Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta – Tutorial Youtube

Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta – Konten yang ada di Youtube memang sudah sangat banyak dan tidak mungkin untuk dihitung lagi. Banyaknya video ini dikarenakan banyak orang yang berkreasi dengan kreativitas yang dimiliki. Akhirnya, didapatlah video yang bisa diunggah di Youtube. Namun sebagai Youtuber, perlu diketahui cara upload video Youtube bebas klaim hak cipta dengan metode aman.

Mengapa persoalan hak cipta penting untuk dipertimbangkan? Karena jika tidak memikirkan hak cipta, maka video yang diunggah bisa saja terkena masalah. Apabila seorang Youtuber kedapatan memakai video orang lain, maka pihak Youtube tidak segan-segan melakukan tindakan. Tentunya tindakan tersebut bisa merugikan Youtuber yang melanggar hak cipta tersebut.

Maka dari itu, mengetahui cara upload video Youtube bebas klaim hak cipta sangatlah penting untuk seorang Youtuber. Namun jika sudah terlanjur melanggar hak cipta, maka pihak Youtube tidak akan mentolerir lagi dan tentunya mengambil tindakan. Berikut adalah penjabaran mengenai bagaimana cara unggah video bebas hak cipta serta apa tindakan Youtube:

 

Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta

Cara Unggah Konten Video Bebas Hak Cipta

Untuk mengunggah konten video Youtube, tentunya seorang youtuber tidak bisa seenaknya. Ada banyak konten berlisensi di Youtube yang pemakaiannya tidak bisa sembarangan. Selain itu, ketentuan hukum juga mendasari hal ini. seorang Youtuber yang melanggar, tentunya akan mendapat sanksi dari pihak Youtube.

Lalu bagaimana cara mengunggah video bebas hak cipta? Dalam penerapannya, ada beberapa metode unik yang bisa dipakai. Metode ini juga sudah sering dipakai oleh para youtuber. Maka dari itu, bukan perkara salah untuk mengaplikasikan hal yang sama. Inilah beberapa cara upload video Youtube bebas klaim hak cipta beserta dengan penjelasan lengkapnya:

1. Membuat Video Original

Metode yang pertama adalah dengan membuat video original. Arti dari video original adalah video yang dibuat sendiri mulai awal hingga akhir. Jika memungkinkan, maka audionya juga bisa dibuat sendiri. Lalu konten seperti apa yang bisa disebut original? Konten yang original bisa dimulai dengan konten kehidupan keseharian.

Dengan konten seperti ini, maka tidak akan ada video lain yang menyamainya. Maka dari itu, pastikan untuk membuat video yang original tanpa mengambil atau meniru video orang lain. Konten lain seperti animasi juga bisa bebas hak cipta. Namun, semua harus dibuat sendiri mulai awal hingga selesainya video.

2. Edit Video dengan Berbagai Software

Cara upload video Youtube bebas klaim hak cipta unik lainnya tentu dengan memakai berbagai software. Saat membuat video, pastinya akan masuk tahap editing untuk prosesnya. dengan melakukan editing pada video dengan berbagai software, maka video tersebut tidak akan sama dengan yang originalnya.

Ada banyak jenis software yang bisa dipakai. Bisa Kinemaster, Vegas, Adobe Premiere, dan software lainnya. Melalui pemakaian berbagai software ini tentunya bisa mengubah sedikit atau banyak bagian dari video. Jika sudah berubah dan berbeda, maka video yang diunggah tidak akan terkena pelanggaran hak cipta.

3. Memakai Video Lisensi Creative Commons

Memakai video yang disediakan Youtube juga bisa menjadi solusi. Namun video yang akan dipakai harus memiliki lisensi creative commons. Karena dengan lisensi ini, maka video yang tersedia tidak akan terkena pelanggaran hak cipta dan aman untuk dipakai. Berikut adalah cara untuk mendapatkan video tersebut:

  • Buka Youtube yang dimiliki di perangkat seperti biasa dengan akun pribadi.
  • Pada bagian pencarian, masukkan kata kunci yang sesuai dengan keinginan dan tujuan pembuatan konten.
  • Jika sudah selesai, pencet tombol “Enter” untuk melanjutkan.
  • Apabila sudah muncul berbagai video, maka pencet bagian “Filters” untuk mengumpulkan jenis tertentu.
  • Setelah itu pilih bagian “Creative Cummons” yang tentunya akan dipakai dan pilih salah satu videonya.

