Cara Beriklan di Youtube Efektif dan Tips Suksesnya

Cara Beriklan di Youtube – Youtube bukan lagi sekedar untuk menghibur saja, namun juga sebagai sarana bisnis. Dari mulai membuat produk, sampai memperkenalkan produk melalui iklan dapat dilakukan di youtube. Apalagi cara beriklan di youtube ini mudah untuk dilakukan. Tidak akan membuat penggunanya, baik itu pengguna baru atau lama merasa kerepotan dalam melakukan hal ini.

.Karena memang youtube menginginkan pengalaman penggunanya baik, dan tentunya tidak ingin mengecewakan penggunanya. Terlebih lagi dengan menggunakan iklan youtube ini, dapat sangat membantu mendongkrak penjualan produk yang dimiliki. Oleh sebab itu bagi yang sedang memiliki usaha, dan ingin melakukan pemasaran produknya dengan cepat, wajib mempelajari bagaimana cara beriklan di youtube.

 

Cara Beriklan di Youtube

Seperti yang dikatakan tadi kalau pengusaha wajib untuk mengetahui bagaimana cara beriklan di youtube. Tujuannya agar lebih mudah dalam melakukan periklanan, dan lebih cepat. Selain itu juga dengan memasang iklan di youtube, iklan yang dimiliki dapat ditonton oleh lebih banyak orang. Jadi jangkauannya jauh lebih luas jika dibanding dengan media lainnya.

1. Mengunggah Video di Youtube Channel

Jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunggah video ke channel yang dimiliki. Tentunya bukan video biasa, melainkan video iklan. Dalam meng-upload video ini pastikan jenis iklan yang sudah dipilih, sesuai dengan video yang sudah diunggah. Memang yang diupload bukanlah video pada umumnya, namun cara untuk melakukannya tetap sama, dan tetap tidak sukar dilakukan.

Pertama adalah login dengan menggunakan akun youtube yang dimiliki. Kemudian di halaman utama pilih upload video. Sebelumnya pengguna harus terlebih dahulu memilih tombol dengan lambang plus. Nantinya pengguna akan menuju ke halaman baru yang memang khusus untuk mengunggah video. Di sini pengguna hanya tinggal menguploadnya dari file atau hanya tinggal drag and drop saja.

2. Membuat Iklan Melalui Akun Google Ads

Kalau sudah selesai, dan proses pengunggahan berhasil dilakukan maka pengguna hanya tinggal membuat iklan dengan cara selanjutnya. Cara ini adalah menggunakan akun google ads dalam pembuatan iklan. Tentunya harus terlebih dahulu memiliki akun google ads, kalau belum hanya tinggal membuatnya saja. Tenang saja, tidak sulit untuk membuat akun ini.

Apabila akunnya sudah selesai dibuat, maka login ke google ads. Kemudian pilih menu campaign, langkah selanjutnya adalah pilih tanda plus atau +. Jangan lupa sebelumnya untuk menentukan tujuan dari iklan ini, dan jangan lupa juga untuk memilih opsi video. Terakhir pengguna bisa menentukan tipe iklan video youtube yang ingin digunakan.

3. Menentukan Parameter Iklan

Ini merupakan hal yang penting dan tidak boleh dilupakan selain tiga hal di atas. Jadi di sini pengguna harus menentukan tolak ukur atau parameter dari iklan tersebut. Ada beberapa hal yang harus diatur seperti campaign name, bid strategi, biaya, network, lokasi, bahasa, dan yang terakhir adalah tipe inventaris (inventory type).

Tujuannya agar iklan yang dibuat tidak hanya tepat sasaran, tapi juga sesuai dengan dana dan juga jangkauan yang diinginkan. Menentukan parameter ini dilakukan boleh youtube dengan tujuan agar lebih memperinci iklan yang ditayangkan. Dengan begitu tidak akan membuat penggunanya kesulitan, dan tetap mempermudah dan mengefektifkan kegiatan beriklan melalui youtube.

