Cara mengatasi Video YouTube Terkena Pembatasan Usia – Tutorial

Cara mengatasi Video YouTube Terkena Pembatasan Usia – Media sosial memang telah memberikan batasan terhadap adanya konten sensitif yang sekiranya memberikan dampak buruk pada psikologis. Hal ini tentunya tidak mengecualikan pada media visual audio YouTube. Namun, ternyata sebagian orang juga merasa terganggu dengan hal ini. Inilah yang kemudian membuat sebagian besar orang mencari cara mengatasi video youtube yang terkena pembatasan usia.

Langkah ini sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui aplikasi YouTube itu sendiri. Lalu, bagaimana sebenarnya untuk membuka kembali batasan usia pada YouTube supaya video yang dapat ditonton tidak terbatas? Berikut ulasannya:

 

Cara mengatasi Video YouTube Terkena Pembatasan Usia

Mengenal Fitur Pembatasan Usia

Semakin maraknya  konten yang diunggah di media sosial menjadi hal yang akhirnya dijadikan concern oleh pemerintah bahkan juga perusahaan media sosial itu sendiri. Apalagi dengan pengguna media sosial yang kini tidak mengenal batas usia. Tentunya ini menjadi kekhawatiran bagi setiap pihak atas tontonan yang dilihat oleh anak-anak.

Hal inilah yang kemudian yang membuat YouTube membuat tontonan khusus bagi anak-anak. Bahkan beberapa waktu lalu YouTube juga meluncurkan fitur baru untuk memberikan batasan atas tontonan pada setiap akun berdasarkan usia.

Diluncurkannya fitur ini bertujuan untuk ikut serta membantu masyarakat dalam memantau tontonan bagi anak dibawah umur. Penggunaan fitur ini sendiripun tentunya juga harus ada support dari orang tua supaya video yang ditampilkan bisa sesuai. Hal ini perlu dilakukan karena pada dasarnya pengaturan untuk fitur ini akan menggunakan email dan data dari si anak.

sistem ini sendiri dirancang dengan cara membatasi video yang akan ditonton dengan batasan minimal 18 tahun untuk konten yang merujuk pada hal sensitif. Apabila, sistem tidak menyetujui maka, dapat dipastikan bahwa video tersebut termasuk dalam pembatasan usia.

Pada dasarnya pembatasan ini sendiri merupakan satu bentuk perlindungan pihak YouTube kepada penonton anak dibawah umur. Adanya fitur pembatasan ini juga merujuk pada banyaknya video tidak terbatas yang diunggah oleh berbagai macam akun. Video yang diunggah ini memiliki konten yang cenderung vulgar bahkan juga konten kekerasan.

Tentunya konten seperti inilah yang pada akhirnya membuat YouTube memberlakukan pembatasan usia. Bahkan kini dengan semakin mudahnya literasi yang didapat masyarakat, orang tua juga mengaktifkan fitur ini.

Namun, tentunya tidak semua orang diharuskan menggunakan fitur pembatasan usia ini. Sebagian pengguna YouTube juga masih mencari cara mengatasi video youtube yang terkena pembatasan usia.

Biasanya langsung untuk menonaktifkan pembatasan usia ini dilakukan oleh pengguna yang sekiranya ingin menonton video yang memang bersifat lebih sensitif untuk anak-anak. Tentunya YouTube pun juga tetap membolehkan penggunanya untuk menonaktifkan fitur ini.

Menilik Cara Kerja Mode Terbatas

Cara kerja dari mode terbatas ini sebenarnya cukup terbatas dalam lingkup video vulgar serta kekerasan. Tentunya bagi individu yang ingin cara mengatasi video youtube yang terkena pembatasan usia juga tetap dapat dilakukan.

Pada dasarnya mode terbatas ini bisa dibilang merupakan fitur filter yang dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan sendiri oleh pengguna YouTube. Tergantung dari kebijakan penggunanya. Biasanya YouTube akan memberlakukan pembatasan usia ini berdasarkan filter terhadap penggunaan bahasa, judul dan tentu saja video yang diunggah.

Apabila misalkan dalam satu video YouTube, pengguna tidak dapat mengakses video tersebut maka, kemungkinan video tersebut termasuk dalam pelanggaran pembatasan usia. Namun, pengguna tetap bisa mengakses video yang terkena pembatasan dengan cara menonaktifkan restricted mode melalui perangkat yang digunakan.

