Mobil SUV Paling Irit Di Pasar Indonesia

Mobil SUV Paling Irit Di Pasar Indonesia – SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan kendaraan hasil kombinasi dari tipe mobil off road dan mobil berpenumpang. Dengan tampilan besar, mobil SUV memberikan kesan yang kokoh dan tangguh. Selain nyaman dikendarai bersama keluarga, mobil SUV juga layak diajak untuk berpetualang di alam liar. Harganya memang tidak murah, namun ada banyak SUV yang ternyata irit. Berikut 5 mobil SUV paling irit di pasar Indonesia.

Mobil SUV Paling Irit Di Pasar Indonesia

1. Honda CR-V

Salah satu mobil SUV paling irit terpopuler d Indonesia adalah Honda CR-V. Teknologi terkini yang diusung Honda CR-V, salah satunya yaitu VTEC Turbo, dipadukan dengan mesin 4 silinder 1500 cc dan 6 katup. Hasilnya, kekuatan yang dimiliki mobil ini setara dengan kekuatan mesin berkapasitas 2000 cc. Selain itu, bahan bakar yang digunakan pun bisa diefisiensikan dengan baik.

Dibanderol dengan harga termurah sekitar 480 juta rupiah, Honda CRV menjadi salah satu andalan mobil keluarga di Indonesia. Selain karena desainnya yang elegan dan tak lekang oleh zaman, bahan bakar yang dikonsumsinya pun irit. Dengan rasio konsumsi sebesar 17 km/1, beserta city trip berjarak 13, 8 km untuk 1 liter BBM, mobil ini sangat layak dipilih.

2. Nissan X Trail

Mengusung konsep City Cruiser, Nissan X Trail menjadi salah satu idaman masyarakat perkotaan di Indonesia. Mobil ini dilengkapi dengan transmisi yang halus tanpa tercela. Transmisinya diatur sedemikian rupa supaya mengurangi gesekan sehingga serasi dengan putaran rpm-nya. Hal ini tentu menjadikan mobil ini SUV ternyaman dan membuatnya berada di posisi puncak idaman pecinta SUV.

Nissan X Trail juga dibangun dengan mesin 4 silinder 2500 cc dengan 16 katup yang tentu saja membuatnya irit bahan bakar. Tenaga maksimum yang dihasilkan yaitu 171 hp serta kekuatan tanjak 23,8 kg-m. Catatan BBM yang mencapai angka 16,8 km/ liter serta harga jual yang sangat kompetitif di angka 547,7 juta rupiah, SUV ini adalah idola di kelasnya.

3. Mazda CX-5

Setelah sukses memperkenalkan beberapa varian mobil yang hemat bahan bakar, termasuk tipe sedan dan hatchback, kini giliran SUV dari Mazda. Ya, Mazda CX-5 merupakan varian SUV dari Mazda memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Dengan 4 silinder inline mesin SKYACTIV serta DOHC 16 katup yang diusungnya, Mazda CX-5 ini menghasilkan tenaga 190 hp serta torsi 251 Nm.

Disertai catatan konsumsi BBM di angka 11,8 km/ liter di jalanan kota, tak heran jika Mazda CX-5 sempat meraih gelar mobil SUV paling irit tahun 2019. Kini didesain dengan konsep Soul of Motion, wajah garang mobil ini tetap memiliki kesan elegan dan eye catching. Dibanderol di kisaran harga mulai dari 500 jutaan, pengguna Mazda CX-5 cukup puas dengan keiritannya.

 

Baca Juga:

 

4. Hyundai Santa Fe

Mobil pabrikan Korea Selatan ini memiliki tingkat konsumsi bahan bakar sekitar 14,7 km/jam hingga 18,8 km/jam. Artinya, Hyundai Santa Fe ini sangat irit di kelasnya. Dengan mesin turbo 2199 cc yang mampu terbang pada 100 km/jam dalam 8,9 detik, SUV ini menarik perhatian di Indonesia. Dengan lekukan yang membuatnya tampak kekar, SUV ini dijual di kisaran 520 jutaan.

5. Renault Duster

Meski tampilannya tak sebesar beberapa SUV merk lain, namun mobil pabrikan Perancis ini sangat irit. Diantara semua SUV, Renault Duster mencatatkan 1 liter BBM untuk 21,8 km. Angka yang cukup luar biasa dibandingkan rasio konsumsi SUV lainnya. MAklum saja, mesin 1500 cc dengan torsi di angka 200, mobil ini sangat bertenaga. Dibanderol cukup murah di kisaran 270 jutaan, SUV ini layak diberi label murah dan irit!

Itulah kelima mobil SUV paling irit. Semuanya bisa diperoleh di pasar Indonesia dengan mudah. Jika ingin membeli SUV irit, pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kantong ya!