5 Universitas Swasta Murah di Jogja dan Berkualitas

Universitas Swasta Murah di Jogja – Jogja adalah kota yang membawa kehangatan tersendiri bagi banyak orang. Selain itu, Jogja juga merupakan salah satu kota dengan pendidikan terbaik milik Indonesia. Namun perkara biaya terkadang jadi alasan yang menghadang mimpi dalam meneruskan studi ke universitas di Jogja. Sebenarnya ada beberapa universitas swasta murah di Jogja yang bisa didatangi.

Jadi bersyukurlah untuk yang bisa menjadi mahasiswa di universitas yang hemat biaya ini. Namun perlu diketahui bahwa tingkat universitas murah dan mahal itu tergantung pola pikir orangnya. Berikut informasi mengenai 5 universitas swasta di Jogja yang memiliki biaya murah, antara lain:

Universitas Swasta Murah di Jogja

1. UWMY (Universitas Widya Mataram Yogyakarta)

Perlu diketahui UWMY merupakan satu dari beberapa universitas swasta murah di Jogja. UWMY dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX serta KGPH Mangkubumi di tahun 1982. Universitas Widya Mataram diurus oleh Yayasan Mataram Yogyakarta. Kampus swasta tersebut mempunyai biaya pendidikan total dimulai dari 6,5 juta rupiah dan berbeda-beda setiap fakultas.

2. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional

Universitas swasta yang bertempat di Kabupaten Sleman tersebut lumayan banyak dikenal. Hal itu dikarenakan universitas tersebut menawarkan beragam keringanan untuk perkuliahannya. Jurusan yang paling banyak diminati di universitas tersebut adalah Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Geodesi, Teknik Mesin, serta masih banyak lagi. waktu perkuliahan ada pada rentang pukul 4 sore sampai pukul 8 malam.

Jika berminat meneruskan studi di universitas tersebut, mahasiswa hanya perlu mempersiapkan uang pembayaran iuran pembangunan sekitar 10,5 juta rupiah, SPP tetap sekitar 2 juta rupiah tiap 6 bulan, serta SPP variabel sekitar 135 ribu tiap SKS. Biaya yang rasanya lumayan murah mengingat ini merupakan universitas swasta.

3. Universitas Terbuka Yogyakarta

Universitas tersebut merupakan satu dari beberapa universitas swasta murah di Jogja yang dapat dijadikan sebagai opsi terbaik. Hal itu karena fasilitas teknologi di sana dapat meringankan perkuliahan mahasiswa. Universitas Terbuka Yogyakarta mempunyai perpustakaan online beserta sumber bacaan komplit.

Memiliki biaya pendidikan yang tergolong murah yaitu mulai dari Rp1.000.000, membuat mahasiswa dapat fokus belajar tanpa menanggung kesulitan ekonomi. Universitas swasta tersebut mempunyai beberapa fakultas seperti fakultas ekonomi, keguruan dan ilmu pendidikan, MIPA, serta ilmu sosial dan ilmu politik.

4. Universitas Janabadra

Janabadra merupakan universitas swasta yang cukup banyak diminati. Hal itu dikarenakan Universitas Janabadra mempunyai banyak kelebihan. Salah satunya adalah tempatnya yang cukup strategis serta tidak sulit dijangkau, yakni di Timoho, Pingit, juga Wates.

Kelebihan lainnya adalah biaya pendidikannya cukup murah. Uang masuk program sarjananya cuma berkisar 1,5 juta rupiah. Lalu uang SPP-nya sekitar 425 ribu rupiah tiap bulan. Rasanya biaya tersebut tidak begitu mengorek tabungan mahasiswa.

Universitas Janabadra mempunyai 4 fakultas yang dapat dipilih berdasarkan keinginan serta bakat mahasiswa. Fakultas tersebut antara lain adalah fakultas pertanian, hukum, ekonomi, dan teknik. Universitas swasta ini juga menyediakan program pascasarjana untuk lulusan setingkat  S1.

5. UMB (Universitas Mercu Buana)

Universitas ini unggul karena sebagian prodinya telah terakreditasi A. Misalnya jurusan Manajemen, Public Relation, Teknik Sipil,  Akuntansi, serta Teknik Informatika. Jika ingin kuliah disini, mahasiswa harus mempersiapkan uang pangkal 15,5 juta rupiah. Lalu biaya pendidikannya sebesar 8,64 juta rupiah yang dibayarkan per satu semester. Biaya-biaya tadi dapat dicicil selama waktu kuliah.

Demikianlah informasi mengenai 5 universitas swasta murah di Jogja yang dapat dijadikan referensi. Kelima universitas tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi mahasiswa yang tidak diterima di PTN namun ingin kuliah dengan biaya murah. Kualitasnya pun tidak kalah bagus dengan perguruan tinggi negeri.