Cara mengaktifkan YouTube Kembali dengan Cepat

Cara mengaktifkan YouTube Kembali – Terkadang media sosial seringkali menjadi sumber tekanan bagi para penggunanya khususnya pada bagian mental. Bahkan beberapa orang berupaya untuk menjauhkan media sosial dari kehidupannya. Contohnya seperti menonaktifkan aplikasi sosial media YouTube. Jika sudah pernah dinonaktifkan, lalu bagaimana cara mengaktifkan YouTube kembali? Simak caranya dalam penjelasan berikut:

YouTube yang Dinonaktifkan

Pada sebuah smartphone android pasti akan selalu ditemui aplikasi YouTube, kecuali smartphone buatan Huawei. Smartphone dari brand Huawei sendiri tidak memiliki YouTube karena tidak memiliki akses terhadap Google Services yang izinnya diputus oleh Google. Selain daripada itu, semua smartphone dipastikan memiliki YouTube didalamnya.

Hal ini dikarenakan YouTube merupakan sebuah aplikasi berbagi video yang dimiliki oleh YouTube. Begitu juga dengan Android yang merupakan sistem operasi milik Google. Dengan tahtanya sebagai pemilik android, google bebas melakukan apa saja padanya termasuk dengan memasukkan aplikasi YouTube. Jadi jangan heran jika banyak aplikasi google lain yang otomatis terpasang pada HP baru.

Meskipun memudahkan pengguna agar tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, ada juga yang merasa keberatan. Sebagian pengguna yang tidak menyukai aplikasi-aplikasi bawaan tersebut bahkan lebih memilih untuk menonaktifkannya.

 

Cara mengaktifkan YouTube Kembali

Alasan Menonaktifkan YouTube

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak semua orang nyaman dengan adanya aplikasi YouTube yang sudah terinstall otomatis. Beberapa diantaranya ada yang lebih menginginkan aplikasi yang lebih minim. Ada juga yang memiliki alasan khusus kenapa tidak ada YouTube di smartphonenya. Berikut adalah beberapa alasan kenapa orang menonaktifkan YouTube:

1. Aplikasi Kurang Bermanfaat

YouTube menurut sebagian besar orang merupakan sebuah platform video yang cukup bermanfaat. Aplikasi tersebut bahkan sangat membantu saat orang kesulitan dalam melakukan sesuatu. Contohnya seperti mencari cara untuk mendapatkan pekerjaan, cara membuat baju, dan lain-lain. Di sanalah banyak ide bermanfaat bisa didapatkan oleh banyak orang sehingga aplikasi itu cukup disukai.

Namun tidak semua orang merasakan demikian, ada sebagian orang yang beranggapan aplikasi ini tidak bermanfaat. Banyak yang menilai, kini YouTube bukan lagi aplikasi untuk berbagi video seperti dulu yang diisi oleh kreator. Sekarang YouTube lebih banyak dihuni oleh artis-artis yang sudah terkenal untuk lebih menambah kembali pundi-pundi uang mereka. istilah lainnya yang disebut sebagai money oriented.

2. Menyita Waktu Pengguna

Saat menonton YouTube biasanya orang tidak akan menghabiskan waktu yang singkat. Algoritma yang digunakan YouTube sengaja memberikan rekomendasi-rekomendasi video yang relevan agar penggunanya betah. Sehingga pengguna bisa lebih lama berada dalam aplikasi YouTube dalam waktu yang lama.

Video-video yang sekarang beredar juga memiliki durasi yang tidak bisa dibilang sebentar, sehingga cukup menyita banyak waktu.                                                                                                                                             Inilah hal yang paling dibenci oleh sebagian orang ketika mereka mengingat telah menghabiskan banyak waktu untuk berada dalam aplikasi tersebut.

3. Menghabiskan Daya

Penggunaan aplikasi YouTube yang dilakukan dalam waktu yang lama cukup menguras daya smartphone. Itu sangatlah wajar apabila dilakukan dengan pemakaian sadar, namun jika itu terjadi tanpa pemakaian yang berarti tentu saja menyebalkan. Pada sebagian smartphone yang bermasalah pada aplikasi Youtubenya bisa mengurangi kapasitas baterai dengan cepat meskipun tidak dipakai.