4. Memilih Target Penonton

Selanjutnya pengguna wajib untuk memilih dan kemudian menentukan target penonton yang diinginkannya. Di sini pengguna dapat mengaturnya melalui demografi, yakni penggolongan orang berdasarkan kesamaan tertentu seperti usia. Lalu berdasarkan minat dari penonton, yaitu dengan menentukan keyword yang sesuai dengan tujuan target penonton yang diinginkan. Dengan begini, iklan akan lebih mudah dalam menjangkau tujuan.

Tidak hanya dengan melakukan dua cara di atas saja. Di sini pengguna juga dapat membuat tujuan iklan ini lebih luas, namun tetap spesifik dengan memilih beberapa opsi yang sudah disediakan oleh youtube. Dalam pengaturan ini, pengguna hanya tinggal membubuhkan tanda ceklis pada beberapa opsi yang diberikan oleh youtube, kemudian simpan.

5. Menghubungkan Google Ads dengan Channel Youtube

Terakhir, pengguna hanya tinggal menghubungkan video yang sudah dibuat dari channel youtube yang dimiliki ke akun google ads . Caranya pengguna hanya tinggal menyalin url video yang tadi sudah dibuat, kemudian tempel ke google ads. Nantinya semua pengaturan yang sudah dibuat sebelumnya akan muncul sebagai bentuk preview sebelum iklan ini ditampilkan.

Jangan sampai terlewat untuk mengisikan url yang berfungsi untuk call To action, headline, dan tampilan display. Kemudian memilih tombol create campaign di youtube, supaya nantinya akan ditampilkan dalam iklan. Kalau semua pengaturan sudah selesai, dan sesuai maka artinya proses pembuatan iklan ini sudah selesai, dan akan ditayangkan oleh youtube.

Jenis Iklan di Youtube

Setelah mengetahui bagaimana cara beriklan di youtube yang mudah, efektif, dan pastinya cepat. Sekarang saatnya untuk mengenal lebih jauh jenis-jenis iklan apa saja yang ada di youtube. Tujuannya agar pengguna dapat lebih menentukan iklan mana yang sesuai dengan keinginannya, dan tentu mencari iklan yang paling cepat mencapai target tujuan yang diinginkan.

1. Skippable In-Stream Ads

Mungkin pengguna sudah tidak asing lagi dengan jenis iklan yang satu ini. Benar, ini adalah iklan yang dapat dilewati olehnya pengguna pada detik ke-5 iklan tersebut ditampilkan. Biasanya durasi yang dimiliki oleh iklan ini tidak terlalu lama. Paling lama iklan ini hanya berdurasi tiga menit saja, dan paling singkat 12 detik.

Dengan menggunakan iklan ini pengguna akan tetap untung. Karena, dapat menghemat biaya yang dimilikinya. Sebab kalau iklan ini di skip oleh pengguna sebelum detik ke 30, maka pengguna tidak perlu membayar ppc atau pay per click. Namun pasti penonton sudah sedikit mengingat iklan yang ditampilkan dan dapat meningkatkan brand awarenessnya.

2. Non Skippable

Berbeda dengan yang sebelumnya, kalau jenis iklan yang satu ini tidak dapat dilewati olehnya penontonnya. Jadi mau berapa lama pun durasi yang dimiliki oleh iklannya, penonton wajib penontonnya sampai selesai. Namun, tenang karena youtube sudah mengatur durasi maksimum iklan supaya pengguna tidak bosan dalam menonton iklan. Dengan begitu kesadaran akan produk lebih tinggi.

Karena durasi maksimal dari video yang tidak bisa dilewati ini adalah 10 detik. Itu artinya sangat sebentar, dan tidak akan membuat penonton bosan karena menonton iklan yang terlalu lama. Iklan jenis ini dinilai yang paling efektif karena menurut survei penonton cenderung mengklik lewati, atau skip pada iklan yang ditontonnya di youtube.

3. Discovery Ads

Sesuai dengan namanya, untuk iklan yang satu ini adalah iklan yang ditemukan. Jadi nantinya iklan ini akan muncul berbarengan dengan video yang dicari. Misalnya sedang mencari video tentang makeup, maka nantinya akan muncul video iklan di youtube yang berkaitan dengan make up. Biasanya berupa alat-alat makeup, maupun merk makeup tertentu.

