Cara Video Youtube Tidak Bisa di Download Offline

 Cara Video Youtube Tidak Bisa di Download Offline – Sebagai salah satu situs berbagi video yang tersohor membuat youtube memberikan beragam kebijakan untuk penggunanya. Tujuannya agar pengguna tetap merasa nyaman saat menggunakannya. Salah satunya yakni tidak dapatnya didownload offline konten video. Karenanya disediakan cara agar video youtube tidak bisa di download offline ini sangat mudah untuk dilakukan.

Biasanya video youtube yang tidak dapat di download offline banyak ditemukan pada chanel-chanel besar. Bisa juga ditemukan di channel youtube musik karena terkait hak cipta. Semua hal itu mengharuskan penggunanya untuk mengubah pengaturan menjadi tidak dapat di download offline. Apalagi cara agar video youtube tidak bisa di download offline ini mudah untuk dilakukan.

 

Cara Video Youtube Tidak Bisa di Download Offline

Cara agar Video Youtube Tidak Bisa Di Download Offline

Seperti yang sudah disinggung tadi kalau cara agar video youtube tidak bisa di download offline tidak sukar dilakukan. Tidak harus chanel besar yang sudah mempunyai banyak subscriber, tapi chanel yang sedang merintis pun juga bisa menerapkannya. Karena seperti yang tadi dikatakan, kalau youtube ingin memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Salah satunya dengan mempermudah pengaturan.

1. Masuk Ke Youtube Studio

Masuk ke studio youtube merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Terlebih dahulu pengguna masuk ke www.youtube.com melalui laptop yang dimiliki. Sebenarnya cara agar video youtube tidak bisa di download offline ini bisa juga diterapkan menggunakan hp. Namun, akan lebih mudah dan efisien jika cara ini diterapkan dengan menggunakan laptop.

Kalau sudah masuk ke youtube.com, maka pengguna tinggal klik foto profil yang dimilikinya. Kemudian ke menu youtube studio, dan klik menu tersebut. Nantinya di situ akan ada banyak sekali pengaturan yang dapat dipilih, dan pengaturan video dapat di download ini juga menjadi salah satunya. Tunggu beberapa saat, sampai halaman pengaturan muncul.

2. Pilih Menu Konten

Nantinya ketika pengguna sudah melihat menu utama pengaturan dari youtube studio, maka tinggal memilih menu konten. Karena nantinya di sini pengguna dapat mengatur konten yang sudah di upload sebelumnya dan sudah ditayangkan untuk diganti pengaturannya. Tenang saja pengaturan pergantian ini dapat dilakukan dengan cepat, sebelum maupun sesudah video tersebut ditayangkan.

Kalau bisa cari video yang sudah dimonetisasi. Tujuannya agar orang tidak mendownload video tersebut, dan menonton nya secara langsung. Jadi dapat menghasilkan uang dengan cepat dari video tersebut. Namun untuk video yang belum dimonetisasi, cara ini juga dapat diterapkan. Sama mudahnya, dan sama cepatnya jadi pengguna tidak perlu risau akan dipersulit.

3. Memilih Menu Edit

Kemudian pengguna hanya tinggal memilih menu edit yang ada di konten tersebut. Menu edit pada video dilambangkan dengan lambang pensil. Di menu pengaturan ini terdapat banyak pengaturan yang dapat dijadikan pilihan. Dari mulai mengubah pengaturan bentuk, dan resolusi video sampai mengubah lisensi dan distribusi yang dimiliki oleh video.

Pengaturan lisensi dan distribusi inilah yang berkaitan dengan pengaturan penyebaran video. Jadi dari situ pengguna dapat mengatur apakah videonya ingin di download atau tidak. Sebagai catatan, pengaturan ini letaknya di bawah. Jadi pengguna harus menggulirnya terus sampai ketemu pengaturan ini, dan pasti pengaturan ini ada. Hanya memang letaknya ada di bawah.

4. Mengubah Pengaturan Lisensi dan Distribusi

Seperti yang dikatakan tadi kalau pengaturan video youtube yang dapat di download atau tidak ini pengaturannya ada di lisensi dan distribusi. Secara lebih spesifik pengaturannya ada di distribusi. Nanti pengguna dapat menggunakan pengaturan “video hanya tersedia di platform yang sudah dimonetisasi.” Udah pengaturan distribusi menjadi seperti itu supaya video tidak dapat didownload.