Ada solusi yang lebih baik untuk menangani hal tersebut yaitu dengan memperbaharuinya kedalam versi yang terbaru. Tetapi, jika sudah dilakukan segala cara dan tetap tidak berhasil maka langkah terakhir yang harus ditempuh adalah menonaktifkannya. Melalui itu YouTube tidak bisa bekerja di latar belakang lagi sehingga tidak akan menguras baterai dengan cepat lagi.

4. Menghabiskan Storage

Dalam aplikasi YouTube terdapat banyak sekali pilihan video untuk ditonton dari berbagai macam kontren creator. Mulai dari channel makanan, channel bertema olahraga, hingga channel bertema otomotif juga ada. Banyaknya pilihan tersebut membuat orang betah berlama-lama menghabiskan waktunya menyelami YouTube sampai merasa bosan.

Namun dibalik itu semua ada banyak sampah-sampah yang bisa menumpuk seiring waktu di smartphone pengguna. Belum lagi video-video yang diunduh dan disimpan di YouTube dengan jumlah yang banyak. Itu semua akan sangat menguras memori smartphone pengguna. Alangkah baiknya untuk selalu memperhatikan jumlah cache di smartphone secara rutin untuk mengurangi cache.

5. Malas Membaca Komentar Netizen

Orang yang berkarir di media sosial seperti YouTube, pastinya pernah membuat suatu kesalahan. Baik itu kesalahan besar maupun kesalahan sekecil apapun pasti akan terlihat di mata netizen. Ini bisa menimbulkan suatu cyber bullying dari netizen kepada pembuat konten. Dampak terbesarnya akan sangat dirasakan bagi pembuat konten yang tidak memiliki kekuatan mental yang besar.

Alhasil mereka lebih memilih untuk melenyapkan komentar negatif atau bahkan menonaktifkan kolom komentar. Ada juga pilihan yang lebih ekstrim lainnya adalah dengan menonaktifkan YouTube mereka. Biasanya ini dilakukan ketika mereka merasa sangat tertekan dan baru akan kembali saat mentalnya kembali membaik dan siap akan tekanan netizen.

Cara Mengaktifkan YouTube Kembali dengan cepat

Setelah merasa kembali membutuhkan youTube, pastinya orang akan mencari tahu cara mengaktifkan YouTube kembali. Ini dilakukan pasti dengan alasan-alasan khusus yang mendesak atau darurat. berikut ini adalah cara-cara untuk mengaktifkan kembali YouTube:

1. Cara Mengaktifkan YouTube Kembali Secara Manual

  • Pertama pastikan smartphone dalam keadaan menyala dan siap digunakan.
  • Buka smartphone dan cari menu pengaturan yang biasanya bergambar roda gigi.
  • Opsi lainnya adalah dengan melakukan swipe dari atas tepi smartphone untuk menuju panel notifikasi, disana juga bisa ditemukan tombol settings
  • Cari menu yang bertuliskan manajemen aplikasi atau All apps, disanalah kemungkinan YouTube yang dicari berada.
  • Jika ingin lebih cepat gunakan fitur pencarian yang ada pada pengaturan.
  • Ketika aplikasi yang diinginkan sudah ditemukan, maka klik saja aplikasi tersebut dan akan terbuka menu-menu yang bisa diatur.
  • Saat terbuka akan ada beberapa pilihan seperti mengatur notifikasi, menghapus cache, dan menu yang dicari yaitu tombol aktifkan kembali.
  • Tekan tombol aktifkan kembali dan selamat aplikasi YouTube sudah bisa digunakan seperti semula lagi.

2. Cara Aplikasi Ketiga (Sementara)

Untuk cara mengaktifkan YouTube kembali yang kedua ini bisa dilakukan oleh banyak HP. Tetapi lebih diperuntukkan bagi pengguna smartphone yang tidak memiliki menu aktifkan atau menonaktifkan aplikasi. Sebagai contoh, disini akan dijelaskan menggunakan aplikasi Appmgr III:

  • Download aplikasi tersebut di google Play Store atau dari pencarian Google
  • Jika sudah selesai install, langsung masuk ke menu aplikasi tadi
  • Cari aplikasi yang ingin dinonaktifkan, pada kasus ini yang akan dituju adalah aplikasi YouTube.
  • Tekan Pilihan Freeze dan pilih akan sampai kapan aplikasi ini dibekukan.
  • Jika sudah ditentukan, aplikasi tersebut akan aktif kembali sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jadi pengguna tidak perlu repot lagi untuk mengaktifkannya ketika diperlukan.