Posisi iklan ini biasanya ada di paling atas halaman pencarian. Dengan begitu, maka akan sangat efektif untuk mendatangkan jumlah penonton. Karena letak videonya ada di atas. Jadi pengguna tidak perlu repot mencari. Supaya iklan ini tetap efektif, pastikan bahwa letak iklan ini tidak berubah dan tetap berada di atas halaman hasil pencarian.

4. Non-Video Ads

Kemudian yang terakhir adalah non video ads. Sesuai dengan namanya, iklan ini bentuknya bukanlah video. Cocok bagi yang ingin beriklan di youtube tapi tidak memiliki video iklan. Jenis iklan ini banyak ditemukan dalam bentuk pop-up gambar yang letaknya di video. Tidak hanya itu saja, bisa juga berbentuk teks ataupun kartu.

Jenis dari iklan ini ada banyak, ada yang overlay-ads yakni iklan yang biasanya dalam bentuk teks dan terletak dalam kotak transparan. Kemudian ada yang berbentuk gambar, dan terletak di bagian atas halaman hasil pencarian youtube, namanya adalah display ads. Kedua jenis iklan ini juga tidak kalah efektifnya dengan yang berjenis video.

Tips Beriklan di Youtube dengan Sukses

Dalam membuat iklan ini tentu tidak dapat dilakukan sembarangan. Apalagi bagi yang baru memulai kegiatan ini. Harus ada beberapa panduan dalam melakukannya supaya tidak melenceng. Untuk itu di sini akan diberikan beberapa tips bagaimana cara beriklan di youtube supaya sukses dan mendulang keuntungan sesuai target yang diinginkan boleh pengiklan.

1. Menentukan Tujuan dengan Jelas

Hal ini sudah disebutkan di salah satu cara beriklan di youtube di atas. Pengguna harus menentukan dengan jelas tujuan yang diinginkannya dari iklan ini. Misalnya saja ingin meningkatkan brand awareness, maka buatlah iklan yang sesuai dengan tujuan tersebut. Begitu juga dengan pengaturannya, harus dibuat sesuai dengan tujuan yang ditentukan tersebut.

2. Membuat Video yang Kreatif dan Menarik

Video iklan memang tujuannya dibuat untuk promosi, tapi jangan terlalu terang-terangan. Pengguna bisa mengakalinya dengan membuat video yang menarik dan isinya berbobot. Namun, nanti di akhir atau tengahnya ada promosi. Dengan jalan iklan yang menarik, maka akan menuntun penonton untuk terus menyaksikan iklan ini tanpa merasa bosan. Tentunya dapat meningkatkan jumlah penonton.

3. Membuat End Screen

Sering melihat adanya tampilan thumbnail, rekomendasi video, ataupun website yang dapat diklik di akhir video? Itu disebut dengan end screen. Cara beriklan di youtube ini dinilai efektif, karena dapat secara tidak langsung mengarahkan pengguna untuk menuju ke halaman yang diinginkan. Dengan begitu tentu akan membuat penonton menjadi lebih mengenal siapa yang membuat iklan.

4. Mengelola Kata Kunci yang Sesuai

Tips cara beriklan di youtube dengan efektif, dan sukses adalah menerapkan kata kunci yang sesuai. Dari kata kunci ini juga dapat menentukan siapa saja penonton yang ingin dijadikan sebagai tujuan dari iklan ini. Selain itu, apabila menggunakan kata kunci yang efektif maka akan membuat iklan lebih mudah untuk ditemukan penonton.

5. Membuat Call To Action

Terakhir adalah membuat tindakan call to action. Tindakan ini sering ditemukan pada kegiatan promosi, yakni memancing orang untuk membeli atau melihat promosi yang dilakukan. Hal ini juga dapat diterapkan di youtube, dan dinilai sebagai salah satu cara beriklan di youtube yang efektif dan sangat tepat sasaran. Jadi cocok untuk diterapkan oleh pengguna.

Semua cara beriklan di youtube yang disebutkan tadi wajib untuk dicoba bagi yang ingin meningkatkan promosi yang dimilikinya. Karena cara tadi sangat efektif, dan tepat sasaran. Jadi sayang apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. Apalagi untuk melakukan kegiatan ini sangatlah mudah.