5 Rekomendasi Sekolah Kedinasan di Medan

Rekomendasi Sekolah Kedinasan di Medan – Kedinasan merupakan salah satu sekolah tinggi di Indonesia. Saat ini sekolah kedinasan di Medan cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa. Perbedaan utamanya adalah sekolah kedinasan dikelola oleh pihak kementrian Republik Indonesia. Salah satu kota yang memiliki sekolah kedinasan berkualitas dan diincar banyak orang adalah Medan.

Semua sekolah kedinasan memiliki keunggulan masing-masing, namun tentu ada beberapa di antaranya yang lebih unggul dan berkembang pesat. Sekolah kedinasan memiliki prospek yang menjanjikan untuk memberikan keragaman manfaat secara langsung di masa depan. Berikut ini merupakan rekomendasi terbaik sekolah kedinasan di kota Medan, antara lain:

Rekomendasi Sekolah Kedinasan di Medan

1. Poltek Teknologi Kimia Industri

Perguruan tinggi ini sering disebut dengan PTKI. Letaknya di jalan Medan Tenggara dan berdiri sejak tahun 1986. PTKI berada dalam naungan Kemenperin dan lebih banyak berfokus pada bidang industri milik pemerintah. Program studi yang terdapat di PTKI antara lain teknik kimia, mekanik, juga agribisnis. Semuanya telah meraih akreditasi B.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan

STIPAP Medan sudah berdiri sejak 11 tahun lalu. Selaras dengan tujuannya untuk mengembangkan lulusan yang dapat bekerja di perkebunan kelapa sawit baik teknologi konvensional maupun yang lebih canggih. STIPAP menjadi sekolah kedinasan di Medan yang cukup dikenal menghasilkan lulusan dengan kualitas terbaik dalam bidang pertanian.

Beberapa program studi utama yang ada di STIPAP yakni teknik pertanian dan manajemen pertanian. STIPAP terletak di komplek LPP Medan Estate. Fasilitas yang terdapat di STIPAP cukup memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Terdapat laboratorium komputer, rumah kaca, bengkel untuk praktek, kebun penanaman, juga sarana olahraga. STIPAP memilki kerjasama dengan beberapa pakar internasional untuk mengajar.

3. Politeknik Kesehatan Medan

Poltekkes merupakan sebuah sekolah kedinasan di Medan, terletak di jalan Jamin Ginting. Berfokus pada bidang kesehatan, Poltekkes Medan konsisten menjadi penyedia tenaga kesehatan dengan jumlah banyak di Indonesia.

Lulusannya sudah melalui tahapan persiapan yang profesional sehingga dapat terjun langsung dalam dunia kerja. Program studi yang ada di sini antara lain analis kesehatan, bidan, farmasi, kesehatan gigi, juga kesehatan lingkungan.

4. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan

Poltekbang Medan berdiri pada tahun 1989 dengan nama awal Balai Diklat Penerbangan, kemudian mengalami perubahan nama menjadi Poltekbang pada tahun 2019. Poltekbang merupakan sekolah kedinasan di Medan dengan reputasi baik. Oleh karena itu proses seleksinya cukup ketat dan membutuhkan usaha ekstra dalam persiapannya.

Poltekbang terdapat di lingkungan Kementrian Perhubungan, dan bertanggung jawab pada Kepala Badan Pengembangan SDM bidang perhubungan. Tujuannya  menghasilkan lulusan berkualitas yang dapat mengabdi pada masyarakat dalam penerbangan. Poltekbang Medan terus mengembangkan program studinya antara lain lalu lintas udara, navigasi dan telekomunikasi udara, kelistrikan bandara, dan pemeliharaan pesawat terbang.

5. Politeknik Pariwisata Medan

Sekolah tinggi yang lokasinya di jalan Rumah Sakit Haji ini pertama kali diresmikan tahun 1991 oleh Soesilo Sudarman yang menjabat Menteri Pariwisata saat itu. Program studi yang ditawarkan oleh bidang pariwisata sangat beragam. Beberapa di antaranya manajemen perhotelan, tata hidangan, destinasi wisata, pemasaran, bisnis perjalanan, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan sekolah kedinasan di Medan yang bisa memperluas wawasan pembaca. Sekolah kedinasan dapat menjadi salah satu pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Kelebihan sekolah kedinasan yakni adanya jaminan setelah lulus untuk bekerja sesuai bidangnya pada perusahaan  yang berkaitan dengan sekolah itu.