3. Cara Aplikasi Ketiga (Permanen)

Kali ini cara mengaktifkan YouTube kembali menggunakan aplikasi yang telah membekukan YouTube secara permanen bukan sementara seperti sebelumnya. Cara ini dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan android yang sebenarnya memang tidak bisa dihapus dan hanya bisa dinonaktifkan saja. Berikut adalah cara mengaktifkannya kembali dengan cepat:

  • Aplikasi yang digunakan masih sama yaitu Appmgr III yang bisa ditemukan di Playstore
  • Buka aplikasi tersebut dan cari aplikasi yang bernama youTube
  • YouTube akan terlihat pada kategori yang berbeda karena sudah dibekukan sebelumnya
  • Karena tidak diprogram otomatis, maka untuk mengaktifkannya kembali harus dilakukan oleh sendiri
  • Disana tidak akan ditemukan tombol uninstall sama seperti pada settings karena ini merupakan aplikasi bawaan dari google..
  • Klik menu YouTube dan tekan pilihan aktifkan kembali, maka youTube sudah bisa digunakan kembali.

Selain YouTube, cara ini juga bisa dilakukan pada aplikasi lain yang sudah dinonaktifkan. Caranya mudah karena penggunaan aplikasinya cukup sederhana dan mudah dimengerti

Alasan Mengaktifkan kembali YouTube

Sebelum mencari cara mengaktifkan YouTube Kembali, pastinya seseorang telah menonaktifkannya. Pastinya ada alasan tertentu yang melatarbelakangi dirinya untuk mengaktifkan kembali YouTube. Berikut adalah beberapa alasan yang umumnya dimiliki oleh orang yang mengaktifkan kembali YouTube:

1. Merasa Bosan

Bagi yang pernah menonaktifkan YouTube dan mengaktifkannya kembali pasti memerlukan sesuatu yang ada di YouTube. Salah satunya itu adalah rasa penghilang bosan yang sering menghantui dikala sendiri atau saat senggang. YouTube merupakan suatu media yang tepat untuk mengisi kekosongan tersebut.

Banyak konten yang bisa ditonton menggunakan aplikasi YouTube dan mengisi waktu luang. Adanya konten yang beragam itu bisa mengusir rasa bosan dan uniknya adalah konsumsi konten yang bisa dilakukan dimana saja.

2. Ada Sesuatu yang hanya ditemukan di YouTube

Banyak konten yang hanya eksklusif bisa ditemukan di YouTube saja. Contohnya ada beberapa konten yang hanya bisa diakses melalui YouTube premium. Bisa juga konten kreator yang dicari hanya bergerak di YouTube saja dan tidak membagikan videonya di aplikasi lain.

3. Ada Link terkait dengan Aplikasi YouTube

Kini banyak kompetisi yang memanfaatkan YouTube sebagai tempat memperoleh suara.

Seperti kompetisi videografi yang mewajibkan pesertanya mengunggah karyanya hanya lewat YouTube dan mendapatkan suara dari like atau jumlah views. Mau tidak mau bagi yang hendak membantunya harus membuka link dan menuju ke aplikasi YouTube.

4. YouTube adalah Pekerjaan Utama

Semenjak adanya Internet pekerjaan di dunia ini semakin beragam, salah satu contoh pekerjaan yang muncul berkat perkembangan ini adalah YouTubers. Dimana para youtubers ini mendapatkan penghasilan dari konten-konten yang di upload setiap harinya. Jika YouTube dinonaktifkan permanen, maka tidak ada kesempatan baginya untuk memperoleh penghasilan secara rutin karena tidak bisa bekerja.

Oleh karena itu seorang konten kreator yang ingin menonaktifkan YouTubenya biasanya tidak melakukannya dengan permanen. Artinya sewaktu-waktu dia akan kembali lagi ke dunia YouTube jika semua permasalahan yang dimilikinya telah selesai dihadapi.

Nah itulah cara mengaktifkan YouTube kembali dengan cepat, serta berbagai alasan yang melatar belakanginya. YouTube memanglah berguna untuk kehidupan sehari-hari, namun terkadang hanya ingin rehat sejenak untuk mengatasi rasa tertekan atau jenuh dengan suatu aplikasi. Salah satu caranya adalah yaitu dengan menonaktifkan aplikasi.