Mengenal 6 Universitas yang Menerima Transfer D3 ke S1 Keperawatan

Universitas yang Menerima Transfer D3 ke S1 Keperawatan – Ilmu keperawatan merupakan suatu bidang dalam ilmu pendidikan yang menjadikan seseorang sebagai perawat. Jurusan perawat sangat diminati oleh sebagian masyarakat. Ada beberapa universitas yang menerima transfer D3 ke S1 keperawatan yang sangat membantu mahasiswanya dalam menimba ilmu.

Keunggulan dari bidang perawat adalah menjadikan seorang tenaga pendidik, dapat menjadi peneliti dan sekaligus pelaksana. Prospeknya yang menjanjikan membuat sebagian mahasiswa untuk meningkatkan jenjangnya. Berikut adalah universitas yang dapat menerima transfer D3 ke S1 keperawatan, antara lain:

Universitas yang Menerima Transfer D3 ke S1 Keperawatan

1. Universitas Riau

Fakultas keperawatan pada universitas Riau pada tahun 2015 telah membuka penerimaan mahasiswa alih jenjang dari D3 menuju S1. Semenjak itu kampus tersebut membuat program transfer jurusan keperawatan.

Akan tetapi mahasiswa yang akan mendaftar harus memenuhi syarat yang dibuat dalam program tersebut. Contoh nya wajib lulusan D3, dan mendapatkan izin dari kampus atau instansi yang mengirim, dan harus mengikuti proses seleksi.

2. Universitas Airlangga

UNAIR merupakan universitas yang menerima transfer D3 ke S1 Keperawatan dengan biaya terjangkau. Pada tahun 2020 universitas Airlangga memiliki daya tampung 80 untuk mahasiswa yang alih jenjang. Sedangkan untuk tahun 2021 belum diumumkan berapa yang akan diterima.

Syarat khusus dalam kampus ini adalah mahasiswa keperawatan tidak buta warna total dan kampus terakreditasi dan diwajibkan untuk melampirkan transkrip nilai studi atau surat keterangan lulus bagi yang sudah lulus.

3. Universitas Bhakti Kencana

Universitas Bhakti Kencana adalah kampus farmasi yang terkenal dengan lulusan keperawatan terbaik. Bhakti kencana juga menerima transfer D3 ke S1 jurusan keperawatan. Pendaftaran dalam kampus ini pun sama dengan lainnya. Mulai dari bebas buta warna dan surat izin serta minimal IPK 2,75. Adapun rangkaian tes yang dijalani dan wajib lulus.

4. Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Universitas Muhammadiyah Ponorogo juga menjadi salah satu universitas yang menerima transfer D3 ke S1 keperawatan. Syarat yang diajukan dalam pendaftaran pun sama dengan kampus lainnya. UMPO ini sangat terkenal dan banyak sekali mahasiswa pindahan atau alih jenjang atau lintas jalur baik dari perguruan tinggi maupun luar perguruan tinggi.

5. Universitas Brawijaya

Kampus selanjutnya yang dapat menerima mahasiswa alih jenjang adalah universitas Brawijaya. Pada universitas ini nantinya terdapat dua tes seleksi yang harus dijalan oleh mahasiswa. Tes tersebut yaitu tertulis biasa dan lisan atau wawancara.

Adapun syarat khusus yang diajukan oleh kampus Brawijaya ini adalah mahasiswa tersebut dikirim sebagai tugas belajar atau izin dari instansi yang bersangkutan. Perlunya persiapan yang matang untuk melewati segala tes yang diberikan. Usaha dan do’a yang dilakukan tidak akan menghianati hasil.

6. STIKES Sukabumi

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi juga menerima mahasiswa transfer D3 ke S1 keperawatan. Tahun lalu program alih jenjang juga dilakukan, kemungkinan tahun ini juga akan diadakan. Ada beberapa rangkaian tes yang harus dijalani apabila hendak mendaftar. Tes kesehatan sampai wawancara diadakan oleh pihak kampus.

Sehingga mahasiswa harus menyiapkan persyaratan yang ada dengan baik agar diterima program alih jenjang. Butuh usaha dengan tekad yang kuat untuk menggapai hal yang diinginkan.

Itulah beberapa universitas yang menerima transfer D3 ke S1 keperawatan, karena sebagian syarat yang harus dipenuhi terbilang cukup sulit. Selain syarat, rangkaian tes yang dijalankan juga memiliki level yang tidak mudah alhasil menerima mahasiswa yang sesuai dengan ketentuan serta daya tampungnya.