Daftar 7 Universitas yang Menerima KJMU

Daftar 7 Universitas yang Menerima KJMU – Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) merupakan bantuan dari Pemprov DKI Jakarta yang diperuntukkan bagi anak kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan tinggi. Universitas yang menerima KJMU ada yang negeri maupun swasta. Manfaat yang didapatkan oleh penerima KJMU yakni sebanyak 9 juta rupiah per semester, menaiki bus Transjakarta, mengunjungi Ancol dan Museum secara gratis.

Biaya yang digunakan untuk KJMU berasal dari APBD provinsi DKI Jakarta. Melihat antusiasme yang tinggi, nampak semangat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan. Hingga kini telah terdapat lebih dari 90 PTN yang menerima KJMU, sedangkan jumlah PTS di Jakarta yang menerima KJMU mencapai 11. Berikut daftar kampus yang menerima KJMU, antara lain:

Daftar 7 Universitas yang Menerima KJMU

1. Universitas Gunadarma

Gunadarma menjadi salah satu universitas yang menerima KJMU pada periode 2020-2021. Universitas Gunadarma terletak di Depok, berusia 39 tahun dan sudah terakreditasi A. Tahun ini Gunadarma membuat akun instagram yang khusus menyediakan informasi seputar KJMU di kampusnya. Mulai dari website resmi pendaftaran hingga membahas pertanyaan yang sering diajukan.

2. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti (USAKTI) saat ini masih membuka peluang besar bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk menggunakan KJMU. Adanya bantuan dari pemerintah ini, calon mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikannya di Trisakti bisa menyelesaikan kuliahnya secara gratis sesuai persyaratan. Trisakti memiliki hingga 23 program studi untuk S1 yang terbagi dalam sembilan fakultas, seluruhnya terakreditasi A.

3. Universitas Tarumanegara

Perguruan tinggi swasta yang juga menerima KJMU adalah Universitas Tarumanegara. UNTAR didirikan pada tahun 1959 dan memiliki dua tiga kampus di lokasi yang berbeda. UNTAR memiliki delapan jurusan dan semuanya telah mendapatkan akreditasi A. Di sini mahasiswa yang mendapatkan KJMU bisa menggunakan kartu tersebut untuk membeli berbagai keperluan belajar serta kebutuhan harian yang dapat ditarik tunai.

4. Universitas Mercu Buana

Terletak di Jakarta Barat, Mercu Buana juga salah satu universitas yang menerima KJMU. Mahasiswa berkesempatan menggunakan KJMU untuk menempuh pendidikan selama delapan semester secara gratis. Kampus yang berusia 36 tahun ini memiliki empat lokasi kampus, serta enam fakultas yaitu ekonomi, teknik, seni, komunikasi, psikologi, dan ilmu komputer.

5. Universitas Atmajaya

Unika Atmajaya didirikan di tahun 1960. Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta, Unika Atmajaya juga ditunjuk pemerintah untuk menjadi mitra dalam memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu dalam hal ekonomi dengan pemberian KJMU. Jurusan yang ada di Atmajaya antara lain ekonomi, pendidikan, administrasi, psikologi, hukum, kedokteran, dan teknobiologi.

6. Universitas Bina Nusantara

Lebih sering disebut BINUS, perguruan tinggi swasta ini dikenal mengedepankan teknologi sebagai karakteristik utama mereka. BINUS adalah universitas yang menerima KJMU di Jakarta sejak 2020. Banyak alumni BINUS yang menjadi pengusaha sukses di bidangnya. Terdapat tujuh jurusan di BINUS, yang terbaru adalah humaniora yang terdiri dari beberapa bidang yakni sastra, hubungan internasional, hukum bisnis, hingga psikologi.

7. Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara

Mahasiswa yang kurang mampu dalam ekonomi juga dapat menggunakan KJMU jika tertarik mempelajari ilmu filsafat secara lebih mendalam di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara. Universitas swasta yang didirikan pada 1969 ini memiliki dua jurusan utama, yakni ilmu filsafat dan ilmu teologi. Driyarkara juga memiliki program magister (S2) dan doktor (S3) dalam ilmu filsafat.

Demikian pembahasan universitas yang menerima KJMU bisa dijadikan referensi. Cakupan KJMU yang luas menjadi agenda pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan tanah air. Harapannya, semakin banyak generasi muda yang meski  kurang mampu secara ekonomi tetap dapat mengenal dan mengembangkan potensinya.