Cara Menghapus Channel YouTube

Cara Menghapus Channel Youtube – Sebagai masyarakat yang sudah melek teknologi, tentu tidak lagi asing dengan channel YouTube. Baik menghasilkan video atau hanya untuk menonton, channel ini bisa digunakan untuk pengalaman lebih baik dalam platform YouTube. Namun, sudahkah mengetahui cara menghapus channel YouTube? Nyatanya, hal ini penting untuk mengatasi berbagai masalah. Misalnya saja akun yang disalahgunakan, diretas, dan sebagainya.

Terdapat banyak alasan yang menyebabkan seseorang ingin menghapus channel YouTube-nya. Bukan hanya untuk mengatasi masalah, namun juga untuk membuat channel yang baru, mengurus kesibukan lain, dan sebagainya. Ingin tahu cara untuk menghapus channel tersebut? Sebaiknya pikir terlebih dahulu matang-matang karena nantinya semua video akan hilang.

 

Cara Menghapus Channel YouTube

Alasan Kenapa Seseorang Menghapus Channel YouTube

Sebagian besar dari pembaca mungkin pernah mendengar berita tentang kreator YouTube ternama Indonesia, Reza Arap menghapus kanal YouTube-nya. Padahal, channel tersebut telah mendulang hingga 2.9 juta subscribers dan tentunya menghasilkan pemasukan tidak sedikit tiap bulannya. Sama seperti Reza Arap, berikut beberapa alasan yang melatarbelakangi keputusan untuk menghapus channel YouTube:

1. Ingin Berfokus ke Kehidupan Pribadi

Alasan ini banyak menjadi latar belakang kenapa kreator menghapus channel-nya. Beberapa orang ingin berfokus dalam kehidupan pribadinya dan tidak ingin terganggu oleh banyaknya komentar, tanggapan, dan sebagainya dari channel YouTube. Untuk itulah daripada akun tidak terurus dan tidak lagi dianggap sesuatu yang bermakna bagi pemiliknya, maka muncullah keinginan menghapus channel.

2. Channel Tidak Terarah

Seringkali saat membuat channel untuk membuat video, banyak orang merasa ragu di tengah-tengah. Hal ini bisa karena banyaknya paparan dari dunia luar yang terus berubah-ubah sehingga seseorang merasa channel-nya tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman.

Mulai dari salah memilih nama serta topik, bosan, tidak sesuai citra yang ingin ditampilkan, dan sebagainya. Daripada banyak kekeliruan seperti ini dan belum melangkah lebih jauh, lebih baik melakukan cara menghapus channel YouTube dan memulai yang baru.

3. Ingin Membuat Channel Baru

Memulai sesuatu yang baru masih menjadi pilihan sebagian orang. Bukan saja terkait kehidupan pribadi namun juga channel YouTube. Pemilik channel bisa saja ingin memulai kembali channel yang baru sesuai dengan perencanaan matang serta konten yang jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Dengan awal yang baru, perasaan serta pikiran akan lebih tercerahkan dan dapat membuat tujuan yang jelas. Untuk itu penting bagi pengguna YouTube untuk tahu bagaimana cara menghapus channel YouTube.

4. Channel Dihentikan YouTube

Ada kalanya pemilik channel mendapatkan teguran dari YouTube karena satu dan lain hal, sehingga diberi cap kurang baik oleh pihak YouTube. Tidak jarang akhirnya channel serta videonya diberhentikan oleh YouTube karena dianggap menyalahi aturan tertentu atau dilaporkan pengguna lainnya (berdasarkan pedoman komunitas).

Apabila ingin melakukan re-upload (mengunggah ulang) video, pengguna perlu menghapus channel-nya. Setelah itu bisa memulai lagi dengan lebih memperhatikan isi konten agar tetap sesuai peraturan yang ada di platform berbasis video ini. Agar tidak mengalami pemberhentian yang merugikan seperti ini, berikut beberapa hal yang perlu diingat:

  • Jangan melakukan pelanggaran (apalagi sampai berulang) terhadap komunitas dalam berbagai bentuk konten. Contoh yang sering terjadi adalah sering memposting video maupun komentar dengan kata kasar, nada kebencian, hingga melecehkan.
  • Hindari konten yang mengarah pada pelanggaran berat, contohnya predator, spam, hingga pornografi.
  • Pastikan konten yang diunggah ke YouTube tidak melanggar hak cipta (yang paling sering terjadi adalah lagu). Baca dan pahami dengan seksama ketentuan YouTube mengenai hak cipta untuk menghindari hal ini.
  • Jangan pernah membuat channel yang khusus ditujukan untuk melakukan pelanggaran (misalnya melecehkan oknum tertentu, meniru identitas seseorang yang bukan dirinya, dan sebagainya).

