7 Tips Merawat Rambut Yang Baik dan Benar

Posted on

7 Tips Merawat Rambut Yang Baik dan Benar

7 Tips Merawat Rambut Yang Baik dan Benar – Semua orang yang merawat rambut pastinya mempunyai maksud agar rambutnya tetap cantik dan berkilau. Akan tetapi cara merawat rambut yang tidak benar malah dapat menimbulkan kerontokkan dan bahkan kerusakan pada rambut. Paradi Mirmirani, Asisten profesor dermatologi klinis di University of California menuturkan bahwa banyak sekali kegiatan-kegiatan yang salah dalam merawat rambut yang sebetulnya malah dapat membuat rambut menjadi rusak. Contohnya seperti menyisir rambut hingga 100 kali tiap harinya, hal tersebut malah dapat menjadikan rambut lebih gampang bercabang.

Tips Merawat Rambut Yang Baik dan Benar

Menurut Mirmirani, mempunyai rambut yang sehat dan indah itu jika sobat paham tentang kiat merawat sebelum dan sesudah menata rambut.

Berikut ini adalah 7 tips dalam merawat rambut supaya tetap sehat menggunakan perawatan yang benar:

  • Untuk mengeringkan rambut, gunakanlah handuk dan disertai dengan memijitnya secara perlahan, dan jangan mengusap-usapnya secara cepat. Sesudahnya diamkan rambut agar kering secara alami, bukan memakai alat pengering.
  • Hindari menata rambut ketika rambut masih dalam kondisi basah. Sebab ketika masih basah, rambut akan gampang patah ketika disisir. Walaupun demikian, tipe rambut tertentu seperti rambut yang keriting kecil-kecil dan gampang kusut hendaknya malah harus disisir dalam kondisi yang masih basah.
  • Ketika harus dengan cepat mengatur rambut yang kondisinya masih basah, maka pakailah alat pengering rambut, tetapi dengan jarak yang tidak begitu dekat pada rambut. Dengan menekan pemakaian hairdryer bisa membantu meminimalisir kerusakan pada rambut.
  • Jangan terlalu sering menyisir rambut. Sisirlah rambut secukupnya saja agar menghindari dari rambut yang bercabang
  • Batasi pemakaian produk-produk yang berfungsi untuk menyangga rambut, seperti hairspray. Apabila Anda memang diharuskan untuk memakainya, upayakanlah agar tidak langsung menyisirnya, sebab hal ini dapa mengakibatkan kerontokkan pada rambut. Anda haru berkeramas dulu, dengan tujuan agar bekas-bekas produk tersebut dapat terangkat, kemudian rambut baru diatur lagi.
  • Upayakanlah agar peralatan yang digunakan untuk mengatur rambut yang menghasilkan panas, seperti alat pelurus ataupun pengeriting rambut, diatur sedemikian rupa agar menghasilkan panas yang sedang. Dan hindari menggunakan peralatan tersebut tertahan pada satu sisi rambut dalam waktu yang lama, paling lama dua detik.
  • Ekstensi hendaknya tidak dipakai secara kontinu, sebab bisa menarik rambut dan menyebabkan rambut menjadi rontok. Pemakaian ekstensi dalam waktu yang lama bisa menimbulkan rambut yang rontok secara permanen

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.