Ketahui Cara Download Story WA Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Cara Download Story WA Tanpa Aplikasi – Story Whatsapp atau WA yang dibuat orang lain memang sering bikin penasaran, tapi terkadang ada rasa gengsi dan tidak ingin orang tersebut mengetahui bahwa storynya telah dilihat. Bagi sebagian orang rela memakai aplikasi khusus untuk mendownload story, padahal masih ada cara download story WA tanpa aplikasi yang tentunya dapat dilakukan dengan mudah.

Selain ingin melihat story tanpa diketahui, pada umumnya orang-orang mendownload story WA supaya dapat dilihat untuk waktu yang cukup lama. Sebab, story yang ditampilkan di WA hanya 24 jam saja. Setelah itu, story akan menghilang dengan sendirinya. Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui cara download story WA tanpa aplikasi seperti berikut ini:

Cara Download Story WA Tanpa Aplikasi

1. Buka Folder Manajer File

Langkah pertama, buka folder manajer file yang tersedia di tampilan menu smartphone. Kemudian, pilih ‘Setelan’ dan klik atau tap bagian ‘berkas tersembunyi’. Perlu diketahui, setiap story yang ditampilkan di WA sebetulnya akan masuk ke memori penyimpanan dan disimpan sebagai file tersembunyi.

Jenis file ini dapat dilihat diketahui dengan format yang ditandai ‘.cache’ pada awal nama file. Maka, untuk dapat melihat story Wa di manajer file perlu mengubah pengaturan berkas tersembunyi menjadi tidak tersembunyi dengan cara mengkliknya.

2. Cari Folder Whatsapp

Setelah mengubah pengaturan seperti yang dilakukan pada langkah pertama, kini saatnya membuka folder Whatsapp yang masih berada di dalam folder manajer file. Saat membuka folder ini akan ditemukan berbagai file yang pernah dibagikan di Whatsapp.

Tidak hanya story, tetapi juga media yang dibagikan dalam ruang obrolan seperti pesan suara, gambar, video, hingga dokumen. Sementara itu, setiap story dapat ditemukan dalam folder ‘Statuses’ yang letaknya masih berada di dalam folder Whatsapp.

3. Buka Folder Statuses dan Cari Story yang Ingin Disimpan

Dalam folder ‘Statuses’ tersedia foto dan video dari story WA yang telah diposting oleh orang-orang dari kontak WA. Jangan khawatir, membuka story dari folder ini tidak akan membuat si pemilik story tersebut bahwa foto atau videonya telah dilihat.

Namun jika story sudah terlanjur dilihat dari aplikasi Whatsapp dan ingin disimpan, maka carilah story tersebut dalam folder Statuses. Untuk membedakannya dengan story lainnya, ubahlah nama story tersebut. Tekan beberapa detik file story sampai muncul pilihan ‘Ganti Nama’. Tap pilihan tersebut, lalu masukan nama baru yang diinginkan.

4. Simpan Story di Folder Galeri

Sama seperti story yang ditampilkan di aplikasi Whatsapp, story yang ada di folder Statuses juga hanya bisa dilihat dalam waktu 24 jam. Maka, untuk melihatnya dalam waktu lama harus di download atau disimpan di folder Galeri. Cara ini dapat dilakukan dengan memindahkan story tersebut yang berupa foto atau video ke folder Galeri.

Tekan selama beberapa detik file yang akan dipindahkan, lalu tap pilihan ‘Pindah’. Pilih folder Galeri sebagai tempat penyimpanan baru dan tunggu hingga proses pemindahan file selesai.

5. Buka Galeri dan Lihat Story yang Telah Disimpan

Setelah file story yang sebelumnya berada di folder ‘Statuses’, kini story tersebut bisa dilihat di Galeri dan tidak akan menghilang. Sama seperti file lainnya, foto dan video dari story yang telah didownload di Galeri tidak akan menghilang selama file tersebut tidak dihapus. Dengan begitu, story WA dapat disimpan atau dibagikan meskipun sudah lewat 24 jam sejak story tersebut dibuat.

Demikian penjelasan mengenai cara download story WA tanpa aplikasi. Cara ini lebih simpel dan lebih mudah karena tidak menggunakan aplikasi khusus untuk mendownload story WA sehingga tidak akan memakan banyak memori smartphone. Jadi, tertarik untuk mencobanya?