Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi untuk Menghindari Kerusakan

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi – Pengguna android dengan merek Xiaomi tentu perlu mengetahui bagaimana cara mengecek touchscreen Xiaomi untuk menghindari kerusakan yang berlebihan. Pasalnya jika kerusakan yang terjadi semakin hari semakin parah maka kemungkinan untuk android tersebut berganti layar juga semakin besar. Hal ini perlu penanganan cepat, agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Adapun penyebab yang bisa terjadi pada touchscreen rusak adalah seperti smartphone yang jatuh. Bisa juga smartphone yang terbentur atau ditimpa oleh benda yang cukup keras. Kerusakan yang terjadi pada smartphone tidak hanya pada layar. Berikut ulasan cara yang bisa dilakukan untuk mengecek touchscreen pada Xiaomi yang mudah ditiru, diantaranya:

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi

1. Gunakan FQC Test

Sebagai informasi bagi orang yang belum mengetahui tentang fitur yang satu ini. FQC adalah media yang digunakan melakukan cek terhadap smartphone Xiaomi agar mengetahui keadaannya. Bagian yang dicek adalah SDCard, Speaker, Touchscreen dan sejenisnya.

Adapun cara mengecek touchscreen Xiaomi menggunakan fitur FQC terdapat beberapa langkah. Pertama, melakukan pembukaan aplikasi pada smartphone memakai sebuah kode. Lalu secara otomatis pengguna akan diarahkan pada bagian Test FQC. Pengguna bisa memilih touch panel dan pilih ikuti gratis. Jika smartphone dalam kondisi baik akan menghasilkan warna hijau.

 

Baca Juga:

 

2. Menggunakan Cara Manual

Pilihan lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui keadaan touchscreen Xiaomi adalah dengan menggunakan cara manual. Caranya cukup mudah, yaitu pengguna hanya tinggal melakukan tindakan sentuhan keseluruhan dari bagian layar dengan durasi yang perlahan. Tanda kerusakan bisa langsung diketahui dengan terbukanya aplikasi dengan sendirinya. Tempat layar tersebut berkemungkinan terjadi masalah.

3. Pakai Aplikasi Touchscreen Test

Aplikasi yang satu ini diperuntukkan bagi para pengguna yang tidak ingin ribet dengan proses pengecekan touchscreen smartphone Xiaomi secara manual. Aplikasi ini bisa diunduh melalui smartphone dengan tipe android maupun iOS. Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah jumlah fiturnya yang lumayan banyak.

Selain dilihat dari banyaknya fitur, aplikasi touchscreen test juga cukup mudah dipahami oleh para pengguna. Jika pengguna telah melakukan proses pengunduhan dan pemasangan aplikasi, maka langkah berikutnya adalah dengan masuk. Lalu bisa memilih menu start test. Selanjutnya menyentuh titik berwarna abu-abu. Apabila seluruh titik berwarna hijau berarti touchscreen cukup baik.

4. Menggunakan Aplikasi Multi Touch Test

Jika smartphone yang pengguna miliki mengalami kegagalan memuat perintah yang diberikan dalam kurun waktu yang lumayan sering. Maka pengguna tidak perlu khawatir, sebab salah satu solusinya bisa menggunakan pengecekan melalui aplikasi ini. Caranya dengan melakukan sentuhan sebanyak dua kali bahkan lebih pada layar.

 

Baca juga:

5. Menggunakan Aplikasi Fix Dead Pixels

Bagi pengguna smartphone berjenis Xiaomi terutama yang menggunakan layar dengan teknologi super amoled. Tentu telah mengetahui jika layar tersebut mempunyai kekurangan berupa rentan atau mudah terkena dead pixel.

Keadaan tersebut sering dikenal dengan sebutan shadow. Bagi sebagian pengguna hal ini cukup membuat kurang nyaman. Bila memanfaatkan fungsi aplikasi ini pengguna bisa melakukan pendeteksian sedini mungkin. Hal ini akan mempermudah pengguna menyelesaikan masalah yang ada.

Itulah ulasan mengenai cara mengecek touchscreen Xiaomi sebagai antisipasi terjadinya kerusakan yang lebih parah. Tentu bagi smartphone yang perintahnya dilakukan melalui sentuhan. Layar tempat touchscreen memang cukup memegang peran penting dalam pengoperasian. Jika terjadi kendala dapat diakibatkan oleh beberapa hal yang bisa dideteksi lebih awal melalui cara di atas.