6 Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Tanpa ke Bengkel

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Tanpa ke Bengkel – Perawatan mobil perlu dilakukan secara menyeluruh, terutama bagian mesin. Tidak hanya memastikan mesin bekerja optimal dan oli sudah diganti berkala. Kebersihan ruang mesin pada mobil juga harus diperhatikan sebaik mungkin. Namun perlu dipahami bahwa pembersihan ruang mesin mobil tidak sama seperti bodi dan interior mobil. Berikut adalah 6 cara membersihkan ruang mesin mobil secara aman dan benar.

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Tanpa ke Bengkel

1. Matikan Mesin

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa mesin mobil ada dalam kondisi mati. Jangan mencoba membersihkan ruang mesin pada kondisi menyala. Jika mobil baru saja digunakan, maka tunggulah sampai kondisi mesin cukup hangat. Jangan menunggu sampai kondisi mesin dingin tapi juga jangan langsung membersihkan ruang mesin saat suhu masih tinggi. Jika mobil dalam posisi mati, maka nyalakan dulu selama satu menit untuk menghangatkan mesin.

2. Periksa Aliran Listrik

Sebelum memulai proses pembersihan, penting sekali untuk memastikan bahwa semua aliran listrik dalam posisi mati. Tentu akan sangat berbahaya jika pembersihan ruang mesin dilakukan dengan adanya aliran listrik. Cabut dulu kunci, koneksi aki, dan komponen listrik lainnya. Jika langkah ini sudah dilakukan, maka proses pembersihan bisa berlangsung aman.

3. Tutup Komponen Penting

Langkah berikutnya yang juga tak kalah penting untuk dilakukan adalah menutup bagian yang penting dari ruang mesin. Tutup komponen penting serta komponen elektrik memakai plastik. Alumunium foil juga bisa digunakan sebagai penutup. Bagian yang ditutup contohnya adalah soket kelistrikan, koil, serta lubang hisap udara. Pastikan menutup bagian-bagian penting tersebut secara rapat agar tidak terjadi kerusakan selama proses pembersihan.

4. Bersihkan Permukaan Mesin

Langkah pembersihan dimulai dari bagian permukaan mesin. Selain itu, bagian celah-celah kecil pada komponen mesin juga wajib untuk dibersihkan. Proses pembersihan ini dilakukan menggunakan bantuan engine degreaser. Sangat disarankan untuk menggunakan produk khusus yang biasanya tersedia di toko perlengkapan otomotif.

Bagian yang cukup sulit dari proses pembersihan ini adalah menjangkau celah-celah kecil. Padahal bagian celah paling mudah untuk dimasuki debu jadi harus dibersihkan. Kuas berukuran kecil akan sangat membantu membersihkan debu-debu yang masuk ke bagian atau celah kecil di permukaan mesin mobil. Sikat juga bisa dipakai bergantian dengan kuas sesuai ukuran celah yang ingin dibersihkan.

5. Sikat dan Bilas

Salah satu bagian cara membersihkan ruang mesin mobil yang penting untuk diperhatikan adalah pembilasan. Pembersihan ruang mesin bisa dilakukan dengan memakai cairan pembersih berupa air dan detergen. Setelah selesai sikat per bagian, maka langsung bilas. Cara ini dilakukan supaya cairan pembersih tadi tidak kering duluan karena jika kondisi ini terjadi bisa timbul kerak.

Pembilasan bisa dilakukan memakai semprotan air. Gunakan semprotan air yang memiliki tekanan rendah. Penggunaan tekanan rendah ini bertujuan agar air tidak masuk ke bagian-bagian mesin yang cukup penting. Pastikan bahwa proses penyemprotan air tepat pada bagian yang ingin dibilas saja.

6. Gunakan Lap

Tahap berikutnya adalah mengelap bagian yang sudah selesai dibersihkan. Gunakan jenis kain lap yang bertekstur lembut. Setelah proses mengelap selesai, semua plastik atau alumunium foil dibuka kembali. Diamkan dulu beberapa menit untuk memastikan bahwa semua komponen telah kering.

Itulah 6 cara membersihkan ruang mesin mobil di rumah secara aman. Pastikan untuk tetap berhati-hati selama proses pembersihan. Jangan sampai lalai dan teledor hingga menyentuh bagian-bagian penting serta area kelistrikan. Pastikan melakukan pembersihan ini secara rutin demi menjaga performa mobil.