Kemudian pengguna juga dapat menggunakan pengaturan lain terkait dengan penyematan video. Jadi di sini kalau seandainya ada pengguna lain ingin menyematkan link video youtube yang dimilikinya, hal tersebut tidak dapat dilakukan. Dengan begitu penyebaran video dapat dikontrol dengan baik, dan tidak perlu khawatir soal pembajakan dari link video yang disebar.

5. Menyimpan Pengaturan

Kalau semua sudah diatur dengan baik, dari mulai penyebaran sampai penyematan maka wajib untuk menyimpannya. Karena percuma saja kalau pengaturan sudah dilakukan dengan baik, namun tidak disimpan. Nantinya pengaturan ini akan hilang lagi, dan pengguna harus melakukan pengaturan ini dari awal. Tentunya hal tersebut cukup merepotkan dan membuang waktu pengguna.

Meskipun memang pengaturan ini dapat dilakukan dengan mudah, tapi tetap saja kalau harus mencobanya dari awal maka hal tersebut cukup merepotkan. Karena itu pastikan untuk menyimpan semua pengaturan ini dengan baik. Supaya pengguna tidak perlu repot lagi melakukan pengaturan dari awal. Kalau sudah disimpan, maka pengaturan tidak akan berubah kecuali jika kembali diubah.

6. Melakukan Pengecekan

Terakhir dari semua cara agar video youtube tidak bisa di download offline adalah melakukan pengecekan. Di sini pengguna dapat mengecek apakah videonya masih dapat di download atau tidak. Tentunya pengecekan ini dengan menggunakan akun youtube lain. Jangan menggunakan akun youtube yang sama dengan pengaturan. Karena nantinya hasil dari pengaturan ini tidak dapat terbaca.

Dengan menggunakan akun youtube lain, pengguna mengecek ke konten yang dimilikinya tadi. Kemudian lihat di situ apakah dapat di download. Nantinya pengguna akan melihat, video yang sudah diaturnya tidak dapat di download. Tentu saja hal ini menandakan bahwa pengaturan berhasil. Jadi kalau ingin mengatur video agar tidak dapat di download, gunakan semua cara yang sudah disebutkan di atas.

Alasan Video Youtube Tidak Bisa Di Download Offline

Tentunya banyak pengguna yang sebenarnya merasa terganggu ketika video tidak bisa didownload offline. Karena memang banyak pengguna yang ingin menikmati video ini berulang kali, tanpa harus menggunakan kuota sama sekali. Hanya saja para penyebar video tidak melakukan ini tanpa alasan. Ada beberapa alasan yang mendasari, mengapa video youtube tidak bisa di download offline oleh pengguna.

1. Privasi

Pertama adalah privasi yang memang ingin sangat dijaga oleh pembuat video. Oleh karena itu akhirnya creator mempelajari bagaimana cara agar video youtube tidak bisa di download offline. Jadi nanti videonya tidak dapat disimpan di youtube, dan kemungkinan menyebarnya menjadi semakin kecil. Karena memang privasi ini terkadang sangat mudah raib, apabila sudah berurusan dengan internet.

Jadi sebagai bagian dari tindakan meminimalisir terjadinya penyebaran video yang terlalu meluas, dibuatlah pengaturan ini. Tujuannya agar video tetap dapat dipantau privasinya, dan tidak menyebar dengan terlalu luas. Dengan begitu, pemilik dan pembuat video tidak perlu khawatir akan penyebaran yang mungkin saja dapat terjadi dengan sangat luas dan cepat.

2. Hak Cipta

Pernah tidak memperhatikan, kalau rata-rata video yang tidak dapat didownload adalah video musik. Hal ini terjadi ternyata bukan tanpa alasan. Melainkan karena hak cipta yang dimiliki oleh musik tersebut, menyebabkan video tidak dapat didownload secara sembarangan. Karena kalau didownload sembarangan, itu sama saja dengan pembajakan dan sangat merugikan bagi creator.

