Tips dan Cara Membersihkan Karpet Mobil

Tips dan Cara Membersihkan Karpet Mobil – Tidak hanya rumah yang mempunyai karpet, Mobil juga memiliki karpet tersendiri. Teksturnya yang berbeda juga terdapat kesulitan tersendiri kala mencucinya. Maka dari itu diperlukan tips dan cara membersihkan karpet mobil dengan baik sehingga kebersihan mobil tetap terjaga dan enak dipandang.

Jika musim hujan datang pasti mobil akan kena imbas. Datangnya hujan membuat karpet mobil yang selalu dipijak menjadi lebih kotor dua kali lipat ketimbang musim panas. Menempelnya tanah liat dan kotoran lainnya, hal itu tentu perlu sekali membersihkan karpet mobil secara rajin. Simak berikut adalah tips dan cara membersihkan mobil dengan mudah.

Tips dan Cara Membersihkan Karpet Mobil

 1. Mengeluarkan Karpet

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika membersihkan mobil adalah mengeluarkan terlebih dahulu karpet mobil yang kotor tersebut. Tidak direkomendasikan untuk membersihkan karpet didalam mobil, karena hal tersebut akan membuat kotoran yang ada di karpet tersebar kemana-mana. Alhasil menjadi bertambahnya pekerjaan.

2. Menaruh Sabun Pada Karpet

Setelah mengeluarkan karpet maka langkah selanjutnya membasahi karpet dengan air mengalir. Kemudian memberikan sabun atau sampo pada bagian karpet yang terkena kotoran. Seperti mencuci pada umumnya, apabila noda atau kotoran sangat membandel maka sabun yang diberikan harus sesuai dengan nodanya.

3. Menyikat Karpet

Cara membersihkan karpet mobil yang ketiga adalah menyikat karpet yang terdapat nodanya. Untuk noda yang kecil perlu menggunakan sikat kuas yang bentuknya lebar dan untuk membersihkan noda yang membandel maka sikat yang kuasnya sangat kuat dan tebal. Walaupun harus kuat dalam menyikat karpet, namun perlu kehati-hatian karena menggosok terlalu keras dapat memberikan merusak karpet.

4. Membilas dan Menjemur Karpet

Setelah menghilangkan noda dengan menyikatnya kemudian karpet perlu dibilas hingga bersih dan busa sabun yang menempel hilang. Setelah membilasnya, karpet harus dikeringkan dengan cara dijemur. Cara menjemur karpet sebaiknya jangan terkena sinar matahari secara langsung, karena hal itu warna yang terdapat di karpet akan menjadi pudar. Selain itu apabila karpet dengan jenis bahan karet mengeringnya dengan angin, sedangkan jika karpet jenis bludru harus dilap sebelumnya.

Baca Juga:

 

5. Di Vacum Agar Debu Menghilang

Ini juga menjadi hal yang penting kala membersihkan karpet mobil. Karena sebagian orang mengabaikan dan tidak melakukannya. Sebelum menaruh karpet kedalam mobil, tentu alangkah baiknya dalam mobil harus di vacum, kalaupun tidak divacum juga dapat disapu atau di lap. Agar bagian dasar tidak banyak debu yang menempel di karpet yang telah dibersihkan tadi. Setelah bersih karpet dapat diletakkan.

6. Mencucinya Secara Teratur

Karpet bersih namun hanya satu kali dicuci itu sangat tidak bagus, karena kuman akan menempel pada karpet dan noda yang menempel pun akan mengganggu kenyamanan. Perlu sekali membuat target atau rencana membersihkan karpet mobil dengan rajin, seperti 3 minggu sekali atau satu bulan dua kali. Tidak perlu terlalu sering, yang menjadi hal utama rajin dan penuhi rencana maka suasana dalam mobil akan memberikan kenyamanan.

Membersihkan karpet mobil merupakan suatu hal yang wajib bagi pengemudi mobil. Dari cara diatas, tidak sulit bukan membersihkan karpet mobil. Mudah dan sederhana seperti mencuci baju dan barang pada umumnya. Perbedaannya tergantung pada bahan karpet yang digunakan. Apakah karet atau beludru, karena hal itu akan memberikan perbedaan kala menjemur atau mengeringkannya.

Itulah tips dan cara membersihkan karpet mobil yang mudah dan sederhana untuk dilakukan dirumah. Sangat bermanfaat bukan. Dengan membersihkan karpet mobil maka kenyamanan dan keindahan mobil juga akan terjaga. Jika hal tersebut dilakukan pengendara atau penumpang mobil pun akan merasa bersih.