5 Aplikasi Untuk Mengukur Jarak Bersepeda Menggunakan Smartphone

Aplikasi Untuk Mengukur Jarak Bersepeda – Bersepeda dapat menjadi salah satu olahraga menyenangkan untuk mengisi waktu liburan. Olahraga ini akan lebih seru bila dilakukan di pagi atau sore hari bersama dengan teman-teman. Selain itu, hadirnya beragam aplikasi untuk mengukur jarak bersepeda membuat olahraga menjadi lebih efektif. Sebab, pesepeda dapat mengetahui dengan pasti data-data yang diperoleh selama bersepeda.

Sebagian besar aplikasi pengukur jarak bersepeda tersedia dan dapat di unduh dalam Play Store. Meskipun beberapa diantaranya mengharuskan pengguna untuk berlangganan terlebih dahulu agar dapat menggunakan semua fitur. Sebelum mulai mencoba, ada baiknya pembaca memahami 5 aplikasi yang akan membantu mengumpulkan data bersepeda berikut ini:

 

Aplikasi Untuk Mengukur Jarak Bersepeda

1. Cycling – Bike Tracker

Mengetahui berapa jarak yang ditempuh selama bersepeda, jumlah waktu yang diperlukan hingga total kalori yang terbakar tentu akan menambah semangat dalam bersepeda. Semua data tersebut dapat dipantau dengan mudah menggunakan aplikasi Cycling – Bike Tracker. Aplikasi tersebut memiliki ukuran berkas yang sangat ringan, hanya sebesar 4,4 MB di Play Store.

Fitur unggulan lain yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu informasi mengenai kecepatan selama bersepeda. Pengguna dapat memantau kecepatan rata-rata dan kecepatan maksimum yang digunakan serta menyajikannya dalam bentuk grafik. Aplikasi untuk mengukur jarak bersepeda ini memiliki rating 4.6 dan telah diunduh lebih dari 1 juta pelanggan.

2. Pelacak Bersepeda

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan melacak rute yang digunakan pengguna untuk bersepeda. Data yang diperoleh cukup lengkap, mulai dari durasi, jarak, kecepatan, dan jumlah kalori yang terbuang. Pelacak ini akan memudahkan pengguna untuk memantau perkembangan selama bersepeda. Sehingga hobi tersebut menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan.

Pengguna juga dapat membagikan data bersepeda dari aplikasi ini ke orang lain. Agar memperoleh fitur yang lebih lengkap, pengguna diharuskan berlangganan secara premium. Guna memastikan layanan yang tersedia, aplikasi ini juga menawarkan trial selama 30 hari secara gratis sebelum memutuskan untuk berlangganan atau tidak.

3. GPS Sports

Aplikasi ini sangat membantu dalam melacak perkembangan olahraga, termasuk saat bersepeda. GPS Sports memiliki ukuran berkas 14 MB saja dengan kemampuan memetakan jalur yang dilalui pengguna serta mengukur jarak tempuh secara akurat. Sehingga wajar bila GPS Sport termasuk dalam salah satu rekomendasi aplikasi untuk mengukur jarak bersepeda yang memiliki performa baik.

4. Cycling Diary

Bersepeda dengan target tertentu akan lebih memacu semangat ketika berolahraga. Pengguna dapat memanfaatkan Cycling Diary untuk membuat patokan waktu tempuh selama bersepeda. Aplikasi ini akan memudahkan pengguna memantau rute yang dilalui sesuai target yang telah ditentukan. Bila tertarik, aplikasi Cycling Diary dapat diunduh di Play Store dengan berkas file hanya 8,4 MB.

Perolehan data selama bersepeda menggunakan aplikasi ini akan dirangkum dalam statistik yang lebih tertata rapi. Pengguna dapat memantau perkembangan bersepeda, mulai dari kecepatan, waktu, jarak, kalori setiap minggunya. Data-data disajikan dalam bentuk grafik yang mudah dipahami.

5. Bike Ride Tracker

Hampir sama seperti aplikasi sebelumnya, Bike Ride Tracker memiliki ukuran file 8,6 MB saja. Dilengkapi dengan kemampuan untuk mengukur jarak, kecepatan, waktu dan besar kalori yang terbuang. Uniknya, pengguna dapat memantau perubahan kecepatan dan jarak setiap bersepeda lewat tampilan grafik yang lebih mudah dipahami pada aplikasi Bike Ride Tracker.

Demikianlah rekomendasi 5 aplikasi untuk mengukur jarak bersepeda dengan tampilan sederhana dan mudah dipahami. Umumnya setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam memetakan data ketika bersepeda. Hal yang terpenting adalah memastikan koneksi internet smartphone dalam keadaan stabil, agar data yang diperoleh lebih akurat.