7 Beasiswa Korea Selain KGSP yang Wajib Diketahui

Beasiswa Korea Selain KGSP yang Wajib Diketahui – Korean Government Scholarship Program atau KGSP adalah program beasiswa yang diberikan pemerintah Korea Selatan kepada mahasiswa dari seluruh dunia. Apalagi banyaknya peminat membuat banyak mahasiswa yang tidak bisa lolos program ini. Namun tak usah sedih, artikel ini akan memberitahukan 7 beasiswa Korea selain KGSP yang bisa diikuti, diantaranya:

Beasiswa Korea Selain KGSP

1. Yonsei University Scholarships

Universitas Yonsei menawarkan beasiswa yang Berbasis Kebutuhan untuk siswa internasional tingkat sarjana. Hal terbaik tentang universitas ini adalah tidak adanya persyaratan untuk bahasa Korea, karena semua kursus diajarkan dalam bahasa Inggris. Program ini menawarkan fasilitas tiket pesawat, tempat tinggal, gaji bulanan dan juga asuransi kesehatan penuh.

2. KAIST Undergraduate Scholarships

Beasiswa paling kompetitif dan terbaik di Korea Selatan adalah beasiswa universitas KAIST yang akan memoles keterampilan profesional mahasiswanya. Beasiswa ini memberikan gelar master dan Ph.D. untuk semua mahasiswanya. KAIST adalah salah satu universitas terbaik di Korea Selatan dan dunia.

Universitas yang dikenal sebagai MIT of Asia ini menawarkan beasiswa KAIST  kepada 300 calon mahasiswa yang didanai penuh setiap tahun. Semua kursus di KAIST diajarkan dalam bahasa Inggris, jadi tidak ada persyaratan belajar bahasa Korea untuk program ini.

3. GIST Scholarships

Institut Sains dan Teknologi Gwangju memberikan bantuan keuangan kepada semua siswa internasional yang berhak untuk tahun 2021-2022. Beasiswa GIST menyediakan program master dan Ph.D. Jangka waktu tinggal selama gelar master adalah 2 tahun sementara gelar Ph.D. gelar 4 tahun di Korea Selatan.

Siswa yang terpilih untuk beasiswa ini dapat melatih keterampilan kepemimpinan dan penelitiannya. Beasiswa ini memiliki banyak fasilitas menarik seperti tunjangan 120.000 KRW per bulan bagi mahasiswa master. Kemudian 295.000 KRW per bulan bagi mahasiswa Ph.D. Selain itu, mahasiswa yang mempunyai IPK diatas 3.0 akan diberikan tunjangan sebesar 120.000 KRW.

4. UNIST Scholarships

Ulasan National Institute of Science and Technology adalah salah satu dari 3 universitas terbaik di dunia dalam bidang baterai sekunder. Universitas ini memiliki banyak pusat penelitian dimana mahasiswa dapat melakukan penelitiannya secara mandiri. Saat ini, UNIST menawarkan beasiswa di bidang ilmu alam, bisnis, dan teknik.

5. Kyung Hee University Scholarship

Universitas Kyung Hee menawarkan beasiswa untuk semua siswa yang brilian dan beasiswa ini sepenuhnya didanai. Beasiswa ini khusus untuk siswa yang ingin mengejar karir mereka di bidang kedokteran. Universitas Kyung Hee menawarkan gelar sarjana untuk siswa terpilih. Pembebasan biaya akan diberikan sesuai dengan hasil evaluasi kemampuan calon mahasiswa.

6. Seoul National University Scholarships

Mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di bidang sains, teknologi, dan desain memiliki kesempatan belajar di salah satu universitas bergengsi Korea Selatan. Apalagi adanya beasiswa untuk gelar sarjana, master, dan Ph.D. program level. Persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini sangat tinggi karena terlalu banyak peminatnya.

7. Hanyang University Scholarship

Pembahasan beasiswa Korea selain KGSP yang terakhir adalah Hanyang University Scholarship. Universitas ini didirikan pada tahun 1939 dan merupakan universitas pertama di Korea Selatan yang menawarkan pendidikan tinggi dalam program teknik dan arsitektur. Beasiswa ini menawarkan gelar sarjana, master, dan Ph.D.

Demikian pembahasan 7 beasiswa Korea selain KGSP yang mungkin bisa menjadi referensi. Melalui beasiswa-beasiswa di atas, para mahasiswa dari Indonesia kini bisa meraih impian untuk berkuliah di negeri ginseng. Jika ingin mengetahui info lebih lanjut, bisa langsung menuju ke halaman resmi universitas diatas.