5 Fungsi Relay Lampu Mobil Yang Perlu Diketahui

Fungsi Relay Lampu Mobil  – Relay mobil merupakan hal  terpenting bagi kendaraan roda empat. Kegunaannya bisa menjadi salah satu alat yang menjembatani antara arus listrik dan baterai. Meski begitu, sejauh ini masih banyak orang yang kurang memahami fungsi relay lampu mobil. Oleh karena itu, tidak heran jika kehadirannya cenderung diabaikan dan tidak diperhatikan saat menservis kendaraan bermotor.

 

relay lampu mobil ini tidak semata-mata hanya untuk memancarkan sinar lampu saja, melainkan memiliki fungsi lainnya. Bagi pengguna kendaraan bermotor harus mengetahui hal ini dengan jelas agar ketika mobil mengalami kerusakan bisa mengatasinya dengan mudah. Lalu, apa saja fungsi relay lampu pada mobil? Simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Fungsi Relay Lampu Mobil

1. Bisa Dijadikan Saklar

 

Pada umumnya relay lampu mobil memang bisa dijadikan sebagai saklar. Fungsi relay lampu mobil pada bagian ini pada umumnya bekerja dengan cara dikendalikan oleh magnet listrik. Maka kemudian, dengan adanya hal ini, aliran arus listrik dengan lampu akan memancar secara langsung. Kemudian, magnet akan mengaliri arus dengan mengisi beberapa bagian pada kumparannya.

 

Penting diketahui juga bahwa relay lampu mobil juga berguna menghantarkan arus listrik dari satu komponen mesin ke mesin lainnya. Ketika memasang relay lampu mobil, montir biasanya menggunakan semacam koil, kemudian melilitkan kawat pada inti besi. Lalu, dimana letak relay lampu mobil? Letaknya yakni ada di dua terminal (terminal 85 dan terminal 86)

2. Dapat Menambah Usia Lampu Mobil

Tahukah bahwa lampu pada mobil memiliki masa usia yang berbeda-beda? Tidak heran jika kadang lampu mobil ada yang mengalami disfungsi. Hal ini bukan karena memang sudah waktunya rusak atau mati karena terkena benturan, melainkan memang lampu tersebut memiliki batas usia. Hal ini tentu saja membuat pemilik mobil harus jeli agar ketika dikendarai lampu tidak mati secara tiba-tiba.

 

Bagi pemilik mobil yang lampunya berusia pendek, maka tidak perlu khawatir dan terburu membeli lampu baru. Mengapa? Hal tersebut tentu saja merupakan pemborosan dan bisa diminimalisir dengan memasang relay lampu mobil. Relay lampu mobil dapat difungsikan untuk memperpanjang usia lampu. Selain itu, apabila relay lampu dipasang di mobil, induksi yang ada di dalamnya juga bisa bangkit.

 

 3. Dapat Melindungi Saklar Kombinasi

Sebenarnya saklar memang ada banyak jenisnya, salah satunya adalah saklar kombinasi. Biasanya ada banyak penyebab kenapa saklar di mobil bisa mengalami kerusakan. Sebut saja karena adanya panas secara berlebihan, sehingga saklar mobil tidak bisa bekerja dengan semestinya. Apabila sudah begitu, maka tugas pemilik mobil adalah mencari solusi dari masalah yang dialami.

Lalu, apa solusi paling tepat? Adapun solusinya adalah menggunakan relay lampu mobil. Pasalnya, relay lampu mobil akan memudahkan aliran arus listrik pada saklar. Mengingat saklar kombinasi yang ada di mobil lebih mudah rusak dibandingkan dengan saklar lainnya.

 4. Lampu Bisa Lebih Terang

Selain beberapa fungsi di atas, relay lampu mobil sebenarnya bisa memberikan kelistrikan mobil lebih stabil lagi. Seperti misalnya, jika sebelumnya lampu mobil kurang terang, maka bisa menjadi lebih terang setelah menggunakan relay lampu mobil. Hal ini dikarenakan adanya sistem kelistrikan yang tetap stabil sehingga mencegah setiap ada hambatan nantinya.

 5. Bunyi Klakson Nyaring

Kemudian ada pula yang terakhir, relay lampu mobil ternyata berfungsi membuat bunyi klakson lebih nyaring. Biasanya hal ini dikarenakan arus listrik yang diterima dari baterai sehingga bisa langsung mengalirkan ke klakson. Dan hal ini otomatis akan terhubung dengan bunyi klakson pada mobil yang menjadi lebih nyaring.

 

Sebenarnya jika berbicara mengenai relay mobil maka masih banyak sekali berbagai fungsi lainnya. Oleh karena itu, jika memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai fungsi relay lampu mobil, ada baiknya bertanya langsung kepada montir yang sudah ahli. Ingat juga agar tidak memasang relay lampu mobil dengan asal-asalan.