Penyebab HP Lama Mengisi Daya Yang Perlu Diketahui

Penyebab HP Lama Mengisi – Teknologi canggih bernama HP merupakan benda yang menjadi sarana mempermudah aktivitas manusia sehari-hari. Namun terkadang tanpa diduga sering ada permasalahan pada hp seperti lama mengisi daya baterai. Tentu ini sangat mengganggu karena untuk menghidupkan hp dibutuhkan daya listrik. Lantas apa penyebab hp lama mengisi daya tersebut? Mari simak penjelasan berikut:

Penyebab HP Lama Mengisi

Penyebab HP Lama Mengisi Daya Yang Perlu Diketahui Agar Bisa Mengatasinya

1. Kabel USB Bermasalah

Salah satu penyebab HP lama mengisi daya adalah terjadi kerusakan pada kabel USB sebagai sarana penghantar aliran listrik. Penyebab kerusakannya biasanya karena kurang menjaga sehingga asal-asalan dalam melakukan penyimpanan. Tentu apabila asal-asalan saat menyimpan akan mengakibatkan kabel putus pada bagian dalam.

Permasalahan selanjutnya juga bisa terjadi karena menggunakan kabel USB berkualitas rendah atau KW. Penggunaan kabel usb dengan kualitas buruk selain memperlambat pengisian daya listrik juga dapat merusak komponen baterai. Oleh karena itu lakukan perawatan dan jika membeli baru pastikan kualitasnya baik serta original.

2. Adaptor Mengalami Kerusakan

Penyebab lamanya melakukan pengisian daya pada hp juga dapat terjadi karena adaptor mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada kepala charger ini juga dapat menjadikan kualitas baterai semakin menurun. Alhasil apabila lama-lama digunakan akan bisa mengakibatkan baterai malah melembung dan mudah drop.

Ciri-ciri adaptor mulai mengalami tanda-tanda kerusakan adalah baterai tidak penuh bahkan dicharge dalam waktu lama bahwa malah mengurangi daya. Permasalahan seperti ini bisa juga karena umur adaptor yang sudah terlalu lama atau sering digunakan dengan mainan HP. Jadi ketika melakukan pengisian sebaiknya matikan hp dan dipakai jika sudah penuh.

 

Baca juga:

 

  1. Melakukan Pengisian Daya Sambil Bermain HP

Menggunakan hp sambil dicharge dalam durasi waktu berjam-jam merupakan salah satu hal yang menjadikan baterai lama melakukan pengisian daya. Hal ini disebabkan karena terjadinya arus keluar dan masuk secara tidak seimbang. Apalagi sambil menggunakan bermain game berat, tentu akan semakin memperlambat hp mengisi daya 100 persen.

Selain itu, menggunakan sambil di charge lama kelamaan menjadikan baterai menjadi panas sehingga proses aliran menjadi terganggu. Oleh karena itu selalu pastikan untuk tidak memainkan hp saat melakukan pengisian baterai. Akan lebih baik kalau mematikan koneksi internet sehingga pengisian daya cepat penuh dan aman.

4. Konektor Charger HP Rusak

Penyebab berikutnya yang menjadikan hp mengalami permasalahan saat mengisi daya adalah terjadinya kerusakan pada konektor charger. Hal ini disebabkan karena sering gonta-ganti usb charge yang tidak sesuai atau mempunyai kualitas rendah. Bisa juga karena cara memasukkan usb charge dengan kasar sehingga konektor menjadi patah atau goyah.

Tentu saja apabila konektor mengalami kerusakan harus melakukan pergantian di konter berpengalaman. Sebab apabila dibiarkan akan menghambat proses pengisian daya yang bisa saja malah tidak mau mengisi daya. Jadi, sebisa mungkin untuk menggunakan kabel usb bawaan hp dan tidak gonta-ganti charger.

 

Baca juga:

 

5. Kondisi HP Tua

Faktor yang lain yang menjadikan pengisian daya lama adalah karena usia hp yang sudah terlalu lama atau jadul. Selain komponen konektor charge yang melemah juga kondisi baterai yang sudah mengalami kualitasnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka gantilah hp baru yang saat ini banyak dijual di pasaran dengan harga murah namun berkualitas baik.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab HP lama mengisi daya yang harus diketahui bagi pemilik handphone. Jika sudah mengetahui penyebab-penyebabnya, maka semaksimal mungkin untuk menghindari dan rajinlah untuk merawat dan menggunakan hp dengan baik.