Simak Cara Bikin Stiker WA Tanpa Aplikasi

Cara Bikin Stiker WA Tanpa Aplikasi – Berkirim pesan di Whatsapp menjadi lebih seru dengan adanya stiker. Sebab, ungkapan dan ekspresi bisa disampaikan dengan tepat. Namun, tidak semua orang mengetahui cara bikin stiker WA tanpa aplikasi sehingga hanya bisa menggunakan stiker yang dikirimkan orang lain. Padahal dengan membuat stiker sendiri lebih menyenangkan karena dapat dengan bebas mengubah gambar apapun menjadi stiker.

Membuat stiker WA tanpa aplikasi tentunya merupakan cara lebih mudah dan lebih simpel karena tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Apalagi, fitur stiker diluncurkan secara bertahap oleh Whatsapp yang berarti pada saat pertama kali diluncurkan fitur ini tidak langsung bisa dinikmati oleh seluruh pengguna. Bagi yang senang berkirim stiker WA, ada baiknya simak cara bikin stiker WA tanpa aplikasi seperti berikut ini:

Cara Bikin Stiker WA Tanpa Aplikasi

1. Siapkan Foto yang Akan Dijadikan Stiker

Untuk membuat stiker WA, langkah pertama yaitu menyiapkan foto yang nantinya akan diubah menjadi stiker. Foto ini bisa berupa foto seseorang atau gambar yang diunduh dari Google. Pastikan foto yang akan dibuat menjadi stiker ini memiliki resolusi dan ukuran yang tidak besar. Jika kualitas foto cukup besar, ubah resolusi menjadi 600×600 dan pastikan ukurannya tidak lebih dari 1 MB.

2. Buka Situs Web Pixlr.com

Selain menggunakan aplikasi, stiker WA juga dapat dibuat dengan memanfaatkan layanan dari situs web. Salah satu situs web yang dapat membantu untuk membuat stiker WA yaitu Pixlr.com. Jadi, setelah memilih beberapa foto langkah selanjutnya adalah masuk ke situs web Pixlr.com untuk mengedit foto tersebut. Jangan khawatir, situs web ini dapat diakses melalui smartphone sehingga membuat stiker WA tetap dapat dilakukan dengan mudah meskipun tanpa aplikasi.

3. Masukan dan Edit Foto

Setelah masuk ke situs web Pixlr.com, masukan beberapa foto yang akan dijadikan stiker. Klik tombol ‘Open Image’ dan pilih beberapa foto. Setelah foto dipilih, akan muncul opsi untuk menjadikan ukuran foto tersebut HD atau sesuai dengan ukuran web. Sebaiknya pilih opsi web supaya stiker yang nantinya dihasilkan tidak memiliki ukuran yang terlalu besar. Setelah opsi tersebut dipilih, tunggu beberapa saat hingga background foto menghilang otomatis.

Jika masih ingin mengedit foto, bisa ditambahkan teks dengan fitur yang sudah tersedia di Pixlr.com. Klik tombol dengan ikon ‘T’ untuk menambahkan teks, lalu tuliskan teks yang ingin dijadikan caption stiker. Dalam situs web Pixlr.com, caption untuk stiker WA juga bisa diatur font dan warnanya.

4. Download Foto yang Telah Diedit

Setelah selesai mengedit foto, jangan lupa untuk mendownloadnya yaitu dengan klik tombol save. Kemudian, masukan nama file untuk memudahkan mencarinya di memori ponsel. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan format untuk foto yang akan disimpan. Pilihlah format PNG, lalu klik tombol ‘Download’.

5. Ubah Foto Menjadi Stiker dengan Chat Bot

Langkah selanjutnya yaitu mengubah foto yang telah diedit sesuai dengan format stiker menjadi stiker WA. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan layanan dari chat bot yang merupakan akun bisnis WA. Ada banyak chat bot yang dapat mengkonversi foto menjadi stiker, salah satunya yaitu nomor: +62 822-4931-8408. Tambahkan nomor tersebut ke kontak WA terlebih dahulu, lalu kirimkan foto yang akan dijadikan stiker dengan menambahkan caption ‘#sticker’.

Tunggu beberapa saat sampai chat bot mengirimkan kembali foto tersebut dalam format stiker. Setelah itu, tekan stiker selama beberapa detik dan tap ikon bintang untuk menyimpan stiker. Kini, stiker tersebut dapat digunakan kembali dalam obrolan grup ataupun personal chat.

Seperti itulah cara bikin stiker WA tanpa aplikasi yang dapat dijadikan referensi. Saling berkirim stiker di grup dan personal chat akan membuat obrolan semakin menyenangkan. Tunggu apalagi? Ayo bikin stiker WA sekarang juga!