5 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Bandara dengan Gaji Tinggi

Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Bandara dengan Gaji Tinggi – Sektor penerbangan telah menyediakan banyak kesempatan kerja untuk lulusan perguruan tinggi. Zaman dahulu tidak banyak jurusan yang berfokus pada sektor penerbangan dan mendidik siswa berperan di sektor tersebut. Namun kini, jumlah jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara sangat banyak.

Sebenarnya, berkarir di bandara tidak selalu berhubungan mengenai teknis dari proses penerbangan maupun pemeliharaan bandara. Nyatanya sarjana yang berasal dari prodi lain mempunyai peluang besar dalam bekerja pada sektor penerbangan. Berikut 5 jurusan kuliah bisa kerja di bandara dengan gaji besar:

Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Bandara dengan Gaji Tinggi

1. Jurusan Teknik Kedirgantaraan

Pelajar SMA yang memiliki minat di bidang elektro serta berkemauan mencoba sektor penerbangan, teknik kedirgantaraan bisa jadi pilihannya. Tamatan teknik kedirgantaraan akan memiliki peran yang penting dalam sistem penerbangan. Kesempatan kerjanya sangat cerah, sebab tamatan dari jurusan ini dapat dipilih untuk masuk ke AirNav Indonesia maupun Angkasa Pura.

Tamatan teknik kedirgantaraan nantinya bekerja pada bidang pemeliharaan, perbaikan serta perawatan alat-alat bandara. Apabila telah bertekad menjadi teknisi kedirgantaraan atau Aircraft Maintenance Engineer, lakukan persiapan dengan matang. Teknik kedirgantaraan membutuhkan pengetahuan yang bagus pada fisika, matematika, dan kimia.

2. Jurusan Penerbangan (Pendidikan Pilot)

Agar dapat meraih profesi sebagai pilot, seseorang wajib menamatkan pembelajaran di prodi penerbang. Tamatan SMA yang bisa masuk biasanya adalah mantan siswa jurusan IPA. Namun ada pula tamatan SMA jurusan lain yang bisa masuk. Ada banyak sekolah penerbangan di Indonesia yang mampu membentuk pilot terhebat. Sekolah tersebut tersebar dengan jumlah yang banyak di pulau Jawa.

Selain itu, terdapat sederet ujian masuk yang diwajibkan, diantaranya administrasi, psikologi, TPA, ketahanan fisik, tes kesehatan organ dalam, tes kesiapan fisik, serta wawancara. Setiap ujian tersebut wajib dilalui agar dapat lulus. Sementara itu, keahlian khusus pilot yang dibentuk melalui jurusan ini antara lain Multy Engine (ME), Instrument Rating (IR), serta Commercial Pilot License (CPL).

3. Manajemen Penerbangan

Manajemen Penerbangan merupakan satu dari sekian jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara dengan penerimaan tamatan SMA terbanyak dari beragam jurusan. Kesempatan kerja jurusan ini amat besar. Contohnya mengurus manajemen, asuransi, administrasi, serta operasional bandara. Tamatan jurusan ini dapat meniti karir pada bidang bisnis penerbangan.

4. Jurusan Keselamatan Penerbangan

Jurusan ini mendalami mengenai keselamatan serta lalu lintas penerbangan. Prodi yang ada dalam jurusan ini antara lain Studi Komunikasi Penerbangan, Studi ATC, Studi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan, dan Penerbangan Aeronautika.

Jurusan ini mengemban tanggung jawab yang tidak kecil pada urusan keselamatan penerbangan. Namun hal ini juga memiliki imbalan yang tidak sedikit. Berdasarkan beberapa redaksi, petugas keselamatan penerbangan diberikan bonus yang cukup berarti. Oleh karena itulah, tamatan dari jurusan ini akan memiliki penghasilan yang dapat dikatakan lumayan besar.

5. Pendidikan Pramugari/a

Tamatan jurusan pendidikan pramugari/a nantinya bisa bekerja sebagai cabin crew. Jangka waktu jurusan pendidikan ini umumnya berkisar antara 6 sampai 12 bulan. Sesudah tamat, sebagian sekolah menawarkan kemudahan dalam pengalokasian kerja. Namun perlu dipahami bahwa umumnya pendidikan pramugari/a mengharuskan adanya ikatan dinas.

Demikian 5 jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara yang bisa dijadikan referensi.Selain kelima jurusan tersebut, sebenarnya masih banyak jurusan lainnya yang dapat diambil agar dapat merintis karir di bandara. Prospek karir dan kemungkinan mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi di bandara juga bergantung pada kualitas perguruan tinggi.