Penyebab Utama Rambut Rontok

Penyebab Utama Rambut Rontok

Posted on

Penyebab Utama Rambut Rontok

 

Penyebab Utama Rambut Rontok – Dalam merawat rambut, tentu terdapat banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah tentang makanan yang kita makan. Dari hasil penelitan menunjukkan bahwa apabila kita jarang mengkonsumsi daging, maka akan mengakibatkan rambut kita gampang rontok. dr. David Leonard dari Dermaster Clinic Jakarta, menjelaskan bahwa ada hubungan antara konsumsi daging dengan persoalan rambut yang rontok.

Penyebab Utama Rambut Rontok

Ada 3 (tiga) hal utama yang dapat membuat rambut menjadi mudah rontok, yaitu faktor gen, konsumsi makanan, serta pola perawatan rambut. Dan faktor yang kedualah yang akan dibahas lebih mendalam.
Kita harus memahami bahwa seseorang akan mengalami kerontokan rambut dengan normal sekitar 50 hingga 100 helai rambut setiap harinya. Akan tetapi, apabila perawatan yang dilakukan tidak tepat dan tidak benar maka jumlah rambut yang rontok juga dapat lebih parah. Contohnya, rambut akan rontok sampai 250 helai rambut tiap harinya apabila kita keramas setiap hari.

Kembali pada konsumsi makanan, dr. David menjelaskan bahwa konsumsi makanan sehari-hari yang seimbang berpengaruh besar pada kesehatan rambut. Maka dari itu, seseorang yang vegetarian dengan orang yang bukan vegetarian dapat mempunyai problematika rambut yang berlainan. Tidak tercukupinya kebutuhan vitamin B12 yang berasal dari daging, telur serta ikan pun dapat merangsang terjadinya kerontokkan rambut.

Akan tetapi, tidak hanya vitamin B12 yang mempunyai hubungan dengan kerontokkan rambut yang terjadi, akan tetapi terdapat pula zat besi, magnesium, kalsium, mineral, serta zat penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh pun sangat berperan terhadap kesehatan rambut seseorang. dr. David mejelaskan bahwa di Dermaster, umumnya dilakukan analisis dulu, lalu dikirimkan contoh dari sejumlah bagian rambut, dan selanjutnya lansung dikirim ke Korea agar di analisis lebih dalam. Sesudah dua pekan, hasilnya dapat diperoleh dan tindakannya juga didasarkan pada hasil tersebut. Dari hasil itulah, dapat dideteksi kandungan apa yang belum tercukupi dan harus dipenuhi.

Selain itu, ternyata terdapat hal lain yang berpengaruh pada terjadinya kerontokkan rambut, yaitu merkuri. dr. David mengatakan ia pun menjumpai bahan merkuri yang mengusik kesehatan rambut, apalagi di Indonesia. Merkuri tersebut umumnya dikarenakan oleh bahan pewarna rambut atau karena terlalu sering makan seafood. Dan seafood yang ada di Indonesia telah banyak yang mengandung merkuri jadi dapat pula menimbulkan persoalan rambut yang rontok.

Masalah kerontokkan rambut yang berkaitan dengan konsumsi daging pun telah dibuktikan pada sejumlah klinik yang ada di Amerika, satu di antaranya adalah Cleveland Clinic. Pada klinik tersebut, zinc yang diperoleh dari daging merah terbilang dapat menimbulkan kebotakan di rambut. Dengan melakukan treatment yang intensif untuk zinc dapat menumbuhkan rambut dengan lebih optimal. Cara yang sama pun dikerjakan oleh Dermaster Clinic yang mana pasien akan memperoleh treatment yang tepat berdasarkan pada kekurangan ataupun kelebihan zat yang terkandung dalam tubuh pasien.

Akan tetapi harus dipahami pula, bahwa persoalan kerontokkan rambut tersebut tidak hanya diakibatkan karena kekurangan suatu bahan saja pada tubuh, akan tetapi cenderung pada kandungan dalam tubuh yang kurang balance. Orang yang mengonsumsi semua jenis makanan mulai dari nabati hingga hewani akan membuat kandungan yang ada dalam tubuh lebih seimbang dengan baik daripada yang cuma mengonsumsi satu jenis makanan saja, contohnya cuma dari sayuran. Dengan adanya keseimbangan yang pas, maka kesehatan rambut juga dapat lebih terlindungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.