Mengetahui Cara Membaca Ukuran Ban Mobil Sangat Penting, Simak Ulasannya

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil – Pada mobil, ban adalah komponen penting, kondisi ban mobil yang  tidak layak harus segera diganti agar mencegah kecelakaan sebab banyak kecelakaan yang disebabkan ban mobil. Keadaan ban yang bocor bisa terjadi kapan saja, oleh karena itu harus tahu ukuran ban mobil untuk memudahkan jika tidak ada ban cadangan. Tentu bisa dibawa ke bengkel namun tetap harus memastikan ukurannya sesuai agar aman, berikut cara membaca ukuran ban mobil.

Membaca Kode Ban Mobil Mudah

Pihak produsen  sudah mencantumkan ukuran serta detail lainnya pada sisi terluar ban agar bisa mengetahui cara membaca ukuran ban mobil. , terdapat kode ban di setiap ban mobil  berikut cara membacanya :

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

1. Cek Sisi Terluar Ban Mobil

Terdapat kode deretan angka dan huruf pada ban terluar yang mewakili detail tertentu pada ban. Detail tersebut menunjukkan tekanan beban maksimal yang dapat ditahan ban. Selain itu juga menunjukkan tekanan udara yang dibutuhkan dan ukuran ban.

1. Lebar Ban

Untuk mengetahui cara membaca ukuran ban mobil, harus bisa membaca arti dari setiap kode pada ban mobil. Misal kode pada ban mobil adalah 205 / 65R15 95H maka setiap kode bisa dibaca. Dari kode 205/65R15 95H, angka 205 yang terletak di depan tapak ban mobil. Ini menunjukkan bagian lebar dalam ban mobil dalam satuan milimeter.

2. Tinggi Ban

Dari kode 205/65R15 95H, angka 65 itu menunjukkan tingginya 65% dari lebarnya. Angka 65  merupakan perbandingan tinggi dan lebar ban mobil. Jarak antara tapak ban dengan bibir velg pun semakin dekat apabila angka yang tercantum semakin kecil.

3. Kontruksi Ban

Dari kode 205/65R15 95H, huruf R itu menunjukkan kontruksi ban dengan tipe ban lapisan radial. Ada juga tipe diagonal, tipe RFT (Run Flat Tyre) atau tipe bias. Jadi pastikan memahami setiap kode terlebih dahulu saat memilih ban yang benar.

4. Roda

Mengetahui ukuran roda itu sangat penting, apalagi jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Dari kode 205/65R15 95H, angka 15 itu 15 inci. 15 inci tersebut menunjukkan diameter nominal penggunaan pelek roda. Jika sudah mengetahui pelek roda juga akan mudah mengetahui ukuran ban mobil yang dimiliki.

5. Kecepatan Ban

Dari kode 205/65R15 95H, angka 95 H itu menunjukkan simbol yang menunjukkan kecepatan ban yang secara aman dapat dioperasikan dan kapasitas maksimum beban. H adalah kecepatan maksimum 210 kmh sedangkan angka 95 adalah beban maksimum 690 kg per ban.

Membaca Kode Lainnya

Setelah mengetahui kode pada ban, cara membaca ukuran ban mobil dapat dilakukan dengan membaca kode tamnahan lainnya. Setiap ban mobil pasti terdapat kode tambahan lainnya seperti :

  • Kode ‘DOT’ yang menunjukkan ban telah memenuhi standar keamanan ban, DOT adalah kode kelayakan dari Departemen of Transportation.
  • Kode H yang akan menunjukkan batas kecepatan maksimum ban mobil. Batas kecepatan maksimum ban mobil yang ditujukkan dengan kode H, hanya 210 km/jam.
  • Terdapat kode yang tertinggi yaitu: Y(> 300 km/jam), kode T (190 km/jam), dan kode S (180 km/jam).

Traction Rating dan Tread Wear Indikator

Tread Wear Indikator menunjukkan tingkat keawetan ban mobil, semakin tinggi nilainya maka semakin awet ban itu. Sebaliknya semakin kecil nilainya maka keawetan ban mobil juga tidak bertahan lama. Contohnya ban A memiliki Tread Wear 220 sedangkan ban B memiliki Tread Wear 320. Bisa disimpulkan jika Ban A tidak bertahan lama dibandingkan Ban B, Ban B tentunya lebih awet karena nilainya lebih tinggi.

Traction Rating menunjukkan ketahanan ban mobil Saat mencengkram permukaan yang basah. Tingkat ketahanan ban mobil dapat dilihat dari kode huruf seperti AA yang berarti sangat baik. Ada juga A yang berarti baik, B yang berarti sedang dan C artinya buruk.

Itulah beberapa cara membaca ukuran ban mobil yang bisa diikuti jika ingin mengetahui ukuran ban mobil. Diharapkan dengan memahami ukuran ban mobil dapat meminimalisir kesalahan dan menjaga keamanan penumpang mobil. Menjadi seorang pemilik mobil tentunya harus memahami detail kebutuhan para mobilnya terutama bannya.