Cara Mengatasi Kampas Kopling Habis

Cara Mengatasi Kampas Kopling – Pernah mengalami kondisi gigi transmisi tiba-tiba tersangkut tidak bisa dipindah? Itu bisa jadi karena kampas kopling mobil sudah mulai habis. Ada cara mengatasi kampas kopling mobil habis yang bisa dicoba.

Maka ketika mendapati ada masalah pada kampas mobil, sebenarnya tidak perlu panik dulu. Coba tangani sendiri sebisa mungkin. Kalau memang sudah tidak memungkinkan, baru bisa diperbaiki di bengkel. Berikut cara mengatasi kampas mobil mobil habis termudah yang bisa dilakukan:

Cara Mengatasi Kampas Kopling

1. Buka Tabung Minyak Kopling

Pertama adalah pastikan dulu jika memang kampas kopling mobil dalam kondisi habis. Kampas kopling habis ini salah satunya bisa terjadi karena minyak pada tabung juga sudah habis. Untuk memastikannya silahkan buka saja tabung minyak kopling.

Komponen tersebut kira-kira seukuran dengan tiga jari orang dewasa. Letaknya ada di dalam ruang mesin, depan setir mobil. Setelah tabung berhasil dibuka, cek kondisi volume minyak di dalamnya.

2. Isi Minyak Kopling

Jika memang minyak pada tabung kopling habis, bisa langsung lakukan pengisian. Minyak kopling ini bisa didapatkan di toko-toko perkakas atau peralatan bengkel. Usahakan untuk mengisi minyak kopling yang sesuai. Sebab ada minyak kopling berkode tertentu yang tidak bisa diaplikasikan untuk mobil Eropa.

Kalau sedang dalam kondisi terjepit, minyak kopling yang tidak sesuai boleh digunakan. Asalkan nanti setelah memungkinkan, tabung harus segera dikuras ulang di bengkel. Lalu menggantinya dengan minyak yang sesuai.

 

Baca juga:

 

3. Ganti Oli Transmisi Jika Kopling Belum Menunjukkan Perbaikan

Ada lagi cara mengatasi kampas kopling mobil habis yang lainnya yaitu mengganti oli transmisi. Jika minyak kopling sudah diisi namun belum menunjukkan tanda perbaikan, mungkin bisa dicoba dengan mengganti oli transmisi. Sebagai informasi saja, oli transmisi ini harus diganti secara berkala. Pemilik mobil tidak jarang yang malah meremehkan hal ini.

Oli transmisi yang dipakai untuk mengganti pun sebaiknya yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Lagipula biaya yang diperlukan untuk mengganti oli transmisi sebenarnya tak seberapa besar. Pasalnya oli yang dibutuhkan untuk penggantian hanya sekitar 3 liter saja.

4. Setel Ulang Ke Bengkel Spesialis Kopling

Ketika minyak maupun oli transmisi sudah diperbaiki namun kopling masih bermasalah, bisa jadi karena penyebab lain. Daripada bingung, coba pergi ke bengkel mobil untuk mencoba melakukan pengecekan. Biasanya bengkel mobil akan melakukan langkah penyetelan kopling. Proses penyetelan kopling ini bertujuan untuk merapatkan kembali komponen yang longgar.

Langkah penyetelan kopling ini mungkin hanya bisa dilakukan oleh orang-orang profesional. Tapi tidak ada salahnya pengguna mencobanya sendiri, walaupun pastinya tidak akan mudah. Daripada nanti malah timbul kerusakan lebih parah, pergi ke bengkel mobil sepertinya terdengar lebih aman.

 

Baca Juga:

 

5. Ganti Seluruh Komponen Kopling

Bila memungkinkan, ketika kampas mobil habis bisa dilakukan langkah penggantian seluruh komponen kopling. Cara ini bisa diterapkan jika minyak pada tabung sudah diisi, oli transmisi juga sudah diganti. Bahkan sudah disetting ulang, namun kopling tetap tidak mau berjalan dengan baik. Mungkin saja kondisi kampas mobil memang sudah harus diganti.

Biaya mengganti komponen kopling memang cukup mahal. Bekisar antara 6 hingga 8 jutaan tergantung tipe modelnya masing-masing. Jika tidak mau terlalu mahal, bisa juga dengan membawanya ke bengkel pantek kopling. Biasanya di sana akan diperbaiki secara parsial, sehingga biaya yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

Itulah tadi bagaimana cara mengatasi kampas kopling mobil habis. Kampas mobil yang habis ini akan menyebabkan banyak masalah. Jika dibiarkan akan mengganggu stabilitas performa mobil. Coba gunakan cara-cara di atas sebagai langkah alternatif.