Konten yang Diberlakukan Pembatasan Usia

Konten yang diberlakukan pembatasan usia sebenarnya juga cukup beragam. Tentunya konten yang dibatasi ini juga telah melalui berbagai pertimbangan dari pihak YouTube. Hal ini dilakukan supaya semua video yang ditonton oleh anak dibawah umur dapat difilter dengan baik.

Tujuan diberlakukannya pembatasan ini dilakukan untuk menjaga kesehatan psikologi anak. Lalu, apa saja sebenarnya konten yang diberlakukan pembatasan usia untuk anak dibawah 18 tahun ini? Berikut ulasannya:

1. Video yang Mengancam Psikologi Anak

Jenis konten pertama yang termasuk dalam pembatasan usia untuk anak dibawah 18 tahun adalah video yang menunjukkan aktivitas berbahaya. Video dalam kategori ini dilarang karena dikhawatirkan akan membuat anak meniru adegan yang tidak sepantasnya.

Video yang sebenarnya hanya dapat ditonton oleh orang dewasa ini tentunya menjadi satu tontonan yang memang tidak layak bagi anak-anak. Hal inilah yang kemudian membuat YouTube mengaktifkan mode pembatasan usia.

2. Video yang Menampilkan Konten Tentang Obat-obatan

Video yang menampilkan konten obat-obatan terlarang juga tentunya termasuk dalam jenis video pembatasan usia. Konten seperti ini sebenarnya sudah termasuk dalam pelanggaran bila tujuan dari pembuatan konten adalah untuk menjual atau mempromosikan.

Hal ini akan menjadi legal bila konten yang dibuat adalah tentang edukasi mengenai bahaya dari obat-obatan terlarang. Namun, tentunya konten seperti ini jelas tidak cocok ditonton oleh anak-anak karena bisa berefek negatif pada kondisi psikologi anak.

3. Video Vulgar

Konten yang menyajikan video vulgar juga menjadi larangan lain bagi anak dibawah umur. Video yang menyajikan unsur ketelanjangan atau pose-pose tidak senonoh tentu bukan tontonan yang baik bagi anak.

Inilah kemudian yang membuat YouTube memberlakukan adanya pembatasan usia. Namun, tentunya bagi individu yang telah cukup umur video seperti ini tetap dapat dibuka selagi umur penonton sudah lebih dari 18 tahun. Hal inilah yang kemudian membuat tidak sedikit orang mencari ara mengatasi video youtube yang terkena pembatasan usia.

4. Konten yang Menampilkan Bahasa Kasar atau Vulgar

Banyaknya konten yang diunggah secara bebas pada tahun 2000an membuat pihak YouTube dan tentunya orang tua merasa was-was pada perkembangan tontonan anak. Apalagi diera digital ini hampir setiap anak menggunakan gadget.

konten yang tidak lagi di filter pada masa itu membuat semua orang termasuk anak-anak dapat menonton video apapun bahkan konten kekerasan. Adanya konten kekerasan ini  tidak hanya dalam bentuk fisik namun, juga secara lisan. Hal inilah yang kemudian membuat pembatasan usia diberlakukan di YouTube.

5. Konten Tidak Layak

Banyaknya konten tentang korban kecelakaan yang ditampilkan secara bebas di YouTube juga sempat menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan orang tua. Padahal konten seperti ini sebenarnya sudah termasuk dalam menyalahi aturan terhadap privasi seseorang.

Apalagi bila video yang termasuk dalam kategori kekerasan ini ditonton oleh anak-anak. Tentunya hal ini akan menjadi pengaruh buruk pada psikologi anak itu sendiri bahkan pada perkembangan anak kedepannya.

Cara Menonaktifkan Fitur Pembatasan Usia

Bisakah mode terbatas di YouTube dinonaktifkan? Pertanyaan ini tentu seringkali muncul pada pengguna YouTube yang terkena batasan video. Tentunya melalui adanya batasan video ini memang pada dasarnya akan membatasi ruang eksplor dari penonton.

Hal ini bisa terjadi karena YouTube akan secara otomatis melakukan filter terhadap bahasa, konten video atau bahkan penggunaan thumbnail pada video YouTube. Apabila ternyata video yang akan ditonton menyalahi aturan dari pembatasan usia maka, secara otomatis video tidak dapat diputar.