Karena seperti yang diketahui bahwa membuat sebuah video itu bukanlah hal yang mudah. Jadi maklum jika banyak orang yang ingin melindungi videonya, juga hak cipta yang dimilikinya. Oleh sebab itu salah satu alasan mengapa video youtube tidak dapat didownload offline adalah untuk melindungi hak cipta yang dimiliki oleh video tersebut.

3. Kebijakan Pembuat Video

Selanjutnya adalah alasan mengapa video youtube tidak dapat didownload offline, karena sudah menjadi peraturan ataupun kebijakan pembuat video. Biasanya banyak alasan yang mendasari kenapa pembuat video ingin agar videonya tidak didownload, dan dua alasan di atas bisa menjadi beberapa faktornya. Kalau sudah seperti ini, maka pihak youtube tidak dapat melakukan apapun.

Karena meskipun youtube merupakan tempat untuk bernaung dari video tersebut, namun tetap saja hak video yang diupload dipegang sepenuhnya oleh pemilik video. Jadi, percuma saja jika pengguna ingin mengadukan hal tersebut kepada youtube dengan alasan apapun. Youtube tidak akan pernah dapat mengubah pengaturannya, kecuali atas izin dari si pemilik video.

4. Ingin Menghapus Video

Hal ini mungkin bagi sebagian orang membingungkan, namun nyatanya hal ini bisa terjadi. Apabila seseorang mengupload videonya, dan ingin menghapusnya dengan segera tentu orang tersebut tidak ingin adanya penyebaran yang masif pada video tersebut. Oleh karena itu pemilik video membuat pengaturan sehingga pengguna lain tidak dapat mendownload video yang dimilikinya.

Biasanya hal ini dilakukan juga untuk menjaga keamanan dari pemilik video. Kejadian seperti ini bukan satu ataupun dua kali terjadi di youtube, melainkan sering. Jadi sebenarnya sudah bukan sesuatu yang aneh. Jadi, apabila bertemu dengan video yang bagus namun tidak dapat didownload di youtube, maka mungkin saja alasannya karena video tersebut ingin segera dihapus.

5. Mencegah Tindak Kejahatan

Mungkin sudah bukan rahasia umum lagi jika di internet banyak sekali terjadi tindak kejahatan, seperti penyebaran video tanpa izin, dsb. Tentu saja pemilik video ingin mencegah hal itu terjadi, sehingga lebih baik dihalangi sebelum video menyebar dengan cepat. Karena itu banyak yang menghalangi videonya agar tidak dapat didownload oleh pengguna.

Karena ditakutkan kalau dapat didownload dengan mudah, maka penyebaran video akan sangat cepat dan masif. Akhirnya banyak pengguna yang menggunakan cara agar video youtube tidak bisa di download offline. Sebab tidak ingin videonya disebarkan dengan tidak bertanggung jawab. Apalagi kalau sampai dibuat untuk sesuatu yang tidak sesuai, dan criminal.

6. Tidak Ingin Income nya Terganggu

Terakhir adalah pembuat video tidak ingin incomenya terganggu. Karena kalau videonya bisa didownload, maka tentu pengguna bisa menontonnya secara terus menerus tanpa mengeluarkan kuota. Selain itu juga kalau pengguna menontonnya lewat offline, maka tentu tidak akan terbaca datanya di youtube. Hal itu akan mempengaruhi pendapatan dari pembuat video, dan itu sifatnya merugikan.

Karena kalau pengguna menontonnya secara offline, maka data penontonnya tidak akan meningkat. hal itu tentu akan membuat pembuat video tidak mendapatkan pendapatan. Jadi merugikan pembuat video, karena percuma saja pengguna menonton videonya berulang-ulang kalau tidak terdata dengan baik di youtube, dan tidak menambah penghasilannya.

Jadi itulah beberapa alasan mengapa akhirnya banyak orang yang mempelajari bagaimana cara agar video youtube tidak bisa di download offline. Bagi pengguna yang apabila juga ingin membuat videonya tidak bisa di download offline,maka dapat menggunakan cara di atas. Karena caranya tidak sukar untuk dilakukan, dan mudah dipahami.