Aplikasi Android untuk Screenshot Panjang di Perangkat Smartphone

Aplikasi Android untuk Screenshot Panjang – Menginformasikan hasil diskusi, salah satunya bisa dilakukan dengan membagikan percakapan kepada kontak lain. Namun pada percakapan yang panjang, hasil tangkapan layar yang dibagikan akan terbagi menjadi beberapa bagian. Pada kebutuhan yang demikian, pengguna bisa mencoba beberapa rekomendasi aplikasi untuk screenshot panjang yang bisa diunduh sendiri:

Aplikasi Android untuk Screenshot Panjang

1. LongShot

Aplikasi ini dapat diunduh pada perangkat berbasis android atau iphone. Longshot merupakan salah satu aplikasi untuk screenshot panjang yang cukup recommended. Jika menggunakan aplikasi ini, percakapan sepanjang apapun akan dapat ditangkap dalam satu gambar tangkapan. Tentunya dengan begitu, pengiriman hasil percakapan tidak lagi terpotong-potong dalam beberapa kali capture.

Selain bisa dengan mudah di playstore atau Appstore, aplikasi ini juga tidak terlalu banyak memakan ruang penyimpanan. Ukurannya dibawah 5 MB, terbilang kecil untuk sebuah aplikasi modifikasi tangkapan layar. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu hanya tinggal menyentuh tombol ‘start’ ketika hendak mengambil gambar layar yang panjang.

2. Picsew

Aplikasi khusus Apple Store ini bisa dibilang memiliki fitur yang lebih dibandingkan dengan Longshot. Pada aplikasi picsew, pengguna bukan hanya dapat menangkap layar yang bergulir, tetapi juga menggabungkan beberapa hasil tangkapan menjadi satu. Jadi dengan demikian, meskipun terdiri atas potongan-potongan, namun tetap akan menjadi sebuah kesatuan yang terbaca sekaligus.

Bukan hanya itu, aplikasi Picsew juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pengubahan pada gambar sebelum dibagikan. Fitur editing ini juga dapat digunakan untuk menggandakan gambar, menyembunyikan wajah, maupun untuk menutup percakapan-percakapan tertentu.

3. Web Scroll Capture

Aplikasi lain yang bisa digunakan agar hasil tangkapan lebih panjang adalah Scroll Capture for Web. Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk menangkap tampilan atau halaman web. Pada beberapa perangkat yang tidak memiliki support untuk mengambil gambar halaman web. Sehingga, aplikasi ini bisa menjadi pilihan untuk menangkap gambar atau halaman web.

Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga sangat ringan karena memiliki ukuran kurang dari 2MB. Cara menggunakannya, pengguna cukup masuk ke aplikasi ini dan memasukkan alamat web yang dituju. Setelahnya, tekan tombol ‘screenshot’ yang berada di bagian bawah. Maka halaman web akan terekam dalam bentuk gambar tanpa terpotong.

4. Web Page Capture

Melihat namanya saja sudah membuat pengguna yakin bahwa aplikasi ini memang bisa melakukan tugas yang dimaksud. Cara kerjanya mirip dengan aplikasi sebelumnya untuk tangkapan web. Aplikasi ini juga menggunakan akses URL untuk mendapatkan gambar sepanjang halaman tanpa terpotong. Ukuran file-nya pun cukup ringan, dan juga hasil gambar yang diambil tidak pecah.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa dengan nyaman membagikan hasil tangkapan panjang ini kepada kontak lain melalui email atau media sosial lainnya seperti whatsapp. Namun, ternyata bukan hanya gambar saja, karena aplikasi juga bisa menyimpan file dalam bentuk PDF. Jadi dengan begitu, pengguna tidak perlu melakukan pindai ulang gambar yang dihasilkan.

5. Screen Master

Satu lagi aplikasi yang direkomendasikan untuk melakukan tangkapan layar panjang. Selain dapat melakukan screenshot tanpa terpotong-potong, pengguna aplikasi ini juga bisa melakukan editing pada gambar yang diambil. Tentunya dengan demikian, tampilan gambar sebelum dibagikan tentu akan menjadi lebih menarik.

Beberapa aplikasi untuk screenshot panjang di perangkat android atau iphone, membantu para penggunanya untuk bertukar informasi tanpa terpotong. Jika menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi tersebut, gambar yang dibagikan tentu akan lebih panjang dari ukuran layar yang normal. Namun dengan begitu, penerima pesan tidak akan bingung dan khawatir terbalik membaca urutan percakapannya.