Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Tidak Banyak Hitungan Matematika

Jurusan Kuliah yang Tidak Banyak Hitungan Matematika – Salah satu mata kuliah yang mungkin paling banyak dibenci oleh para calon mahasiswa adalah matematika. Beberapa orang menganggap bahwa matematika terlalu sulit dan rumit untuk dikuasai sehingga beralih ke jurusan yang tidak banyak hitung-hitungannya. Pada artikel ini akan memberikan rekomendasi jurusan kuliah yang tidak banyak hitungan matematika, diantaranya:

1. Pendidikan

Jurusan pendidikan merupakan jurusan yang tepat bagi mahasiswa yang ingin menjadi guru. Prodinya sendiri dibagi menjadi beberapa klasifikasi khusus untuk pendidikan TK, SD, SMP dan SMA. Selama mengambil spesialisasi yang tidak berhubungan dengan matematika atau pendidikan sains, jurusan ini bisa diselesaikan tanpa harus mengikuti mata kuliah matematika.

Pada program pendidikan, mahasiswa dapat belajar bagaimana mengelola ruang kelas dan bagaimana merancang kurikulum dan penilaian. Mahasiswa juga akan mempelajari dasar-dasar perkembangan anak dan mempelajari strategi untuk mendukung siswa dengan tantangan khusus. Jurusan ini memiliki prospek yang cukup cerah sampai saat ini.

2. Filsafat

Mempelajari gelar dalam bidang filsafat akan membantu mempelajari cara melakukan penelitian untuk mendukung argumen logis. Jurusan filsafat membimbing siswa melalui studi tentang realitas, keberadaan, pengetahuan, nilai, dan alasan. Filsafat dapat bermanfaat dalam karir bisnis, hukum, ilmu politik, pendidikan, dan komunikasi.

Inti dari kursus ini adalah melatih  untuk berpikir secara rasional. Meskipun ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa membuat perhitungan sederhana, namun ini bukan masalah besar. Lulusan filsafat bisa mendapatkan pekerjaan sebagai pengacara, penulis, atau analis riset.

3. Komunikasi

Jurusan komunikasi  melatih mahasiswa dalam berbicara di depan umum, periklanan, menulis, dan hubungan masyarakat. Siswa di bidang ini menyelesaikan perguruan tinggi tanpa lulus kursus matematika apa pun. Alumni jurusan komunikasi bisa menjadi spesialis hubungan masyarakat, manajer periklanan, editor, atau jurnalis.

Prodi ini mungkin termasuk berbicara di depan umum, jurnalisme, penulisan buku, hubungan masyarakat, pemasaran, dan media sosial. Selain pelatihan ekstensif dalam menulis dan berbicara yang efektif, mahasiswa dapat belajar tentang dimensi sosial, budaya. dan psikologis dari komunikasi manusia dan tentang strategi komunikasi praktis.

4. Desain Grafis

Pembahasan jurusan kuliah yang tidak banyak hitungan matematika selanjutnya adalah desain grafis. Jika menyukai desain web dan periklanan, calon mahasiswa dapat mempertimbangkan untuk memperoleh gelar dalam desain grafis. Siswa desain grafis tidak mengambil kursus matematika, tetapi fokus pada pemahaman seni dan membangun keterampilan desain.

Sebagian besar mata kuliah desain grafis mungkin akan meminta mahasiswa mengembangkan desain untuk iklan online, animasi, dan situs web. Setelah mahasiswa menyelesaikan gelar dalam desain grafis, bisa melanjutkan pekerjaan sebagai desainer grafis, direktur kreatif serta editor foto. Menariknya bisa juga bergabung dengan studio animasi terkenal.

5. Ilmu Politik

Jurusan lain yang tidak membutuhkan matematika adalah ilmu politik. Pada program ilmu politik, mahasiswa akan belajar tentang berbagai bentuk pemerintahan dan tentang hukum konstitusional. Sebuah program juga dapat mencakup apa yang dilakukan politisi, bagaimana undang-undang dibuat, dan peran serta kekuasaan berbagai cabang pemerintahan.

Studi politik mungkin juga mencakup pengantar penulisan hukum, sejarah politik, dan forensik, juga dikenal sebagai debat formal. Jika tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan politik, jurusan ini bisa menjadi jawaban. Lulusan ilmu politik juga memiliki kesempatan untuk bekerja di pemerintahan sebagai anggota dewan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang tidak banyak hitungan matematika. Jurusan tersebut tentunya bisa membuat para mahasiswa yang tidak suka dengan matematika bisa lebih lega dalam memilih jurusan. Tak hanya itu, jenjang karir jurusan-jurusan diatas juga masih terbilang bagus sampai saat ini.