Cara Membersihkan Filter AC Mobil Sendiri Hemat Kantong Dan Mudah

Cara Membersihkan Filter AC Mobil Sendiri  – Kenyamanan dalam berkendara merupakan yang utama selama berada di perjalanan. Pengemudi dan penumpang tentu saja mengharapkan udara sejuk dan sehat ketika menghirup maupun merasakannya. Inilah fungsi salah satu komponen mobil yaitu, filter AC. Pentingnya merawat komponen ini membuat cara membersihkan filter AC mobil marak dicari di internet.

Filter AC yang kotor akan memudahkan perkembangbiakan bakteri di dalam mobil. Terlebih, jika penumpang rentan terhadap udara bercampur debu yang mungkin memancing penyakit pernafasan. Setiap orang ataupun keluarga memiliki waktu berkendara yang berbeda-beda, karena itu dibutuhkan perawatan filter AC secara rutin. Berikut cara mudah membersihkannya bahkan ketika di rumah :

 

Cara Membersihkan Filter AC

Cara Membersihkan Filter AC Mobil Sendiri

1. Memilih Area Terbuka Yang Minim Polusi Dan Peralatannya

Fungsi filter AC adalah sebagai penahan partikel asing masuk ke dalam saluran pendingin. Memilih area terbuka dan memastikan minim debu akan memaksimalkan proses pembersihan filter AC. Kebiasaan pemilik yang mungkin adalah seorang perokok dan kerap melakukannya saat berkendara juga merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Setelah area terpilih, pemilik hanya harus menyiapkan beberapa peralatan pendukung yang mudah didapatkan. Seperti sikat gigi tak terpakai, tisu atau lap kering dan cairan pembersih khusus membersihkan filter AC mobil. Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati sebelum membongkar evaporatornya.

 

Baca juga:

 

2. Membongkar Evaporator AC

Cara membersihkan filter AC mobil selanjutnya adalah membongkar evaporator mobil. Tak perlu bingung untuk mencari karena setiap pengembang mobil pasti meletakkannya di tempat terjangkau. Hal pertama, pemilik perlu mengetahui letak pasti masuk udara blower, umumnya berada di bagian glove box. Buka dengan obeng (+) laci di sisi dashboard.

Setelah terlepas, pemilik akan menemukan satu komponen mobil berbentuk persegi panjang, yaitu filter AC lalu ambil dan keluarkan kotaknya. Agar tidak salah menyemprotkan cairan pembersih, pastikan letak blower di bagian atas atau bawah dengan cara meraba permukaannya. Biasanya dibuat bertumpuk dengan posisi blower AC dibawah filter AC.

3. Memastikan Kondisi Tumpukan Kotoran

Perawatan filter AC yang kurang baik dan tidak rutin akan menyebabkan penumpukan berlebih pada permukaannya. Itulah sebabnya pemilik perlu tahu apakah filter masih layak digunakan atau sebaiknya diganti dengan yang baru. Jika tidak terlalu kotor, cukup menyikat saja dan debu yang menempel akan rontok dengan mudah.

4. Penggunaan Cairan Pembersih AC Khusus

Cairan pembersih ini sangat mudah didapatkan, seperti di bengkel atau online shop. Dalam memilih pun pemilik disarankan untuk menggunakan spray dengan kandungan foam. Kocok kaleng sebelum menggunakannya dan mengarahkan ujung semprotan mendekati blower AC. Hidupkan mesin mobil dan putar blower dalam kecepatan tertinggi selama 5 menit agar evaporator mengeluarkan embun.

Setelah AC dibiarkan menyala selama 5 menit, tekan sprayer yang sudah diarahkan pada blower hingga cairan keluar dan membentuk busa. Jangan kaget jika melihat busa-busa keluar dari lubang ventilasi ketika mendiamkan mesin mobil dalam kondisi hidup, kurang lebih 10 – 15 menit. Sisanya, menguras kotoran yang mungkin masih menempel pada selang ventilasi AC dengan lidi.

 

Baca Juga:

 

 

 5. Masukan Ke Posisi Semula Dan Jangan Pernah Merendam Filter AC

Pastikan hembusan udara didalam mobil telah sejuk dan kencang sesuai pengaturannya, jika begitu maka segala proses pembersihannya telah selesai. Kesalahan terbesar bagi para pemilik yang pertama kali membersihkan filter AC mobil sendiri adalah merendamnya dengan air sabun atau dicuci. Bulu halus yang berada di permukaan filter AC akan hilang dan rusak.

Memiliki penghasilan lebih, tidak ada salahnya membersihkan mobil tanpa repot ke bengkel yang sudah dipercaya. Namun, jika ada cara membersihkan filter AC mobil mudah dan hemat mungkin dapat menjadi pertimbangan. Selain mencari kegiatan tambahan di kala suntuk, pemilik juga lebih memperhatikan kondisi mobilnya sendiri.