Aplikasi untuk Scan Barcode

Aplikasi untuk Scan BarcodeAplikasi untuk scan barcode adalah kebutuhan yang penting di era digital seperti saat ini. Terutama di masa pandemi covid-19 dimana kontak antar individu harus dikurangi, barcode adalah solusi yang praktis dan aman. Barcode merupakan kode khusus yang dapat membuka akses menuju informasi tertentu. Agar dapat mengaksesnya, pengguna bisa melakukan pemindaian (scanning) pada barcode tersebut.

Seiring perkembangan waktu, fungsi barcode semakin beragam. Mulai dari melihat daftar menu kopi kekinian, menjelajah katalog produk belanja online, pembayaran dengan mobile banking, hingga mendapat kejutan kecil berupa promo atau game. Berikut rekomendasi aplikasi yang praktis dan fungsional untuk pemindaian barcode:

 

1. NeoReader QR & Barcode Scanner

NeoReader merupakan aplikasi untuk scan barcode dengan tampilan sederhana dan penggunaan yang cepat. Dapat diunduh di PlayStore dengan ukuran 6 MB saja, NeoReader memiliki standar yang baik dan kompatibel untuk Android maupun iPhone. Kode QR nya pun bisa dibagikan melalui SMS, email, hingga Facebook.

2. Goodreads

Pecinta buku patut mencoba aplikasi untuk scan barcode ini. Sesuai namanya, Goodreads menyediakan daftar informasi yang bermanfaat sebelum memutuskan untuk membeli buku. Berbagai informasi tentang buku dari seluruh penjuru dunia bisa diakses mulai dari harga, ulasan pembaca, bahkan ada fitur beli dan pinjam serta rekomendasi buku sesuai preferensi pengguna. Dengan menyediakan 20 MB, Goodreads dapat diunduh di PlayStore.

 

Baca Juga:

 

3. Scanlife Barcode & QR Reader

Di Google Play, Scanlife adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh. Selain tampilannya enak dipandang, pemindaiannya juga relatif cepat bahkan dapat menangkap barcode yang agak buram sekalipun. Kelebihan lainnya adalah hampir tidak terdapat iklan meski sudah diunduh lebih dari sepuluh juta kali. Scanlife berukuran 23 MB.

4. QR Code Scanner

QR Code Scanner dapat memindai sebagian besar jenis barcode. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur untuk membuat barcode sendiri dan menginput kode secara manual. Beberapa informasi yang bisa dijadikan barcode dalam aplikasi ini antara lain e-mail, sms, kontak, dan lokasi. QR Code Scanner terdapat di PlayStore dengan ukuran 28 MB.

5. ShopSavvy

Bagi pengguna yang senang berbelanja online, ShopSavvy adalah aplikasi untuk scan barcode yang tepat. Aplikasi ini berfungsi untuk memindai kode yang terdapat pada produk dan menampilkan informasi mengenai produknya. Dengan bantuan ShopSavvy, pengguna dapat melakukan perbandingan untuk mencari tahu mana pengecer barang yang terbaik sesuai kebutuhannya. ShopSavvy bisa diunduh dengan ukuran 14 MB di PlayStore.

6. QRbot: QR & Barcode Reader

QRobot memiliki tampilan menarik yang tidak banyak dimiliki oleh aplikasi serupa. Aplikasi ini dapat membaca berbagai jenis barcode. Di PlayStore, QRbot berukuran cukup kecil yakni 2.8 MB. Pengguna juga dapat membuat barcode nya sendiri dengan informasi seperti weblink, kontak, serta e-mail. Desain aplikasi ini dominan warna biru tua dan putih.

 

Baca Juga:

 

7. QR Code Reader by TWMobile

Aplikasi ini menerapkan standar fungsional yang sederhana, cocok untuk pengguna yang hanya membutuhkan pemindai QR Code saja, tidak dapat membuat barcode seperti aplikasi serupa lainnya. Dengan fitur yang sederhana, aplikasi ini dapat bekerja dengan minim hambatan di ponsel pintar. Ukurannya hanya 1.8 MB dan telah diunduh hingga seratus juta kali di PlayStore.

Apabila diperhatikan, rata-rata aplikasi pemindai barcode berukuran relatif kecil sehingga tidak banyak memakan memori. Kehadiran barcode sangat memudahkan kebutuhan masyarakat. Dengan bermodal ponsel pintar dan aplikasi untuk scan barcode, sudah dapat mengakses berbagai keperluan dengan praktis dan mengurangi risiko terpapar virus dari luar sana.