnya untuk menggantinya. Mengedit header YouTube sangat penting untuk memaksimalkan branding dalam sebuah channel YouTube. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan komputer atau smartphone. Jika ingin tahu bagaimana cara ganti header YouTube menggunakan dua cara tersebut, berikut ini adalah ulasannya:

1. Menggunakan Komputer atau Laptop

Cara ganti header YouTube yang pertama yaitu menggunakan laptop atau komputer. Ini adalah cara yang paling umum dan mudah untuk dilakukan. Jika ingin tahu bagaimana cara mengganti header pada channel YouTube, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Bukalah website YouTube.com dan lakukan log in menggunakan email dan password pada Channel YouTube yang dimiliki
  • Klik logo profil channel YouTube yang ada di pojok kanan atas
  • Pilih Channel Anda dan klik Sesuaikan Channel
  • Kemudian, pengguna akan diarahkan ke YouTube Studio jika ingin mengedit atau mengganti header
  • Klik Branding, pilih Upload pada Gambar Banner
  • Pilihlah gambar header yang sudah dibuat, lalu pilih Simpan

Namun, jika sebelumnya sudah ada headernya dan ingin mengeditnya, pengguna bisa melakukan hal berikut ini:

  • Bukalan situs YouTube.com lalu lakukan log in
  • Klik Channel Anda yang ada di menu kanan bagian atas
  • Arahkan kursor pada header yang ada di channel YouTube
  • Klik Edit dan edit header channel YouTube tersebut
  • Upload foto yang ingin dijadikan header dan klik Simpan

2. Menggunakan Smartphone

Di atas telah dijelaskan bagaimana ganti header menggunakan komputer atau laptop. Namun, pengguna juga bisa mengganti headernya menggunakan smartphone. Berikut ini adalah langkah-langkah mengganti header melalui Smartphone yang mudah dilakukan:

  • Pastikan sudah menginstall aplikasi YouTube di smartphone
  • Lakukan login pada channel YouTube yang ingin diganti headernya
  • Pada bagian kanan atas, klik foto profil channel YouTube
  • Pilih Your Channel atau Channel Anda
  • Setelah masuk ke profil Channel YouTube, klik icon pensil yang ada di sebelah kanan atas
  • Klik icon kamera yang ada di header channel YouTube (terletak di pojok kanan atas)
  • Pengguna bisa mengambil foto atau memilih foto yang ada di galeri Smartphone
  • Jika sudah memilih foto yang ingin dijadikan header, klik Simpan

 

Baca Juga:

 

 

Tips Membuat Header YouTube yang Menarik

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentunya mudah bukan untuk ganti header YouTube? Selanjutnya, pengguna perlu mengetahui bagaimana tips membuat header YouTube yang menarik. Pasalnya, jika header YouTube menarik, maka lebih banyak memancing viewers. Berikut ini adalah 5 tips jika ingin membuat header YouTube menjadi menarik:

1. Menampilkan Kreator

Header YouTube bisa menampilkan foto creator agar viewers tahu siapa sosok dibalik sebuah channel YouTube tersebut. Foto tersebut bisa satu orang ataupun tim yang mengerjakan channel YouTube tersebut.

Biasanya yang menggunakan cara ini adalah YouTuber yang dengan model reviewer, daily vlogger, atau motivator. Dengan menggunakan cara ini, YouTubers bisa mengenalkan diri secara tidak langsung pada viewers. Hal ini bisa membangun kedekatan antara YouTubers dan viewers-nya.

2. Memperlihatkan Logo Channel YouTube

Selain foto, pada header juga bisa menampilkan logo channel YouTube. Menampilkan logo pada channel YouTube bisa dijadikan sebuah “trademark” agar viewers mudah mengenalnya dan mampu membangun branding pada sebuah channel YouTube. Selain itu, membuat logo juga cenderung mudah karena ada banyak aplikasi pembuat logo gratis yang bisa digunakan bagi YouTuber pemula.

3. Merepresentasikan Konten Channel YouTube

Cara lain yang bisa ditampilkan pada header YouTube yaitu menampilkan foto yang merepresentasikan konten channel YouTube tersebut. Jika channel YouTube memfokuskan diri dengan konten yang mengusung satu tema, misalnya traveling, mukbang, atau review suatu barang atau makanan, tips ini cocok diaplikasikan.

4. Memperlihatkan Slogan Channel YouTube

Model header yang bisa digunakan yaitu menampilkan slogan pada channel YouTube. Slogan ini bisa diambil dari kata-kata khas yang sering digunakan pada konten YouTube. Selain mudah untuk dibuat, model header seperti ini bisa menguatkan image pada suatu channel YouTube. Jadi, ketika viewers membaca atau mendengar slogan yang ada di header, maka akan teringat pada channel YouTube tersebut.

5. Menampilkan Jadwal Upload

Selain menampilkan foto, logo, atau slogan, di header juga bisa menampilkan jadwal upload. Pasalnya, banyak YouTubers yang membuat jadwal upload agar viewers-nya tidak ketinggalan menonton video-nya. Jadi, YouTubers tersebut akan mengunggah video sesuai jadwal yang ditentukan.

Sayangnya, tidak semua viewers hapal jadwal tersebut sehingga penting untuk menampilkan jadwal upload. Adanya jadwal upload juga memudahkan viewers yang baru untuk selalu update dengan video yang diupload oleh YouTubers.

Ternyata ganti header YouTube sangat penting dan mudah untuk dilakukan. Pengguna bisa menggunakan dua cara untuk mengganti header, baik melalui komputer maupun smartphone. Jangan lupa juga untuk membuat header YouTube yang menarik agar channel YouTube tersebut memiliki ciri khas tersendiri dan bisa menarik perhatian viewers.