Siapkan Persyaratan Beasiswa Unggulan Sebelum Mendaftar

Persyaratan Beasiswa Unggulan – Beasiswa unggulan merupakan suatu program yang dibuat oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Terbentuknya program ini tentu dikhususkan bagi seorang mahasiswa yang mempunyai predikat prestasi entah dalam nasional, desa, kota internasional. Persyaratan beasiswa unggulan pun meliputi syarat khusus serta umum. Maka dari itu sebelum mendaftar perlu mengetahui syaratnya.

Syarat minimal kampus adalah terakreditasi B untuk mendaftar program beasiswa unggulan. Apabila nantinya akan diterima dalam program ini terdapat produk yang diberikan. Produknya meliputi biaya hidup semasa kuliah, transportasi sehari-hari, biaya pendidikan serta perlengkapan dalam pembelajaran kuliah. Berikut syarat mendaftar beasiswa unggulan, diantaranya:

Persyaratan Beasiswa Unggulan

Persyaratan Umum

Syarat awal ini sangat mudah dan umum seperti hendak mendaftar beasiswa lainnya. Akan tetapi syarat ini harus terpenuhi karena akan menjadi bahan pertimbangan. Sebenarnya tidak butuh banyak waktu untuk mempersiapkan persyaratan umum ini, antara lain:

1. Melampirkan Sertifikat Lomba atau Prestasi dan Surat Rekomendasi

Sertifikat merupakan suatu bukti dari prestasi apa saja yang telah didapat oleh peserta dimulai dari tingkat atas maupun bawah. Baik nasional, kampus, daerah desa maupun internasional. Selain itu, peserta juga harus mendapatkan surat rekomendasi dari universitas atau institusi yang diberikan oleh pihak kampus.

2. Peserta Tidak Menerima Beasiswa Lain dan Universitas Wajib Terakreditasi

Peserta ini diwajibkan untuk melampirkan surat pernyataan yang berisi sedang tidak menerima beasiswa dari instansi atau perusahaan lain dengan bermaterai. Apabila terbukti tengah mendapatkan beasiswa lain maka akan dicabut dan dikenakan sanksi. Selain itu, akreditasi kampus juga harus terdeteksi yaitu maksimal akreditasi B.

Persyaratan Khusus

Pada persyaratan beasiswa unggulan tentu memiliki syarat khusus. Hal ini dikarenakan setiap jenjang memiliki persyaratan khusus yang berbeda-beda, maka harus diperhatikan dengan teliti agar tidak salah dalam mendaftar beasiswa kedepannya. Berikut ini beberapa syaratnya, antara lain:

1. Menduduki Semester 3 ke Atas

Usia pada sarjana tingkat satu ini dimaksimalkan umur 22 tahun. Bagi mahasiswa baru atau calon mahasiswa baru yang belum mendapatkan kartu studinya namun memiliki keinginan mendaftar tentu diperbolehkan. Tetapi peserta diwajibkan melampirkan surat keterangan nilai dan rata-rata rapor ketika SMA, SMK atau MA.

Namun, biasanya diwajibkan mahasiswa tersebut terdaftar di universitas atau kampus. Sedangkan bagi mahasiswa aktif atau tengah menjalani kuliah di semester 3 keatas dapat melampirkan surat keterangan hasil studi kuliah dengan nilai IP atau IPK minimal 3, 25

2. Melampirkan Surat Keterangan Aktif Kuliah dan KHS

Usia mendaftar dalam jenjang S2 ini dimaksimalkan 32 tahun, sedangkan untuk sarjana tingkat tiga yaitu 40 tahun. Jangan lupa untuk melampirkan surat keaktifan kuliah dan kartu hasil studi dengan syarat IPK wajib minimal 3,25 untuk S1 dan S2. Sedangkan untuk jenjang S3 nilai minimal 3,45

3. Memiliki Kemampuan TOEFL dan Mampu Membuat Karya Tulis

Pada jenjang S2 dan S3 ini terdapat nilai tersendiri apabila peserta mempunyai kemampuan TOEFL dan bahasa Inggris yang bagus. Karena hal tersebut sangat direkomendasikan dan diutamakan. Sertifikat nilai pun harus maksimal dengan sesuai yang telah  itu disyaratkan.

Syarat khusu lainnya yaitu diwajibkan untuk melampirkan sebuah karya tulis yang dibuat oleh peserta. Bagi jenjang sarjana tingkat satu berupa esai, sedangkan untuk S2 dan S3 dapat berupa proposal meliputi rencana penelitian, tesis dan tugas akhir.

Itulah hal-hal yang harus disiapkan dalam mendaftar beasiswa. Terdapat persyaratan beasiswa unggulan khusus dan umum yang harus dipenuhi. Sehingga, perlu ketelitian dan kecermatan dalam melampirkan berkas-berkasnya.