Seperti yang diketahui bahwa pembatasan usia ini diperuntukan untuk memberikan keamanan tontonan pada anak-anak. Menilik dari sinilah kemudian YouTube tetap memperbolehkan pengguna YouTube menonton video apapun asalkan usia dari pengguna lebih mencapai 18 tahun.

Bagi pengguna YouTube yang ingin mengetahui cara mengatasi video youtube yang terkena pembatasan usia pun juga bisa dilakukan melalui 3 cara. Nah, lalu bagaimana sebenarnya cara untuk menonaktifkan pembatasan usia ini? Berikut ulasannya:

1. Cara Menonaktifkan Pembatasan Usia di PC

Cara mengatasi video YouTube yang terkena pembatasan usia yang pertama bisa dilakukan pengguna YouTube melalui PC. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

  • Tahap pertama, pengguna bisa terlebih dahulu masuk pada aplikasi YouTube yang ada di PC. Pengguna juga bisa membuka YouTube melalui
  • Apabila akun sudah berhasil login pada aplikasi Youtube maka, pengguna bisa menuju halaman profil akun YouTube.
  • Pada menu ini nantinya akan menampilkan berbagai menu yang dapat dipilih oleh pengguna.
  • Tahap berikutnya pengguna hanya perlu melakukan scroll ke bawah untuk menemukan menu mode terbatas kemudian silahkan klik pada menu tersebut..
  • Pada menu inilah kemudian pengguna bisa menonaktifkan mode tersebut dengan cara menggeser tombol aktif ke kiri.

Nantinya setelah tombol tersebut telah bergeser ke sebelah kiri maka, secara otomatis pembatasan akan dinonaktifkan. Pengguna bisa memastikan hal tersebut dengan cara melakukan search video yang sebelumnya tidak bisa dibuka melalui YouTube karena dibatasi usia.

2. Cara Menonaktifkan Pembatasan Usia di Android

Apabila pengguna YouTube ingin menonaktifkan fitur ini melalui Android. Hal ini pun juga bisa dilakukan dengan mudah. Bedanya pada sistem Android ini nantinya pengguna harus masuk terlebih dahulu pada menu setting. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut cara mengatasi video youtube yang terkena pembatasan usia menggunakan Android mari, simak ulasannya berikut:

  • Pengguna bisa terlebih dahulu login pada akun YouTube untuk dapat memulai proses selanjutnya.
  • Tahap berikutnya pengguna bisa menuju halaman profil dengan cara klik icon profil yang berada tepat pada bagian kanan atas.
  • Apabila daftar menu pada icon profil sudah ditampilkan maka, pengguna bisa memilih opsi
  • Langkah berikutnya adalah menuju menu umum atau general yang berada pada menu awal halaman
  • Tahap berikutnya setelah menu umum terbuka maka, pengguna bisa melakukan scroll ke bawah hingga menemukan menu restricted mode atau mode terbatas.
  • Silahkan geser menu tersebut ke sebelah kiri untuk menonaktifkan mode terbatas.

Apabila pada menu tersebut sudah berhasil digeser maka, secara otomatis semua video di YouTube bisa dibuka tanpa terkecuali.

3. Cara Menonaktifkan Pembatasan Usia di IOS

Cara mengatasi video youtube yang terkena pembatasan usia juga bisa dilakukan melalui IOS. Hal ini bisa dilakukan bagi individu yang menggunakan Iphone sebagai perangkat. Lalu, bagaimana cara menonaktifkan fitur ini? Simak ulasannya berikut ini:

  • Sama seperti sebelumnya, pengguna harus terlebih dahulu masuk ke akun YouTube.
  • Tahap berikutnya silahkan klik icon profil pada bagian kanan atas tampilan YouTube.
  • Langkah selanjutnya, pengguna bisa memilih menu setting untuk menuju tahap berikutnya.
  • Silahkan nonaktifkan mode terbatas dengan cara menggeser tombol hijau ke kiri.

Apabila mode terbatas sudah berhasil dinonaktifkan maka, pengguna bisa melakukan search video di YouTube untuk menonton video yang diinginkan tanpa adanya batasan usia.

Nah, itulah tadi sekilas tentang fitur pembatasan usia di YouTube dan cara mengatasi video YouTube yang terkena pembatasan usia. Pengguna bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan mode ini dengan mudah melalui perangkat yang digunakan baik ponsel maupun PC.