4. Pakai Audio Bebas Hak Cipta

Trik lain yang bisa dipakai adalah dengan memanfaatkan audio yang bebas hak cipta. Mungkin sebagian besar youtuber akan memanfaatkan video populer yang memiliki hak cipta. Maka dari itu harus selalu berhati-hati saat mengaplikasikannya. Namun, saat ini pengguna Youtube sudah bisa memakai audio yang bebas hak cipta.

Ada beberapa channel yang memang menyediakan kumpulan audio bebas hak cipta. Bahkan dalam penggunaannya, seorang youtuber bisa mengaplikasikannya mulai dari awal konten hingga akhir. Maka dari itu, karena sudah ada yang memfasilitasi maka sangat pas jika memakai audio yang bebas hak cipta ini untuk konten yang dibuat.

5. Pakai Lagu Populer dengan Remix atau Cover

Jika memang ingin memakai audio suatu lagu, maka jangan pakai versi originalnya. Meski lagunya diputar sebentar, terkadang masih terkena hak cipta. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memakai musik dengan versi remix-nya. Selain musik remix, musik cover juga bisa dipakai karena akan aman dari hak cipta.

Meski tidak akan terkena hak cipta, namun jangan lupakan untuk izin memakainya. Kirim saja pesan ke youtuber yang memiliki musik remix atau yang melakukan cover. Poin ini penting karena termasuk dalam sopan santun dalam pemakaian Youtube. Setelah melakukan perizinan, maka konten bisa dipakai untuk video pribadi.

6. Jangan Reupload Video Orang Lain

Metode terakhir yang paling penting untuk diperhatikan adalah tidak me-reupload video orang lain. Hal ini tentu saja akan terkena pelanggaran hak cipta. Apalagi yang di-reupload hampir keseluruhan video atau semua bagian video. Maka video yang di-reupload tersebut akan terkena masalah dan akan ditindak oleh pihak Youtube.

Untuk menghindari hal ini, maka jangan sekalipun me-reupload video orang lain yang ada di Youtube. Meniru konsep tidak apa-apa. Namun pastikan untuk membuatnya sendiri dan tidak mengunggah ulang. Hal ini tentu saja tidak akan bisa mendatangkan keuntungan meski video tersebut populer atau memiliki banyak penonton.

 

 

Hal-hal yang Terjadi Jika Terkena Copyright

Lalu bagaimana jika tidak menerapkan cara upload video Youtube bebas klaim hak cipta di atas? Maka konten yang dimiliki bisa terkena beberapa tindakan dari Youtube. Hal ini tentunya sudah terjadi pada beberapa youtuber yang melanggar. Jadi jangan sampai mencoba hal-hal seperti ini dan melakukan kelalaian.

Pihak Youtube memiliki beberapa poin tindakan yang bisa diberikan. Poin tindakan ini memiliki tingkatan sesuai besaran pelanggaran yang dilakukan. Penasaran apa saja yang dilakukan Youtube jika ditemukan pelanggaran hak cipta? Simak uraian yang ada di bawah ini untuk mengetahui secara lengkap:

1. Video yang Melanggar Hak Cipta akan Di-mute

Tindakan yang pertama adalah me-mute video. Jadi jika dalam video ditemukan bagian yang melanggar hak cipta, maka pihak Youtube akan melakukan hal ini. Video masih tetap ada, namun bagian audio yang disinyalir terdapat pelanggaran hak cipta akan di-mute. Pihak Youtube juga tidak pandang bulu soal ini.

Siapa pun yang melakukan pelanggaran ini, maka tindakannya akan sama. Maka dari itu, pastikan untuk tidak memakai video orang lain untuk dipakai dalam video pribadi. Jika bagian yang dipakai terlalu banyak, tentunya hal ini yang akan terjadi pada video yang dibuat. Meski hanya sebagian kecil, maka masih besar pengaruhnya.

