Beasiswa Chevening Adalah Beasiswa Kuliah di Inggris

Beasiswa Chevening – Perlu diketahui bahwa beasiswa Chevening adalah program yang ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di Inggris. Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Inggris ini terbuka untuk kandidat dengan potensial dalam berbagai bidang. Mulai dari politik, pendidikan, agama, hingga bisnis. Program studinya sangat beragam seperti Pendidikan, Lingkungan, Manajemen, Teknik, Keuangan, dan lain-lain.

Beasiswa Chevening menawarkan pendanaan secara penuh atau sebagian pada program pascasarjana. Calon kandidat harus jeli memperhatikan karakteristik Universitas untuk menentukan pilihannya. Beasiswa ini bertujuan menciptakan lulusan dengan jiwa kepemimpinan tinggi. Berikut hal-hal yang perlu diketahui seputar beasiswa Chevening, antara lain:

Beasiswa Chevening

Cakupan Beasiswa

Kandidat yang berhasil menerima beasiswa Chevening akan mendapatkan: pendanaan selama satu tahun biaya kuliah, gaya hidup sehari-hari, membuat visa, tunjungan kedatangan maupun kepulangan, serta untuk mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan Chevening selama berada di Inggris.

Universitas dan Program Studi

Dalam beasiswa Chevening, terdapat hingga lebih dari 30 Universitas di Inggris yang dapat dipilih. Beberapa di antaranya yakni University of Cambridge, Queen Mary University of London, University of Nottingham. Sedangkan untuk jurusannya dibebaskan untuk memilih namun beberapa bidang yang lebih disambut baik antara lain perubahan iklim, energi, ekonomi, keuangan, hukum asing, teknologi, sains, dan manajemen publik.

Persyaratan

Sebagai salah satu program prestis, beasiswa Chevening adalah upaya menuju terciptanya pemimpin dalam berbagai bidang. Oleh karena itu persyaratannya cukup ketat. Calon kandidat harus memiliki nilai di atas rata-rata pada gelar S1 nya, tidak pernah mendapat beasiswa dari Inggris, minimal pengalaman kerja dua tahun (setara 2.800 jam).

Berikutnya adalah kemampuan Bahasa Inggris yang harus sesuai syarat Chevening, yakni dengan standar nilai TOEFL/IELTS yang sudah ditetapkan. Beasiswa ini diperuntukkan bagi warga negara yang akan kembali ke negara asalnya, dengan harapan mereka dapat menerapkan ilmu yang didapat ke tanah air. Jadi bagi yang ingin menetap seterusnya di Inggris, beasiswa ini tidak cocok.

Kriteria Khusus Pelamar

Seperti tujuan utamanya, beasiswa Chevening adalah program yang dibuat untuk menciptakan pemimpin berkualitas. Sehingga persyaratan dari segi karakteristik calon kandidat juga sangat diperhatikan. Sifat kepemimpinan dan intelektual tinggi wajib dimiliki.

Kriteria selanjutnya adalah adanya motivasi yang kuat untuk berkembang dalam karir dan memiliki visi untuk membentuk posisi kepemimpinannya sendiri dalam beberapa tahun ke depan. Kandidat juga harus dapat menjelaskan tujuan karirnya secara sistematis serta bagaimana pencapaiannya. Kemudian komitmen membuat networking untuk mencari solusi permasalahan global,  dan tentunya menjalankan perkuliahan di Inggris hingga selesai.

Cara Pendaftaran

Ketika melakukan pendaftaran beasiswa Chevening, calon kandidat dipersilahkan memilih paling tidak tiga program studi. Setelah pengajuan beasiswa, pilihan sudah tidak dapat berubah sehingga harus cermat dalam memilih. Lakukan pendaftaran di program studi pilihan agar bisa memastikan bahwa masih ada tempat. Kemudian tunggu unconditional offer dari salah satu program studi pilihan.

Daftar secara online melalui website resmi Chevening. Bacalah petunjuk dengan seksama, kemudian mendaftar dengan klik “register here” dan masukkan data yang dibutuhkan sesuai permintaan. Data tersebut wajib dalam Bahasa Inggris, juga sebaiknya memakai Google Chrome di laptop/PC agar lebih optimal. Terakhir klik “Submit” untuk menyelesaikannya.

Demikian hal yang perlu diketahui jika Beasiswa Chevening adalah pengalaman yang dapat mengembangkan potensi calon pemimpin berpengaruh di masa depan. Keberadaan beasiswa ini membuat generasi muda memiliki kesempatan untuk menempuh jenjang pendidikan dengan nilai kepemimpinan yang tinggi.