Hapus Permanen dan Hapus Sementara Channel Youtube

Dalam cara menghapus channel YouTube, ada dua opsi yang bisa dilakukan. Pengguna bisa langsung menghapus channel untuk seterusnya, atau sementara saja jika masih bimbang. Kedua aktivitas tersebut tidak berpengaruh ke akun Google, semua masih dapat diakses seperti sebelumnya. Berikut gambaran lebih lengkap seputar kedua opsi tersebut:

1. Hapus Permanen

Pada pilihan yang pertama ini, pemilik channel perlu mempertimbangkan secara matang akan keputusannya. Sekali menghapus, tindakan ini tidak bisa dikembalikan lagi seperti semula. Oleh karena itu pastikan telah back up data yang ada di channel apabila masih diperlukan untuk kedepannya. Agar tidak menyesal nantinya, perlu mengetahui apa saja yang akan terjadi jika memutuskan untuk menghapus permanen, yaitu:

  • Semua subscribers yang dimiliki akan terhapus.
  • Komentar yang ditujukan ke video YouTube akan terhapus seluruhnya.
  • Like serta balasan untuk komentar lain dihilangkan.
  • Riwayat video yang ditonton seperti histori, playlist, favorit, dan sebagainya akan hilang sehingga harus memulai dari awal untuk mengelompokkan video seperti sebelumnya.
  • Pesan yang pernah ditujukan untuk konten YouTube hilang.

2. Hapus Sementara

Cara menghapus channel YouTube yang kedua ini banyak menjadi pilihan apabila masih belum sepenuhnya yakin, karena relatif lebih “ramah” daripada hapus permanen. Keunggulannya adalah, pengguna bisa merasakan kehilangan channel-nya untuk sementara sehingga bisa mengetahui apakah ini keputusan yang tepat. Berikut beberapa hal yang terjadi jika menghapus channel untuk sementara waktu:

  • Nama channel disembunyikan pihak YouTube sehingga orang lain tidak dapat menemukan meski mengetikkan namanya.
  • Subscribers serta jumlah subscriptions diatur “private” untuk sementara waktu.
  • Jumlah likes, komentar, video favorit, playlist, dan sebagainya akan di privasi sementara.

Perbedaan mendasar dari kedua cara ini berada pada status channel YouTube tersebut. Apabila memilih permanen, channel akan sepenuhnya hilang tanpa jejak termasuk seluruh data yang berkaitan dengan YouTube. Sebaliknya, bila memilih hapus sementara sebenarnya hanya menyembunyikan saja. Akun masih bisa diakses pribadi, dan bisa diaktifkan kembali kapan pun.

Cara Menghapus Channel YouTube Permanen

Apabila ingin menjaga privasi, pengguna tidak perlu langsung menghapus akunnya karena dapat menghapus langsung riwayat pencarian (history). Akan tetapi saat sudah yakin ingin menghapusnya, pengguna bisa memilih satu dari dua opsi yaitu permanen atau sementara. Jika memilih permanen, artinya pengguna tidak bisa mengakses videonya kembali. Berikut tutorial untuk menghapus permanen:

1. Masuk YouTube Studio

Siapkan laptop/PC yang sudah terhubung dengan internet. Login menuju YouTube Studio tempat pengguna mengelola akunnya untuk berbagai keperluan. Bisa dengan langsung mengetikkan studio.youtube.com pada mesin pencari sehingga bisa langsung masuk menuju halaman YouTube Studio.

Pilih kemudian klik opsi “Settings” yang ada di halaman utama YouTube Studio. Perintah ini akan membawa pengguna menuju halaman untuk melakukan berbagai pengaturan terkait channel YouTube-nya.

2. Memilih Menu Channel

Klik pada menu “Channel” yang terletak pada “Settings”. Opsi ini ada di baris kedua, tepat di bawah “General”. Cara menghapus channel YouTube berikutnya yaitu pilih pada “Advanced settings” di sebelah kanannya. Geser layarnya ke bawah, kemudian ketuk “Remove YouTube”. Selanjutnya akan muncul halaman baru dimana pengguna dapat menghapus atau hanya menyembunyikan akunnya sementara waktu.

