Siapkan Syarat Masuk Jurusan Arsitektur Mulai dari Sekarang

Syarat Masuk Jurusan Arsitektur Mulai dari Sekarang – Zaman sekarang, jurusan kuliah ada banyak jenisnya. Salah satu yang menarik adalah jurusan arsitektur. Namun, karena banyaknya calon mahasiswa yang berminat pada jurusan ini, persaingan yang ada juga meningkat. Hal ini sebenarnya bisa dihadapi asal tahu apa saja syarat masuk jurusan arsitektur yang bisa disiapkan dari sekarang.

Syarat-syarat yang ada bisa dipenuhi untuk kesiapan diri menghadapi berbagai kondisi yang mungkin akan terjadi. Semua daftar yang akan dibahas berikut bukanlah sesuatu yang rumit dan sulit untuk dilakukan. Penasaran apa saja syarat yang ada? Simak ulasan lengkap mengenai syaratnya, antara lain:

Siapkan Syarat Masuk Jurusan Arsitektur Mulai dari Sekarang

1. Memiliki Peralatan yang Memadai

Jurusan arsitektur adalah jurusan yang membutuhkan praktek dalam pembelajarannya. Maka dari itu, ada beberapa peralatan yang diperlukan untuk menunjang proses belajar. Barang yang umum seperti pensil mekanik, pulpen khusus menggambar, kertas HVS, dan buku gambar A3. Sedangkan benda yang lebih spesifik seperti tabung gambar, meja gambar khusus, dan laptop.

2. Bisa Menggambar

Menggambar bisa dikatakan wajib bagi calon mahasiswa jurusan arsitektur. Tidak perlu handal, asal gambaran masih bisa diterima sebagai bentuk desain. Pentingnya bisa menggambar tentunya ada kaitannya dengan dunia kerja. Tidak mungkin seorang arsitek meminta orang lain untuk menggambar desainnya, karena bisa jadi tidak sesuai harapan.

3. Mau Belajar Hal Baru

Hal baru yang dimaksud di sini adalah hal-hal yang mungkin belum pernah dipelajari sebelumnya. Sebagai contohnya, jika masuk jurusan arsitektur maka mahasiswa dituntut bisa membuat desain 2D dan 3D. Mungkin banyak orang yang belum menguasai hal itu. Jadi harus mau belajar membuat desain di laptop atau komputer.

Selain itu, hal lain yang menjadi syarat masuk jurusan arsitektur berkaitan dengan kesiapan untuk riset mengenai bangunan. Terkadang, ada orang yang tidak suka keluar untuk riset dan melihat-lihat keluar. Sebagai mahasiswa arsitektur, maka harus mau belajar memahami bangunan-bangunan di sekitar. Jadi, referensi bangunan yang dimiliki juga semakin bertambah.

4. Bisa Menghitung

Jurusan arsitektur adalah salah satu jurusan yang tidak bisa terlepas dari angka. Saat mendesain suatu bangunan, maka perhitungan yang akurat juga diperlukan. Perhitungan tersebut harus sesuai dengan keadaan yang ada agar menjadi masuk akal dan bisa diterima. Maka dari itu, menghitung adalah hal wajib untuk mahasiswa arsitektur.

5. Memiliki Jiwa Kreativitas yang Tinggi

Lagi-lagi kreativitas adalah yang penting dari jurusan ini. Jika tidak kreatif, maka desain yang dibuat akan membosankan dan terkesan tidak baru. Kreativitas sangat diperlukan agar gambar yang dihasilkan menarik banyak orang dengan berbagai keunikan dan pembeda. Bagi yang merasa kurang kreatif, lebih baik segera mengasahnya dengan mencoba membuat desain.

6. Setidaknya Bisa Public Speaking

Kecakapan berbicara di depan banyak orang juga diperlukan. Hal ini penting karena desain yang sudah dibuat akan dijelaskan pada banyak orang. Jika tidak bisa public speaking, maka orang tidak akan tahu maksud desain yang telah dibuat. Jadi, soal ini bisa diperbaiki mulai dari sekarang agar terus meningkat kecakapan berbicaranya.

7. Memiliki Mental yang Kuat

Mental baja sangat diperlukan jika menekuni bidang ini. Terkadang, desain yang tidak sesuai harapan orang akan mendapat kritik dan saran yang mungkin saja bisa menyakiti perasaan. Maka dari itu, mental yang kuat harus dibentuk untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut. Jangan sampai perasaan rendah diri membuat sulit untuk berkembang.

Itulah 7 syarat masuk jurusan arsitektur yang harus dipenuhi. Daftar di atas bisa dijadikan gambaran bagi yang ingin menggeluti dunia arsitektur. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah asal ada kemauan kuat untuk melakukan dan memulainya. Segera persiapkan dari sekarang agar saat masuk kuliah sudah siap akan segala situasi dan kondisi.