2. Video yang Melanggar Hak Cipta akan Diblokir

Langkah kedua yang umum dipakai youtube adalah memblokir video yang melanggar hak cipta. Jadi dengan pemblokiran ini, maka video tidaka akan bisa dilihat lagi. Jenis pemblokiran video ini juga bermacam-macam. Ada yang hanya dalam suatu negara tertentu, ada juga yang pemblokirannya untuk seluruh dunia.

Dengan pemblokiran ini, maka juga akan berimbas pada channel yang dipakai. Jika youtuber masih melakukan hal tersebut, maka pihak Youtube misa melakukan tindakan penghentian channel atau biasa dinamai dengan channel suspended. Hal ini tentu akan sangat merugikan pihak youtuber-nya itu sendiri.

3. Video Di-monetisasi Pemilik Hak Cipta

Akibat yang ketiga jika tidak mengaplikasikan cara upload video Youtube bebas klaim hak cipta bisa melalui pemberlakuan monetisasi pemilik hak cipta. Jadi, meski video yang diunggah ada di channel pribadi hal ini tidak mengurangi kemungkinan monetisasi pemilik. Hal ini dikarenakan video yang diunggah terkena hak cipta, maka pemilik berhak melakukan monetisasi.

Jadi semua keuntungan atau pendapatan yang didapat dari video yang melanggar hak cipta tersebut akan lari ke akun pemilik hak ciptanya. Jika tidak ingin hal ini terjadi, maka pastikan untuk tidak melanggar hak cipta. Akan sangat sayang jika semua keuntungan lari ke pemilik hak ciptanya secara keseluruhan.

4. Statistik Video Bisa Diakses Pemilik Hak Cipta

Tidak hanya keuntungan saja, pemilik hak cipta juga bisa melihat statistik dari video tersebut. Hal ini tentunya tidak biasa terjadi. Statistik dalam video Youtube hanya bisa dilihat oleh pemilik channel-nya. Namun jika videonya hasil dari unggah ulang yang menyebabkan pelanggaran hak cipta, maka statistik bisa dilihat orang lain yang notabenenya pemilik hak cipta.

Hal ini tentunya bisa menjadi suatu bentuk kerugian. Jika orang lain bisa melihat statistiknya, maka akan diketahui berapa penontonnya dan berapa pendapatannya. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan berbagai metode yang ada di atas untuk menghindarinya. Jadi hal semacam ini tidak akan ditemukan atau merugikan.

5. Youtube akan Menempuh Jalur Hukum dan Ganti Rugi

Empat poin di atas memang sudah bisa dipastikan dilakukan oleh Youtube jika ditemukan pelanggaran. Namun bagaimana jika pelanggarannya berat dan terus berulang? Maka hal ini bisa diteruskan hingga menempuh jalur hukum. Pihak pemilik hak ciptanya sendiri bisa mengajukan tuntutan kepada pihak berwenang.

Tentunya hal ini masih dengan campur tangan Youtube sendiri. Pihak Youtube juga bisa melakukan hal yang sama jika youtuber yang melakukan pelanggaran tidak mengindahkan peringatan. Selain berujung di pengadilan, ganti rugi juga termasuk hal yang lumrah dalam hal ini. Maka dari itu pastikan untuk menghindari pelanggaran hak cipta.

Itulah penjelasan tentang cara upload video Youtube bebas klaim hak cipta dengan metode tepat. Setiap metode tentunya tidak sulit untuk diaplikasikan. Maka dari itu, sebagai youtuber juga perlu mempelajari berbagai metode di atas. Tidak hanya tentang bagaimana metodenya, sudah dijabarkan pula tentang apa tindakan Youtube.

Semua poin cara upload video Youtube bebas klaim hak cipta memang penting untuk dipahami secara mendalam. Dengan demikian, maka hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari. Apabila masih dilakukan, maka bukan tidak mungkin akan menemui salah satu tindakan Youtube yang sudah dijelaskan di atas.