Rekomendasi Universitas yang Menyediakan Jurusan Keperawatan Anestesi

Rekomendasi Universitas yang Menyediakan Jurusan Keperawatan Anestesi – Belum banyak orang yang mengetahui jurusan keperawatan anestesi, namun saat ini kehadirannya semakin dibutuhkan. Terlihat dari universitas yang menyediakan jurusan keperawatan anestesi terus bertambah. Perawat anestesi bertugas membantu dokter yakni dengan memberikan anestesi (obat bius), memperhatikan kondisi vital pasien, juga terlibat dalam pemulihan pasien seusai operasi.

Jurusan ini memiliki peran yang cukup besar di lingkungan masyarakat. Lulusan yang berkualitas sangat diharapkan dalam mendukung peningkatan permintaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang mumpuni. Salah satu yang banyak dibutuhkan adalah perawat anestesi. Berikut ini beberapa perguruan tinggi dengan jurusan ini, diantaranya:

1. Universitas Aisyiyah Yogyakarta

UNISA telah berdiri sejak tahun 1978. Awalnya merupakan sekolah bidan, kemudian melalui berbagai perubahan hingga pada 2003 resmi menjadi sekolah tinggi ilmu kesehatan. Pada tahun 2018, UNISA membuka program studi terbarunya yakni anatesiolog sarjana terapan. Meski terbilang baru, Unisa terus mengembangkan kualitas program D4 anestesi ini dan terus menghasilkan lulusan unggul di bidangnya.

2. Politeknik Kesehatan Yogyakarta

Poltekkes Yogyakarta berkomitmen untuk turut serta dalam mencapai target sustainable development tahun 2030 untuk mengurangi jumlah kematian Ibu hingga lebih rendah dari 70 per 100.000 kelahiran. Berkaitan dengan hal ini, Poltekkes Yogyakarta memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk bergabung dengan Keperawatan Anestesiologi.

Sebagai salah satu universitas yang menyediakan jurusan keperawatan anestesi, Poltekkes Yogyakarta sudah menghasilkan sebanyak 263 lulusan sejak 2008. Program studi ini bertujuan melahirkan tenaga profesional dalam bidang anestesi. Tenaga pengajar di jurusan ini berasal dari S1, S2 dan juga spesialis profesional di bidangnya.

3. Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

UHP merupakan universitas swasta yang diresmikan pada tahun 2002. Universitas yang menyediakan jurusan keperawatan anestesi ini menyelenggarakan aktivitas akademik maupun profesional di ranah kesehatan. Lulusan UHB telah banyak yang bekerja sebagai penata anestesi yang membantu dokter di ruang operasi. UHB menyediakan laboratorium anestesi yang sangat menyerupai aslinya untuk mahasiswa melakukan praktik.

Lulusannya digerakkan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dasar dalam melakukan anestesi. Identifikasi, analisis masalah, mendukung serta melaksanakan pelayanan. Selain itu secara kooperatif membantu dokter spesialis dan aktif memberi edukasi seputar anestesi dalam pengabdian masyarakat.

4. Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

ITEKES didirikan pada tahun 1983 dan menjadi salah satu universitas yang menyediakan jurusan keperawatan anestesi di Bali. Awalnya berupa sekolah perawat, ITEKES terus berkembang hingga pada 2019 resmi menjadi institut teknologi dan kesehatan. Masa studi untuk keperawatan anestesiologi yakni 8 semester, maksimal 10 semester.

Kampus ini memiliki tempat belajar yang sangat nyaman dan membuat mahasiswanya nyaman saat belajar. Ada banyak hal yang bisa dipelajari mengenai keperawatan anestesi jika berada di ITEKES.

5. Universitas Gadjah Mada

Universitas yang beberapa kali mempertahankan gelar sebagai universitas terbaik di Indonesia ini juga memiliki program keperawatan anestesi. Meski baru diresmikan tahun 2015, departemen anestesi terus mengembangkan programnya yang terbagi menjadi delapan bagian. Mulai dari anestesi pembedahan jantung, regional, manajemen nyeri, bedah syarat, pediatrik, obtetrik, dan inhalasi.

Demikian daftar universitas yang menyediakan jurusan keperawatan anestesi yang diharapkan semakin banyak lulusan kompeten. Perawat anestesi yang telah bersertifikat berhak melakukan layanan anestesi terhadap pasien yang melakukan perawatan kesehatan. Tidak hanya di rumah sakit, namun juga berbagai pusat bedah lainnya termasuk kesehatan gigi dan ruang persalinan.