Inilah 6 Cara Cek Kampas Kopling Mobil Mudah untuk Kenyamanan Berkendara

Cara Cek Kampas Kopling Mobil – Bagi banyak pengemudi, menggeser mobil transmisi standar merupakan bagian penting dari berkendara. Sayangnya, jika sedang mengemudi di area yang padat dengan banyak pemberhentian, pengemudi mungkin mengembangkan kebiasaan buruk perpindahan gigi yang dapat mengakibatkan kopling selip atau gigi lepas. Orang mungkin dapat membaca buku untuk mempelajari cara cek kampas kopling mobil.

Ada beberapa langkah yang dapat dengan mudah dilakukan untuk mengidentifikasi masalah ini. Langkah yang dimaksud ini merujuk secara khusus pada mekanisme kopling yang dioperasikan secara hidrolik. Oleh karena itu, langkah-langkah berikut tidak berlaku untuk kopling dengan sambungan mekanis. Namun tidak ada salahnya dicoba. Berikut 6 cara cek kampas kopling mobil mudah:

Cara Cek Kampas Kopling Mobil

1. Waspadai Kinerja Kopling

Sistem plat kopling atau tekanan yang aus secara bertahap dari waktu ke waktu pada akhirnya akan menyebabkan kinerja kopling dapat berkurang secara nyata. Dengan memperhatikan cara pengaktifannya, selip akan terlihat jelas bagi pengemudi yang kompeten.

Salah satu tanda sederhana yang harus diperhatikan pengemudi adalah perubahan kecepatan mesin tanpa akselerasi yang nyata. Jika pengemudi menyalakan mesin dan mobil ragu-ragu sebelum berakselerasi, itu akan menyebabkan kopling tidak memberikan dorongan pada RPM melalui transmisi ke roda penggerak.

Perubahan ketinggian pedal kopling dimana pengemudi merasakan kopling mulai bekerja juga merupakan tanda sederhana yang harus diperhatikan. Selain itu, kopling selip akan mengurangi jumlah tenaga yang dikirim ke roda penggerak sehingga akan terjadi perubahan tenaga mesin yang dirasakan saat menarik beban.

2. Perhatikan Apakah Ada Aroma Terbakar yang Tercium dari Bawah Kap Mesin

Salah satu cara cek kampas kopling mobil adalah dengan mengecek apakah ada aroma terbakar dari bawah kap mesin mobil. Hal ini bisa saja terjadi dan penyebabnya adalah kebocoran oli atau bahkan kabel listrik yang rusak, dimana keduanya merupakan masalah serius. Meskipun kedua masalah tersebut tidak terkait dengan kopling, namun juga bisa menjadi tanda kopling yang tergelincir.

3. Tekan Pedal Kopling

Kopling mobil mungkin perlu diganti jika hanya membutuhkan sedikit gerakan pedal untuk melepaskannya. Harus ada satu atau dua inci atau dua sampai empat cm gerakan bebas dari pedal sebelum kopling mulai terlepas. Jika lebih cepat lepas, ini merupakan indikator bahwa kopling mobil tidak naik atau tidak terlepas sebagian saat pedal tidak ditekan.

4. Periksa Tingkat Cairan Kopling

Periksa reservoir minyak kopling yang terletak di dekat silinder master rem. Reservoir harus diisi sampai ke atas, atau paling tidak di antara garis minimum dan maksimum yang ditunjukkan pada reservoir. Jika diperlukan, tambahkan fluida ke reservoir. Beberapa kendaraan menggunakan master silinder rem untuk koplingnya. Jika demikian, pastikan ada minyak rem di master silinder.

5. Uji Mobil untuk Berkendara

Lihat apakah dibutuhkan lebih banyak RPM dari mesin untuk mencapai kecepatan tertentu. Ini juga bisa menjadi indikator bahwa mobil membutuhkan penggantian kopling. Saat mengemudi di jalan raya dengan gigi 3, masukkan mobil ke gigi 2, lalu lepas kopling. Jika RPM mesin tidak langsung naik, mungkin sudah waktunya untuk mengganti kopling.

6. Uji Mobil di Tempat Parkir

Cara lain untuk cek kampas kopling mobil apakah perlu diperbaiki adalah dengan mengujinya di tempat parkir. Berkendara dengan mobil pada gigi ke-3 atau ke-4 dan dengan kaki masih menginjak pedal gas, dorong kopling ke dalam dan lepaskan. Seharusnya ini akan menyebabkan RPM segera turun. Jika RPM tidak turun saat dilepas, berarti kopling mobil aus dan selip.

Demikianlah 6 cara cek kampas kopling mobil yang pastinya sangat mudah untuk dilakukan. Kenali segera keadaan kopling mobil yang akan dibawa berkendara. Jika memang diperlukan penggantian kopling, maka segeralah lakukan. Demi keselamatan setiap penumpang, selalu pastikan mobil dalam keadaan prima ketika digunakan.