3. Memilih Penghapusan Akun Permanen

Ketuk di tulisan “I want to permanently…”, karena tujuan dari cara ini adalah menghilangkan akun untuk seterusnya. Setelah itu akan ada daftar informasi yang menayangkan informasi seputar apa saja yang akan hilang dengan memilih metode ini.

Apabila sudah setuju, pengguna bisa memberi tanda centang (ceklis) di kotak yang ada. Dengan demikian, artinya pengguna telah sepakat dan memahami apa saja yang terjadi jika menghapus akunnya. Lanjutkan dengan memilih “Delete content” lalu tunggu sampai prosesnya selesai. Hal ini akan memerlukan beberapa saat, tergantung dengan seberapa banyak konten dalam channel tersebut.

Cara Menghapus Channel YouTube untuk Sementara

Apabila tidak ingin seluruh data dalam channel YouTube menghilang, ada alternatif yang bisa dilakukan yaitu menghapusnya untuk sementara saja. Opsi ini disebut juga dengan sembunyikan akun. Dengan demikian, seluruh konten akan disembunyikan untuk sementara waktu dan tidak ada yang dapat mengaksesnya. Meski begitu, dengan penghapusan sementara ini seluruh komentar akan terhapus. Berikut tutorial mudahnya:

1. Masuk YouTube Studio

Masuk menuju YouTube studio, kemudian langsung login. Klik “Settings” atau “Setelan” yang letaknya di bagian kiri. Berikutnya pilih “Channel” untuk dapat melihat pengaturan yang terkait dengan channel YouTube. Lanjutkan dengan ketuk “Advanced settings”, lalu pilih “Remove content” yang ada di bagian bawah.

2. Memilih Opsi untuk Menyembunyikan Akun

Login menuju akun Google yang terhubung dengan akun YouTube. Cara menghapus channel YouTube berikutnya yakni ketuk pilihan “I want to hide…” atau “Saya ingin menyembunyikan..” jika memakai Bahasa Indonesia. Dengan memilih ini, pengguna hanya ingin menyembunyikan untuk sementara namun akunnya tidak akah terhapus.

3. Menyetujui Penghapusan Sementara

Beri tanda centang di seluruh kotak yang disediakan apabila ingin melanjutkan proses penghapusan sementara. Setelah itu klik “Hide my channel”, atau “Sembunyikan channel” yang berlogo warna biru. Selesai, sekarang channel sudah disembunyikan untuk sementara dan bisa diaktifkan kembali kapan saja melalui pengaturan apabila ingin menggunakannya kembali.

Cara Menghapus Channel YouTube Menggunakan Hp

Opsi yang ketiga ini bisa dilakukan dari hp, sehingga tidak perlu repot mengakses laptop atau PC. Pengguna hanya perlu menyiapkan smartphone serta koneksi internet yang stabil untuk memudahkan prosesnya. Berikut ini langkah untuk menghapusnya:

1. Membuka Aplikasi YouTube

Jalankan aplikasi YouTube pada smartphone, lalu langsung klik pada menu akun yang ada di bagian pojok kanan. Menu ini merupakan foto profil yang digunakan pada akun. Apabila belum ada fotonya, akan terlihat seperti logo berbentuk manusia dengan warna abu-abu.

2. Memilih Menu Bantuan

Pilihlah menu “Help & feedback” yang ada di menu akun tadi. Pengguna akan diarahkan ke opsi “Supports”. Cara menghapus channel YouTube selanjutnya adalah memilih “Manage your accounts & settings” kemudian ketuk “Manage account settings”.

3. Menentukan Ingin Hapus atau Sembunyikan Channel

Perhatikan pada berbagai opsi yang tersedia di halaman “Manage account”. Dari berbagai pilihan bantuan ini, pengguna dapat memilih “Delete or hide YouTube channel” yang bertujuan untuk menghapus atau menyembunyikan akun YouTube.

Di sini pengguna akan diarahkan sehingga bisa memilih untuk menghapus akunnya secara permanen atau hanya sementara (sembunyikan akun). Pilih salah satunya yang paling sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangan. Selanjutnya pengguna akan melihat halaman yang sama persis dengan cara dengan komputer dan tinggal menyelesaikan prosesnya.

Itulah beberapa cara menghapus channel YouTube yang bisa dilakukan sendiri. Baik dari komputer ataupun laptop, semuanya cukup mudah untuk dilakukan. Setelah mengetahui dua jenis tindakan yang bisa dilakukan terkait penghapusan channel, pengguna bisa lebih bijak dalam membuat keputusan.